Budidaya Jamur Enoki
Budidaya Jamur Enoki

Budidaya Jamur Enoki

Diposting pada

Budidaya Jamur Enoki – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Jamur Enoki.


Budidaya Jamur Enoki


Jamur enoki ataupun enokitake ialah salah satu tipe jamur konsumsi yang lumayan diminati.

Jamur ini mempunyai wujud yang seragam dengan tauge ataupun kecambah. Jamur enoki mempunyai corak jamur yang putih serta berupa semacam batang kurus.

Siapa sangka bila jamur dengan nama latin Flammulina valutipes ini kaya hendak sumber khasiat yang baik untuk badan.

Tidak hanya itu, kamu pula tidak perlu takut bila membelinya dalam stok banyak, karena jamur ini bisa ditaruh sepanjang lebih dari satu minggu di dalam lemari es.

Walaupun wujudnya kecil jangan remehkan khasiat serta isi nutrisinya yang begitu besar.

Karena dalam 100 gr jamur enoki fresh memiliki air, karbohidrat, tenaga, kalium (potasium), folat, vit D, Posfor, Magnesium, Niacin dan masih banyak nutrisi yang lain.

Jamur enoki biasa disajikan dalam hidangan sup ataupun hidangan yang lain. Selai lezat pastinya jamur ini pula ialah sumber santapan yang menyehatkan, makanya tidak heran bila setelah itu banyak yang menyukainya.

Di Indonesia sendiri kamu dapat menciptakan jamur ini dengan gampang di toko-toko swalayan. Jamur enoki yang ditemui ini ialah jamur yang dibudidayakan di dalam botol ataupun plastik.

Jamur enoki sendiri bisa berkembang pada area tropis semacam Indonesia. Pastinya hendak jadi suatu kesempatan usaha yang menjanjikan dalam budidaya jamur enoki ini.

Ketentuan Berkembang Jamur Enoki

Terdapat beberapa ketentuan berkembang yang wajib dicermati saat sebelum membudidayakan jamur enoki, di antara lain permasalahan media tanam yang wajib lembap serta sejuk.

Dan temperatur area yang diusahakan 15 derajat celcius dengan kelembapan 70 persen pada media tanam.

Tidak hanya itu, buat ketinggian penanaman tidak sangat permasalahan selama sinar matahari lumayan didapat sepanjang proses budidaya.

Baca Juga:  Manfaat Anggur Hitam yang Baik Untuk Kesehatan

Hembusan angin serta pH pula wajib dicermati dikala perkembangan jamur, upayakan angin masuk optimal dalam tempat budidaya, serta pH wajar pada media serta area sekitarnya.

Bila tidak, ha tersebut hendak mengusik proses berkembang kembang jamur yang menimbulkan keadaan jamur hendak kering, ataupun jadi busuk bila pH berlebih.

Persiapan Perlengkapan serta Bahan

Saat sebelum mulai budidaya, terdapat sebagian perlengkapan serta bahan yang wajib disiapkan terlebih dulu.

Perlengkapan:

  • Botol kaca tahan panas sebagai tempat meletakkan media tanam
  • Perlengkapan sterilisasi
  • Rak penempatan bibit jamur
  • Ruangan spesial buat budidaya

Bahan:

  • Media buat penanaman berbentuk bekatul, kapur, serbuk kayu, jerami serta pupuk tipe urea.
  • Bibit F2 jamur yang dapat didapat di toko pembibitan tanaman.

Pastikan seluruh perlengkapan serta bahan telah ada saat sebelum mulai pembudidayaan, memanglah perlu proses paling utama pembuatan media, rak penempatan bibit, serta ruang pembudidayaan.

Lakukanlah dengan bertahap serta cermat buat menunjang proses budidaya berjalan mudah.

Budidaya Jamur Enoki


Pembuatan Media Tanam

Berikut ini metode budidaya jamur enoki pada tahap membuat media tanam, tinggal Kamu simak tahapannya serta media tanam terbaik siap digunakan.

  • Persiapkan bahannya ialah 50 gr serbuk gergaji, 50 kr jerami, 4 kilogram kapur dolomit, 10 kr bekatul ataupun dedak, serta 2 kilogram pupuk Urea yang ialah opsional dapat dipakai ataupun tidak bergantung kemauan Kamu.
  • Kamu dapat komposkan terlebih dulu jerami selama optimal 6 bulan saat sebelum digunakan, bila tidak pernah, cukup merendam jerami dalam air bersih hampir 4 hari, kemudian potong jerami jadi dimensi kecil.
  • Keringkan jerami dengan metode dianginkan-anginkan sampai betul-betul tidak terdapat lagi bagiannya yang basah.
  • Aduk rata seluruh bahan yang telah disiapkan, pastikan adonan mempunyai kelembapan sampai 80%. Metode pengecekannya merupakan dengan menggumpalkan adonan, kala adonan menyatu tanpa terdapat bagian yang jatuh, tandanya kelembapan telah lumayan.
  • Ukur pH adonan memakai kertas pengukuran pH yang dapat Kamu beli di toko peralatan kimia, pastikan pH nya 6,5. Bila pH berlebih, tambahkan bekatul buat menetralisir pH, tetapi bila pH kurang dari angka sempurna dapat ditambahkan kapur dolomit sampai menggapai angka pH yang cocok.
  • Masukkan media yang telah pas komposisi, kelembapan serta pH ke dalam botol kaca yang telah disiapkan, padatkan kemudian sterilkan dengan metode dikukus di dalam drum yang telah diisi air sepanjang 6 jam ataupun gunakan perlengkapan autoclave.
  • Sehabis proses sterilisasi berakhir, dinginkan botol kaca serta masukkan media tersebut ke dalam ruangan penanaman, perkenankan 4 hari buat memandang apakah terdapat yang terkontaminasi oleh kuman ataupun bahan lain. Bila ada, maka media tersebut harus dibuang serta Kamu cuma boleh memakai media yang steril tanpa terdapatnya kontaminasi apapun.
Baca Juga:  Cara Menanam Binahong Dengan Baik dan Benar

