Cara Budidaya Pepaya California Agar Cepat Bebuah

Cara Budidaya Pepaya California Agar Cepat Bebuah

Diposting pada

Cara Budidaya Pepaya California Agar Cepat Bebuah – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang budidaya pepaya california agar dapat cepat berbuah.

Cara Budidaya Pepaya California

Pepaya California adalah jenis buah tropis yang sedang booming dan populer. Ukurannya yang tidak terlalu besar, dengan warna daging yang menarik dan rasa yang manis membuat buah ini begitu populer di masyarakat.

Tanaman pepaya California ( Carica papaya L.) berasal dari Meksiko selatan dan Nilargua. Kemudian mulai dibudidayakan dan menyebar ke negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Tanaman pepaya sendiri cukup mudah tumbuh, apalagi mengingat sebagian besar wilayah Indonesia memiliki tanah berpasir yang subur dengan sinar matahari yang cukup.

Untuk melihat sejauh mana potensi pasar dan kemungkinan budidaya masih terbuka. Tentunya menanam pepaya California bisa menjadi alternatif pilihan bisnis bagi Anda yang memiliki lahan luas namun tidak memanfaatkannya.

Syarat Tumbuh

Saat menanam pepaya California, persyaratan pertumbuhan harus diketahui terlebih dahulu untuk mendukung pertumbuhan tanaman sekaligus menghasilkan buah yang sehat dan berkualitas tinggi.

Pepaya California sangat cocok jika ditanam di daerah dataran rendah atau dataran tinggi 700 m dpl. Kemudian kondisi tanahnya subur dan tanahnya sedikit berpasir. Selain itu, suhu juga harus diperhatikan karena suhu berpengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman.

Untuk pepaya California ini, suhu yang sesuai untuk pertumbuhannya adalah 25 hingga 30 derajat Celcius, dengan curah hujan mencapai 1.000 hingga 2.000 mm per tahun.

Dan untuk kelembaban, tanaman pepaya California cocok untuk kelembaban sekitar 40% dan pH tanah mencapai 6 hingga 7.

Baca Juga:  Cara Menanam Buncis

Pembibitan dan Penyemaian

Langkah yang perlu anda lakukan dalam budidaya pepaya california adalah penyemaian atau seeding karena bibit bisa anda dapatkan dari bibit pepaya california yang sudah disemai. Pilih biji dari buah pepaya California yang sehat dan masak sendiri di pohon. Dan untuk langkah penyemaian, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Setelah mendapatkan bibit pepaya California yang baik untuk bibit, masukkan ke dalam air selama kurang lebih semalam. Keesokan harinya ambil biji pepaya yang sudah ditenggelamkan, sebagai bijinya dan buang bijinya yang terapung.
  2. Selanjutnya benih yang dipilih dimatangkan dengan koran atau bisa menggunakan kain basah selama kurang lebih 1 minggu. Perawatannya, Anda cukup menjaga kelembapan kain atau koran yang Anda gunakan.
  3. Selanjutnya benih yang telah disemai siap ditanam setelah satu minggu.
  4. Siapkan beberapa polybag dengan jumlah yang dibutuhkan, kemudian tuang di tanah halus yang sudah dicampur dengan kompos dengan perbandingan 2:1.
  5. Tempatkan benih di tanah dan tutupi dengan lapisan tanah tipis. siram dengan air secukupnya.
  6. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.
  7. Pada umumnya bibit dapat ditanam 1 sampai 1,5 bulan setelah tanam.

Pengolahan Lahan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk penanaman. Bagaimana:

  1. Jika tanah gembur, tanah dapat dicangkul/dibajak dan dibalik untuk menetralkan unsur hara.
  2. Bersihkan tanah dari gulma atau gulma yang tumbuh disekitar tanah agar tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman nantinya.
  3. Buat bedengan untuk ditanam secara massal. Bedengan ini juga diperlukan untuk pertukaran air, sehingga tidak ada air di sekitar media tanaman. Hal ini memang sangat penting untuk diperhatikan, karena banjir dapat merusak batang tanaman.
  4. Kemudian buat lubang tanam sekitar 50 cm dengan jarak antar lubang sekitar 2,5 mx 2,5 m.
  5. Kemudian lubang tersebut diisi kembali dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos, tetapi tidak menutupi lubang tersebut.
  6. Selanjutnya lubang tersebut dapat dikuras dengan air bersih secukupnya.
  7. Setelah itu baru bisa membuat satu lubang lagi dengan panjang 40 sampai 50 cm. Selanjutnya kamu bisa mengikuti cara setelah membuat lubang-lubang tersebut di atas.
Baca Juga:  Cara Menanam Sirih Merah

Proses Penanaman

Bibit yang ingin dipindahkan memiliki kriteria sehat dan kuat. Minimal 4-5 lembar. Tinggi bibit sudah mencapai 20-30 cm. Kemudian Anda dapat memindahkan bibit dengan cara berikut:

  1. Pilih bibit yang sehat, kuat dan kokoh kemudian bawa ke area tanam.
  2. Sebaiknya tanam pada pagi atau sore hari agar bibit lebih mudah beradaptasi.
  3. Buka polybag dengan hati-hati dan jangan sampai merusak akarnya.
  4. Kemudian tanam benih di media tanam sampai akarnya tertutup di bawah permukaan tanah.
  5. Kemudian sirami tanaman, tetapi jangan biarkan air menggenang.
  6. Setelah 3-4 hari, tanaman mulai beradaptasi dengan baik dan menunjukkan pertumbuhan.
  7. Jika tanaman tampak mati, mereka harus segera disulam dan diganti dengan yang baru agar dapat tumbuh secara bersamaan.

Perawatan dan Pemeliharaan

  • Lakukan penyiraman secara teratur
  • Lakukan pemupukan agar tanaman mendapatkan tambahan nutrisi
  • Lakukan pemangkasan pada tunas dan dahan yang mengganggu

Cara Budidaya Pepaya California Agar Cepat Bebuah

Proses Pemanenan

Panen merupakan tahap terakhir dari proses penanaman. Panen bisa 8 sampai 9 bulan setelah panen, atau berdasarkan buah maksimal.

Buah bisa langsung anda petik lalu letakkan pada tempat yang dingin. Lalu anda bersihkah buah terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa langsung membawanya ke pasar untuk diperjualkan.

Nah itulah tadi Cara Budidaya Pepaya California Agar Cepat Bebuah dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.