Cara Budidaya Jengkol Supaya Berbuah Lebat

Cara Budidaya Jengkol Supaya Berbuah Lebat

Diposting pada

Cara Budidaya Jengkol Supaya Berbuah Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara membudidayakan tanaman jengkol agar berbuah dengan lebat.

Cara Budidaya Jengkol

Jengkol merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki harga yang tinggi. Ini menjadi inspirasi bagi para pemula yang mencoba membudidayakannya dan berharap bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Cara menanam Jengkol, Anda bisa melakukannya secara optimal dengan memperhatikan tingkat sinar matahari. Jengkol membutuhkan banyak sinar matahari sepanjang hari.

Oleh karena itu, pastikan area tanam Jengkol Anda tidak terkena sinar matahari. Pohon jengkol ini juga membutuhkan suplai air yang tinggi.

Syarat Tumbuh

Cara budidaya Jengkol diawali dengan mengetahui kondisi budidaya Jengkol. Tanaman jengkol dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Untuk jenis tanah ini, Jengkol dapat tumbuh di tanah seperti latosol dan tidak tumbuh dengan baik di tanah berpasir. Berdasarkan sistem Ferguson Schimdt, Jengkol tumbuh baik di daerah C dan D dan di daerah lembab sampai agak lembab.

Meski jengkol tumbuh baik di dataran rendah, jengkol tidak tahan terhadap kekeringan berkepanjangan.

Persiapan benih Jengkol

Siapkan bibit dari bibit, atau mungkin bibit jengkol yang tumbuh liar. Kemudian masukkan bibit jengkol ke dalam polybag besar. Carilah pucuk dari salah satu pohon Jengkol yang berbuah. Potong kulit pohon jengkol dari bijinya sampai ukuran tertentu. Potong juga kulit pohon Jengkol yang menghasilkan ukuran yang sama. Tempelkan pucuk potongan pohon Jengkol yang sedang berbuah pada pohon Jengkol yang terpilih sebagai pohon akar. Kemudian ikat dengan tali agar kedua bagian tersebut bisa menyatu.

Baca Juga:  Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Persiapan Lahan Tanam

Jika benih sudah siap, sekarang lakukan pengolahan tanah. Caranya terdiri dari membuat lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm ke dalam areal tanam. Kemudian sesuaikan jarak antar lubang tanam menjadi sekitar 5-6 meter. Kemudian isi lubang tanam 2/3 dengan pupuk cair. Biarkan lubang tanam selama 1 bulan agar pupuk benar-benar menyerap tanah dan memberikan nutrisi.

Penanaman Benih Jengkol

Ketika bibit Jengkol telah menghasilkan tunas, langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit ke area tanam permanen yang telah disiapkan. Anda membuka polibag pembibitan dengan cara merobeknya secara perlahan. Kemudian masukkan bibit jengkol ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Kemudian tutup lubang lagi menggunakan sisa tanah dan padatkan. Lakukan hal yang sama sampai semua lubang ditanam. Ada baiknya jika Anda menyiram sesaat setelah menanam tanaman Jengkol.

Pemeliharaan dan Perawatan

  • Seperti halnya tanaman lainnya, penyiangan sangat penting dilakukan agar tanaman tidak terganggu. Gulma dan tumbuhan liar di sekitar tanaman jengkol dapat menyita unsur hara di dalam tanah.
  • Tanaman jengkol paling sering diserang semut rangrang, jamur dan ulat. Untuk penanganan rangrang sendiri dapat dilakukan secara manual yaitu membuang daun atau dahan yang menjadi sarang rangrang. Sedangkan untuk jamur dan ulat dapat dilakukan penyemprotan dengan insektisida.
  • Pemupukan tanaman jengkol untuk membantu memenuhi nutrisi tanaman jengkol di dalam tanah. Gunakan pupuk organik untuk tanaman jengkol.

Cara Budidaya Jengkol Supaya Berbuah Lebat

Pemanenan Jengkol

Tanaman jengkol akan mulai berbuah pada umur 5 sampai 6 tahun. Waktu panen yang lama membuat tidak banyak petani yang membudidayakan jengkol ini. Namun, ada dua cara untuk mempercepat panen pohon Jengkol. Metode-metode ini adalah:

  1. Waktu tanam. Untuk mempercepat pembuahan sebaiknya tanaman jengkol ditanam pada musim hujan dibandingkan jika ditanam pada musim kemarau
  2. Jenis pembibitan. Dipercaya bahwa cara okulasi atau vegetatif tumbuh lebih cepat daripada cara generatif atau pohon jengkol yang ditumbuhkan dari biji.
  3. Sumber air. Tanaman jengkol merupakan tanaman yang membutuhkan banyak suplai air selama pertumbuhannya. Karena itu, lebih baik menanamnya di tempat yang dekat dengan sumber air.
Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Kertas

Nah itulah tadi Cara Budidaya Jengkol Supaya Berbuah Lebat dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.