Proses Inokulasi

Inokulasi merupakan metode budidaya jamur enoki yang telah masuk pada proses menanam bibit ke dalam media tanam siap gunakan.

Tetapi wajib dicoba di dalam ruang steril serta dipastikan kebersihannya, pastikan pula perputaran udara mudah, kemudian lakukanlah proses berikut ini:

  • Mempersiapkan perlengkapan yang hendak dipakai pada proses inokulasi ialah pinset, spatula, alkohol 70%, lampu spiritus.
  • Jangan lupa siapkan pula bahan utama ialah bibit jamur tipe F2, Kamu dapat mendapatkannya dari penangkaran bibit yang telah dipastikan kualitasnya, supaya hasil panen nanti betul-betul optimal serta memiliki nilai jual besar.
  • Siapkan diri Kamu dengan menggunakan baju bersih, mencuci tangan dengan sabun sampai bersih serta tidak menyisakan bau sabun.
  • Pastikan menyemprot tangan serta pakaian dengan alkohol 70 persen supaya betul-betul steril, saat sebelum masuk ruang tanam.
  • Hidupkan lampu spiritus, bakar pinset yang hendak dipakai buat membuka media tanam supaya tidak terkontaminasi oleh apapun.
  • Bakar lagi pinset buat membuka media bibit
  • Bakar spatula saat sebelum digunakan buat memindahkan bibit ke dalam media tanam.
  • Letakkan bibit dengan metode menyebar di permukaan media, kemudian tutup media gunakan kapas.
  • Letakkan media di dalam ruang inkubasi, dengan metode menyusunnya pada rak yang telah disiapkan. Tutup dengan terpal ataupun plastik yang bercorak hitam supaya sinar matahari tidak masuk secara bebas.
  • Pastikan media tidak disiram selama 3 hari buat memesatkan berkembang miselium ataupun cikal bakal jamur baru.

Perawatan Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Tidak hanya melaksanakan penanaman serta pembuatan media tanam jamur enoki dalam metode budidaya jamur enoki, maka kamu perlu melaksanakan perawatan dengan baik pula.

Serta berikut ini ialah rincian dari perawatan apa saja yang perlu kamu jalani:

  • Jagalah temperatur ruangan supaya senantiasa normal dengan meletakkan thermometer khusus buat temperatur ruangan budidaya jamur enoki kamu.
  • Jalani proses penyiraman buat melindungi kelembaban media tanam tiap 3 hari sekali.
  • Upayakan supaya kamu tidak memakai selang buat menyiramnya, pakai spray supaya media tanam tidak sangat lembab.
  • Jagalah kelembapan temperatur sepanjang 30 hari awal serta 30 hari selanjutnya buat mempersiapkan panen.
  • Periksalah senantiasa jamur enoki kamu, apabila kamu menciptakan terdapat jamur yang rusak maka kamu dapat mengambilnya serta hindarkan dari jamur yang lain.
Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Panen Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Langkah terakhir dalam metode budidaya jamur enoki di Indonesia ialah melaksanakan panen.

Berbeda dengan tipe jamur pada biasanya, buat memanen jamur enoki tidak dapat asal cabut, kamu wajib mencermati dengan baik wujud perkembangan jamur enoki, berikut penjelasannya:

  • Buat jamur enoki budidaya dapat dipanen sepanjang tahun, ini pastinya sangat menguntungkan kamu.
  • Buat memanennya, kamu bisa memakai perlengkapan semacam pisau maupun gunting tumbuhan. Hendak lebih baik apabila kamu memakai gunting.
  • Pakai sarung tangan yang dibuat dari bahan plastik maupun kain, ini hendak melindungi supaya jamur enoki tidak terserang temperatur panas pada tangan kamu.
  • Buat waktu memanen jamur enoki yang baik ialah pada sore hari serta segeralah memanen jamur enoki jangan terlalu lama.
  • Simpan pada tempat yang sejuk serta bebas dari cahaya matahari secara langsung, jangan lupa buat menyortir jamur yang hendak dijual serta di mengkonsumsi sendiri.

Nah itulah tadi Budidaya Jamur Enoki dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.