Cara Budidaya Sawi Hijau Dengan Baik dan Benar

Cara Budidaya Sawi Hijau Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Budidaya Sawi Hijau Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara budidaya sawi hijau dengan baik dan benar.

Cara Budidaya Sawi Hijau

Sawi hijau atau dalam bahasa latin disebut dengan nama latin Brassica sinensis L adlah salah tumbuh diberbagai macam tempat baik itu di dataran rendah maupun di dataran tinggi sekali pun.

Keuntungan lain dari sawi hijau yaitu jenis sayuran yang berbagai macam cuaca. Meskipun demikian, kita tidak bisa sembarangan untuk menanam sawi hijau. Metode penanaman yang salah jug dapat menyebabkan kurangnya hasil produksi sehingga tidak maksimal.

Agar anda sukses dengan membudidayakan sawi hijau, berikut merupakan langkah-langkah dalam menanam sawi hijau yang baik dan menghasilkan banyak panen:

Syarat Tumbuh

Syarat tumbuh untuk tanaman sawi hijauafar dapat tumbuh dengan yaitu tanah gembur serta mengandung nutrisi / humus dan mempunyai drainase (drainase yang baik). PH tanah yang baik, idealnya 6 sampai 7.

Tanaman sawi hijau dapat tumbuh secara optimal pada dataran tinggi namun tanaman yang satu ini juga dapat dibudidayakan pada dataran rendah asalkan kebutuhan air bisa terpenuhi. Salah satu kelebihan dari tanaman sawi hijau yaitu dapat ditanam kapan saja yang berarti bisa ditanam pada musim hujan atau musim kemarau. Waktu yang cocok untuk menanam sawi yaitu di akhir musim hujan.

Sawi hijau ini tidak bisa tumbuh dengan optimal selama musim kemarau apabila kita tidak memperhatikan persyaratan airnya ini. apabila kita menanam sawi hijau dengan menggunakan polybag / pot, tentu saja akan lebih mudah untuk perwatannya, juga ketika datang ke persyaratan air.

Baca Juga:  Cara Menanam Bawang Daun Agar Tumbuh Subur

Pemilihan Benih

Memilih benih merupaksan salah satu langkah yang paling dalam menanam sawi hijau, sebab hasil yang akan diperoleh tergantung pada langkah ini. Untuk melakukan ini, mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini dalam pembibitan sawi hijau:

  1. Belilah sawi hijau berkualitas baik.
  2. Pastikan benihnya tertutup rapat dan tidak rusak.
  3. Ciri benih berkualitas yaitu mempunyai bentuk bulat kecil, warna coklat kehitaman, agak keras, serta permukaannya halus dan berkilau.
  4. Takaran bobot untuk benih 1 hektar luas tanam yaitu 750 g. Apabila anda menanam pada pekarangan saja anda hanya memerlukan 2 sendok makan bibit sawi hijau.
  5. Apabila anda menggunakan benih dari hasil panen. Maka tanaman benih yang digunakan berumur setidaknya 70 hari. Penyimpanan sawi hijau yang akan digunakan sebagai bibit perlu anda pisahkan dari tanaman lain.

Proses Penyemaian Benih

  • Penempatan benih. Buat tempat untuk bibit dengan ukuran 1,5 x 1,4 x 1 meter dari bahan bambu. Atapnya terbuat dari plastik. Sedangkan bedengan dibuat di atas lahan 120 cm
  • Penyemaian benih. Sebarkan 2 kg pupuk kandang yang telah dicampur dengan 7,5 g KCL, 2 g urea, dan 10 g TSP. Campur diatas tanah pada bedengan. Anda perlu mencatat bahwa pupuk perlu ditaburkan 2 minggu sebelum bibit sawi hijau ini mulai disemaikan. Taburkan bibit sawi hijau di atas lalu tutupi setebal 1 – 2 cm menggunakan tanah halus atau pupuk kompos .
  • Transplanting benih. Transplanting adalah proses pengisian panel penyemaian pada media semai sampai terisi penuh, setelah itu bisa dibasahi menggunakan air. Kemudian bisa dibasahi dengan air. Lakukan langkah ini ketika benih sudah memiliki 2-3 daun. Hanya 1 bibit sawi hijau yang digunakan dalam 1 lubang tanam. Selanjutnya simpan panel semai pada wadah pembibitan selama 23-29 hari.
Baca Juga:  Bambu Air

Langkah Penanaman

Langkah selajutnya penanaman yang merupakan proses di mana bibit sawi hijau dibawa ke area pertanian. Kemudian bibit itu ditanam di bedengan. Masukkan dengan jarak kurang lebih 30 cm di antara tanaman.

Perawatan dan Pemeliharaan

  • Lakukan penyiranman secara teratur pada pagidan sore hari
  • Lakukan penyulaman atau pnggantan tanaman pada tanaman yang tumbuh tidak normal dengan tujuan agar tanaman dapat tumbuh dengan merata
  • Lakukan penyiangan terhadap gulma dan rumput liar
  • Lakukan pemupukan dengan tujuan agar tanaman mendapatkan nutrisi tambahan

Cara Budidaya Sawi Hijau Dengan Baik dan Benar

Proses Panen

Tanaman sawi hijau sudah bisa untuk dipanen ketika sawi hijau ini sudah berumur 50-80 hari setelah tanam. Untuk menerapkan, anda bisa memotong pangkal batang sawi, menariknya ke akar, atau anda juga bisa hanya memotong daunnya saja.

Nah itulah tadi Cara Budidaya Sawi Hijau Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.