Bunga Airmata Pengantin
Bunga Airmata Pengantin

Bunga Airmata Pengantin

Diposting pada

Bunga Airmata Pengantin – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Airmata Pengantin.


Bunga Airmata Pengantin


Bunga Air Mata Pengantin merupakan tanaman berjenis tumbuhan merambat yang mulai jadi incaran para owner perkebunan kelapa sawit.

Karena sangat berguna dalam melindungi penyeimbang antara hama serta predatornya. Antara lain buat mengatur hama serta predator tanpa perlu memakai bahan kimia, tidak hanya sebagai inang untuk predator ulat api.

Tumbuhan ini pula sanggup mengundang lebah yang nantinya dapat menolong proses penyerbukan pada tumbuhan kelapa sawit.

Antigonon leptopus, yang biasanya diketahui bagaikan tumbuhan merambat Meksiko, ataupun tumbuhan anggur karang, ataupun semak lebah (di sebagian besar pulau Karibia) ataupun tumbuhan anggur San Miguelito, merupakan spesies tanaman berbunga di keluarga soba, Polygonaceae.

Tanaman ini merupakan asli tumbuhan dari Meksiko. tumbuhan ini memilik bunga 2 macam ialah dengan bunga merah muda ataupun putih (Antigonon leptopus`alba`).

Antigonon leptopus merupakan tumbuhan merambat yang berkembang dengan cepat yang bertahan lewat sulur, serta sanggup mencapai panjang 25 kaki ataupun lebih Ini mempunyai tali pusat (berupa hati).

Kadang-kadang daun segitiga sepanjang 2½ hingga 7½ centimeter Bunga air mata pengantin ataupun Antigonon leptopus, merupakan tanaman merambat (liana).

Batang antigonon berusuk dengan panjang masing-masing rusuk hampir 3-6 centimeter. Batang tersebut mempunyai bulu-bulu halus dan ruas rusuk yang menggembung.

Pada batangnya pula ada perlengkapan pembelit yangberfungsi buat “membelit” tumbuhan rambatan sehingga menunjang tegaknya tumbuhan.

Daunnya berupa jantung, bercorak hijau, serta permukaan daun yang bergelombang (tidak rata). Panjang daun antigonon antara 5-10 centimeter.

Bunga majemuk yang tersusun pada malai serta berkembang dariketiak daun. Mahkota bunga air mata pengantin terdiri atas 5 lembar bercorak merah jambu atauputih, yang masing-masing memiliki panjang hampir 7 milimeter.

Wujud 3 mahkota bunga terluar bulat telur ataupun menyamai jantung, lagi wujud 2 mahkota yang lebih dalam lebih runcing.

Baca Juga:  Cara Simpel Membuat Hidroponik Sistem Sumbu Dari Botol Bekas

Sehabis seluruh mahkota mekar, mahkota hendak membengkak serta menyelubungi buah. Buahnya semacam selaput dengan corak kehijauan.

Bagaikan tumbuhan liana yang merambat, bunga air mata pengantin kerap ditemui merambat pada pepohonan yang lain.

Sebaliknya bila dibesarkan bagaikan tumbuhan hias di pekarangan ataupun di halaman, bunga ini bisa dirambatkan pada pagar ataupun media rambat yang lain.

Tumbuhan berbunga ini sempat jadi tumbuhan kesukaan buat dirambatkan pada pergola sehingga sekalian berperan bagaikan peneduh, tidak hanya gunanya bagaikan tempat untuk hewan Cosmolestes sp ataupun Yellow Assassin Bug.


Budidaya tumbuhan bunga air mata pengantin

Memilih benih

Terdapat bermacam-macam tipe bunga air mata pengantin yang umum dibudidayakan di Indonesia. Kamu bisa memilih love chain, Antigonon leptopus Hook dan Arn, dan Antigonon guatimalense Meisn.

Ada yang mempunyai corak bunga merah muda maupun putih dengan bunga serta daun yang indah sehingga menarik buat ditanam.

Persiapan Lahan Tanaman Bunga Air Mata Pengantin

Buat menanam Bunga Air Mata Pengantin, gunakanlah tanah yang mempunyai sebagian sifat berikut ini:

  • Mempunyai tanah yang gembur
  • Dekat dengan sumber air supaya gampang disiram sehingga tidak kekeringan
  • Memiliki cukup faktor nutrisi buat mendukung pertumbuhannya
  • Mempunyai pH tanah mendekati netral (antara 6,5–7,5)

Sehabis kamu selasai dalam persiapan lahan, lanjut ke tahap berikutnya ialah menggemburkan tanahnya.

Penggemburan Tanah

Tanah bagaikan media tanam Bunga Air Mata Pengantin wajib gembur serta mempunyai lumayan isi faktor hara.

Bila tanah yang hendak ditanami Bunga Air Mata Pengantin masih belum gembur maka kita wajib merubah struktur tanah memakai cangkul buat menggemburkan tanahnya terlebih dulu.

