10 Rekomendari Buah Untuk Ibu Hamil

10 Rekomendari Buah Untuk Ibu Hamil

Diposting pada

10 Jenis Buah Untuk Ibu Hamil – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang buah yang cocok untuk dikonsumsi untuk ibu hamil.

Buah untuk Ibu Hamil

Buah merupakan sumber makanan sehat bagi ibu hamil. Namun ibu hamil bisa bingung, buah mana yang baik untuk dikonsumsi? Nah biar nggak bingung lagi yuk simak penjelasan tentang jenis-jenis buah yang baik untuk ibu hamil berikut ini.

Nutrisi dalam buah sangat beragam, seperti betakaroten, vitamin C, serat, asam folat, dan kalium. Nutrisi ini berperan penting dalam mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi 2 hingga 4 porsi buah sehari.

Apel

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel saat hamil dapat menurunkan risiko alergi pada bayi. Selain itu, apel juga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Karena kandungan dalam buah apel seperti vitamin A, D, C dan E serta kandungan zinc. Jadi ada baiknya jika dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah penyakit yang tidak diinginkan.

Mangga

Mangga merupakan buah yang kaya vitamin C dan A. Kandungan vitamin A pada mangga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah komplikasi pada janin. Selain itu, mengonsumsi semangkuk mangga dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan vitamin C-nya dalam satu hari.

Pisang

Buah lain yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah pisang. Pisang bekerja dengan baik untuk ibu hamil karena mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Tak hanya itu, khasiat pisang untuk ibu hamil juga efektif menghilangkan rasa lelah dan kram.

Baca Juga:  Manfaat Bunga Kamboja yang Baik Untuk Kesehatan

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam folat yang lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Tak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B, magnesium, serat, dan kolin. Makan alpukat saat hamil bermanfaat untuk mengurangi kram kaki dan morning sickness serta untuk membantu perkembangan otak janin.

Semangka

Kebutuhan air dalam tubuh meningkat selama masa kehamilan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda selama hamil, Anda bisa mendapatkannya dari semangka. Semangka juga dipercaya bisa mengurangi kram otot di akhir kehamilan.

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya vitamin C, serat dan asam folat. Kandungan vitamin C pada jeruk merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan meningkatkan penyerapan zat besi. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada jeruk dapat mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi saat hamil.

Nanas

Nanas sering kali dihindari oleh ibu hamil karena dipercaya dapat menyebabkan pendarahan dan keguguran. Juga, tidak ada bukti ilmiah bahwa nanas berbahaya untuk kehamilan. Kandungan enzim bromelain pada nanas dapat memicu kontraksi jika terlalu banyak dikonsumsi, namun tidak memicu kontraksi kehamilan.
Nanas sebenarnya kaya akan vitamin B6, vitamin C, zat besi, asam folat dan magnesium yang baik untuk kehamilan dan janin. Namun, hindari makan nanas secara berlebihan.

Pepaya

Buah terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil selanjutnya adalah pepaya walaupun jenis pepaya yang adalah pepaya matang karena pepaya yang sudah masak merupakan sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit.

10 Rekomendari Buah Untuk Ibu Hamil

Kurma

Buah ini memiliki kadar glukosa yang sangat tinggi, antara 62 hingga 68 persen. Oleh karena itu, kurma ini dimanfaatkan dengan sangat baik untuk menutupi asupan energi harian ibu hamil.

Baca Juga:  Manfaat Dari Buah Dewandaru Untuk Kesehatan

Kurma juga mengandung nutrisi yang sangat baik seperti kalium, vitamin B kompleks, dan zat besi. Buah ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan rangsangan saraf dan sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak pada bayi saat masih dalam kandungan.

Strawberry

Layaknya buah ceri, strawberry juga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil. Jika Anda mengonsumsi semangkuk stroberi, Anda akan mendapatkan nutrisi yang mengandung banyak serat dan vitamin. Seperti manga, stroberi mengandung folat tinggi. Ada nutrisi lain seperti mangan dan potasium yang mendukung pertumbuhan tulang yang lebih kuat untuk bayi.

Nah itulah tadi 10 Rekomendasi Buah Untuk Ibu Hamil dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.