Cara Budidaya Pisang Raja Hingga Lengkap Sampai Panen

Cara Budidaya Pisang Raja Hingga Lengkap Sampai Panen

Diposting pada

Cara Budidaya Pisang Raja Hingga Lengkap Sampai Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara budidaya pisang raja dengan lengkap.

Cara Budidaya Pisang Raja

Bagaimanakah cara membudidayakan pisang raja agar berbuah dengan lebat? Banyak orang yang menyukai pisang raja kerane teksturnya yang lembut serta yang manis. Tak hanya dapat dimakan begitu saja, banyak juga olahan dari pisang raja seperti selai, jus dan masih banyak lagi. Maka sudah tak heran jika harga dari pisang raja cukup tinggi dibandingkan dengan harga pisang lainnya.

Untuk menanam pisang raja juga tidaklah begitu sulit. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik terhadap kondisi tanah yang agak liat, sehingga bisa menyimpan air dalam tanah dengan baik.berikut ini adalah tips ataucara budiaya pisang raja dengan baik dan benar.

Persiapan Bibit

Langkah pertama adalah persiapan bibit, pe,bibitan merupakan hal dasar dari keberhasilan untuk pertumbuhan pisang raja. Untuk pembibitan pisang raja umunya dilakukan secara vegetatif. Kriteria dalam pemilihan bibit pisang yaitu.

  1. Untuk tinggi tunas kisaran dari 100 hingga 150 cm
  2. Diameter umbi tunas antara 15-20 cm
  3. Tunasnya berbentuk seperti daun berhelai sempit

Persiapan Lahan Tanam

Langkah selajutnya anda perlu mempersiapkan lahan tanaman terlebih dahulu, dengan cara:

Tentukan Lokasi Yang Baik

Dalam membudidayakan pisang raja dibutuhkan raja yang cukup untuk berfotosintesis. Oleh sebab itu, anda perlu pastikan bahwa tidak ada pohon yang menutupi tanaman pisang ini, anda bisa mengurangi ratang agar ada cahaya yangmasuk untuk tanaman pisang ini.

Baca Juga:  11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Atur Jarak Tanam Yang Baik

Jarak yang digunakan untuk menanam pisang raja yang baik adalah sekitar 2,5 – 3 meter.

Buat Saluran Irigasi Yang Baik

Anda perlu membuat parit kecil diantara dua pon pisang yang beguna sebagai irigasi serta untuk mengontrol air pada saat hujan. Apabila tempatnya memungkin kan untuk membuat parit, anda bisa membuat parit dengan kedalaman 30 cm di arah melintang dan membujur pada lahan anda. Jika perlu anda bisa mebuat dua baris untuk kolam ikan. Tak hanya digunakan sebagai parit anda juga bisa budidaya emas dengan sistem tumpang sari pisang-gurame.

Gunakan Pupuk Dasar Yang Sesuai

Dalam pemupukan dasar anda bisa menggunakan pupuk Kompos Trichoderma terhadap lahan pisang anda. Gali lubang pada tanah dengan ukuran panjang 50 cm, lebar 50 cm dan kedalaman 50 cm. Dalam pertumbuhan yang optiman anda perlu menambahkan 10 kg ououk dasar perlubangnya.

Dalam penyiapan lahan untuk budidaya pisang sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan tanaman. Oleh sebab itu anda perlu menyiapkan tanaman terlebih dahulu agar bisa mengatasi masalah yang ada. Sebagai contoh terdapat masalah pada pH atau keasaman pada tanah.

Pisang sangat cocok pada tanah yang memiliki pH 5,4 – Ph 7. Apabila tanah terlalu asam anda dapat menambahkan kap[ur pertanian yang berguna untuk meningkatkan pH sehingga tanah cocok untuk ditranam.

Penanaman Bibit Pisang Raja

Bibit yang sebelumnya telah dipisahkan dari induknya harus segera ditanam secepat mungkin. Penanaman dilakukan dengan cara memasukkan bagian bawah bibit kedalam lubang yangtelah disiapkan dan selanjutnya tutup kembali lubang dengan tanah, dan anda perlu pastikan bahwa pohon pisang raja dapat berdiri dengan tegak. Apabila anda khawatir jika tanaman tertepa cuaca buruk anda bisa memberi penyanggga pada tanaman dengan menggunakan baambu untuk mencegah pohon pisang jatuh dari terpaan angin kencang.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Kamboja

Pemeliharaan dan Perawatan

Dalam membudidaya tanaman pisang tak hanya sebatas menanam pada media tanam saja. Anda juga perlu merawat agar pohon pisang dapat tumbuh dengan subur.

Dalam membudidayakan anda perlu menjarangkan tunas anakan yang terdpat pada pohon pisang, hal ini dapat mempengaruhipertumbuhan pada pohon induknya. Dengan rumpun yang padat dapat menimbulkan penyakit pada pisang hal ini bisa terjadi karena tanah yang terlalu basah.

Selama dalam proses perawatan ada juga perlau melakukan penyiangan agar pohonnpisang terhindar dari gulma dan tanaman liar. Hal ini dikarenakan tanaman liar dan gulma dapat mengambil nutrisi yang terkandung dalam tanah.

 

Panen Pisang Raja

Pisang raja sudah bisa dipanen pada saat buah sudah berwarna hijau muda ke hijau tua atau berwarna sedikit kekuningan setelah perubahan warna. Potong pisang dari tandan serta batang pisang sampai umbinya. Setelah itu tandan pisang disimpan dengan cara terbalik agar getah tidak mengotori buah pisangnya.

Nah itulah tadi Cara Budidaya Pisang Raja Hingga Lengkap Sampai Panen dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.