Cara Budidaya Cabai Keriting Dengan Benar

Cara Budidaya Cabai Keriting Dengan Benar

Diposting pada

Cara Budidaya Cabai Keriting Dengan Benar– Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara budidaya cabai keriting dengan benar.

Budidaya Cabai Keriting

Jika Anda mengambil kesempatan ini, Anda sekarang dapat mulai menanam cabai merah keriting sebagai bisnis Anda. Tak hanya permintaan pasar yang cukup tinggi, namun harga yang ditawarkan untuk cabai merah keriting ini juga cukup menguntungkan. Bagi Anda yang ingin mulai menanam cabai merah namun belum mengetahui caranya, tidak perlu khawatir. Berikut ini kami rangkum cara menanam cabai merah keriting yang bisa Anda praktikkan sendiri.

Persiapkan Media Tanam

Langkah pertama menanam cabai merah keriting adalah menyiapkan media tanam. Di sini Anda dapat membersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman dan gulma. Kemudian bajak tanah sekitar 30-40 cm dan biarkan selama 7-14 hari. Selanjutnya, tabur tanah dengan kotoran matang, sapi, domba, kambing, ayam atau kotoran lainnya. Setelah tanah mulai mengering, buat bedengan dengan lebar 120 cm dan tinggi 50 cm sedangkan panjangnya disesuaikan dengan kondisi lahan.

Penyemaian Benih

Langkah selanjutnya adalah penyemaian. Namun sebelum itu, Anda perlu menyiapkan bibitnya. Lebih disukai benih berkualitas baik yang juga dapat diperoleh dari orang tua yang baik. Ini untuk memastikan bahwa tanaman yang ditanam dengan baik akan tumbuh kembali atau memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Caranya, ambil benih yang berkualitas baik dan keringkan terlebih dahulu. Setelah kering taburkan benih secukupnya di bedengan, lalu taburkan campuran tanah halus, pupuk matang, pupuk NPK halus, dan furadan untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Kemudian sirami benih yang telah disemai sebelumnya dengan semprotan halus agar tidak merusak bedengan.

Baca Juga:  Cara Mudah Merawat Bunga Krisan

Sedangkan untuk melindungi benih yang sudah disemai dari berbagai gangguan, Anda bisa memberikan penutup pada bedengan. Sampul dapat terdiri dari beberapa bilah bambu yang dilengkungkan di atas bedengan kemudian ditutup dengan plastik transparan. Selain itu, Anda harus menyiram 1-3 hari sekali dan menyemprotkan pupuk daun dengan dosis 0,5 g / liter air setelah 10-15 hari.

Pemasangan Mulsa Plastik

Selanjutnya, proses pemasangan mulsa plastik di bedengan atau media tanam. Namun sebelumnya, bedengan harus dipupuk secara merata dengan pupuk sintetis (urea, ZA, SP-36, KCL, NPK). Kemudian biarkan bedengan yang telah dibuahi kurang lebih selama 5 hari. Kemudian buat lubang dengan ukuran 60 x 70 cm.

Penanaman Bibit

Setelah lahan siap, barulah tanam bibitnya. Bibit yang siap ditanam di bedengan berumur 17-23 hari atau sudah memiliki 2-4 helai daun. Tanam benih di lubang yang sudah disiapkan lalu sirami.

Cara Budidaya Cabai Keriting Dengan Benar

Proses Perawatan

Berikut ini adalah proses perawatan cabai kriting diantaranya, yaitu:

Penyiraman

Lakukan penyiraman tanaman secara rutin pada pagi dan sore hari, penyiraman bisa dilakukan dengan menggunakan sistem genangan atau sistem gembur.

Penyulaman

Lakukan penyulaman pada tanaman yang pertumbuhannya kurang baik atau yang rusak bahkan mati dengan bibit baru. Penyulaman dapat dilakukan pada minggu pertama setelah tanam bibit.

Pemasangan patok

Pemasangan patok dapat dilakukan setelah 7 hari setelah tanam bibit, tanaman perlu dipasang patok sekitar 5 cm agar tanaman tumbuh tegak.

Pemupukan Susulan

Pemupukan tambahan perlu dilakukan pada tanaman cabai keriting, pemupukan susulan dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali atau minimal 8 kali hingga waktu panen.

Penyiangan

Penyiangan merupakan kegiatan membersihkan gulma dan tumbuhan liar lainnya di sekitar tanaman cabai keriting. Jika gulma dan gulma lainnya tidak dibersihkan dapat merampas unsur hara di dalam tanah.

Baca Juga:  Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Proses Panen

Dan langkah terakhir adalah memanen cabai keriting. Umumnya cabai keriting yang siap panen berumur 80 hari setelah tanam jika berada di dataran rendah. Di dataran tinggi, cabai keriting bisa dipanen 90-100 hari setelah tanam.

Nah itulah tadi Cara Budidaya Cabai Keriting Dengan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.