Sehingga pangkal Bunga Air Mata Pengantin bisa dengan gampang mencari nutrisi.

Bunga Airmata Pengantin


Pemupukan Dasar Tumbuhan Bunga Air Mata Pengantin

Pemupukan dasar ini perlu dicoba tidak hanya buat menaikkan faktor hara pula buat membetulkan struktur tanah.

Buat pemupukan bisa memakai pupuk organik semacam pupuk kandang, pupuk kompos maupun butiran organik.

Opsi terbaik buat pemupukan dasar merupakan pupuk kompos sebab tidak hanya menolong kegemburan tanah, pupuk kompos mempunyai faktor Nitrogen paling banyak serta faktor hara lain yang lebih lengkap serta ramah terhadap tanah serta tumbuhan.

Baca Juga:  Cara Budidaya Timun Suri Supaya Berbuah Lebat

Metode melaksanakan pemupukan dasar merupakan sebagai berikut:

  • Buat lubang tanam agak dalam hampir 50 centimeter.
  • Isi lubang tanam tersebut memakai pupuk sampai terisi separuh penuh
  • Tutup lubang tanam tersebut
  • Sirami supaya komposnya kilat terurai

Apabila terdapat sisa lahan di sela-sela tumbuhan kamu bisa membuat lubang biopori supaya nutrisi senantiasa ada serta tanah mempunyai cadangan air yang senantiasa terdapat sampai masa kemarau.

Triknya merupakan bagaikan berikut:

  • Buat lubang tanam agak dalam hampir 100 centimeter dengan diameter 30 centimeter.
  • Isi lubang tersebut dengan sampah organik sampai penuh
  • Pengisian lubang bisa dicoba bertahap dengan memakai sampah dapur maupun dedaunan yang jatuh di pekarangan anda
  • Sampah organik yang terurai hendak jadi kompos yang bisa jadi nutrisi tumbuhan, dan melindungi struktur tanah supaya gampang meresap air serta sanggup menaruh cadangan air.
  • Kamu bisa mengambil kompos tersebut buat digunakan di tempat lain ataupun membiarkannya jadi nutrisi serta membetulkan struktur tanah di lubang tersebut saja.
  • Kamu bisa membangun parit disekitar lahan bagaikan wadah penampung air hujan.

Penanaman Bunga Air Mata Pengantin

Buat menanam Bunga Air Mata Pengantin pada lahan yang telah disiapkan, langkah berikutnya dalam proses menanamnya merupakan bagaikan berikut:

  • Lubangi tanah yang hendak ditanami Bunga Air Mata Pengantin yang telah diolah tadinya.
  • Lapisi dasar lubang dengan pasir supaya bisa menaikkan porositas
  • Tambahkan pupuk tambhan tidak hanya pupuk dasar, kamu bisa berikan pupuk yang khusus buat memicu tumbuhnya bunga.

Ada 2 metode buat menanam Bunga Air Mata Pengantin, ialah memakai tata cara setek serta memakai biji. Metode menanam Bunga Air Mata Pengantin lewat tata cara setek merupakan bagaikan berikut ini:

  • Potong secara melintang batang utama yang telah tua. potong lebih dekat pada pangkal daun bagian atas.
  • Petik ataupun mengurangi jumlah daun buat kurangi penguapan.
  • Setelah itu tancapkan batang Bunga Air Mata Pengantin ke dalam tanah yang telah kamu siapkan tadi.
  • Berikan naungan sepanjang 3 minggu ataupun sampai lumayan kokoh terhadap paparan cahaya matahari langsung.
  • Sirami bakal Bunga Air Mata Pengantin satu hari 2 kali satu hari.
  • Sehabis cukup kokoh Bunga Air Mata Pengantin tidak butuh dinaungi lagi serta jaga tanah senantiasa lembab.
Baca Juga:  Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

Tetapi apabila kamu lebih memilah menanam Bunga Air Mata Pengantin memakai bijinya, hingga Kamu bisa menjajaki langkah berikut ini:

  • Biji Bunga Air Mata Pengantin direndam di air bersih sepanjang 6 jam
  • Setelah itu tanam biji Bunga Air Mata Pengantin pada media semai ataupun polybag sedalam 1 centimeter serta pastikan bebas dari semut.
  • Letakkan di tempat teduh serta jaga media tanam biar senantiasa lembab supaya proses semai bisa berjalan dengan lebih kilat serta biji Bunga Air Mata Pengantin tidak membusuk.

Penyiangan Lahan

Lahan yang ditanami bunga perlu buat disiangi secara berkala. Kamu dapat melaksanakan penyiangan sebulan sekali saja buat menghindari tumbuhnya gulma sangat rimbun yang bisa mencuri nutrisi tanah serta membatasi masuknya sinar matahari ke dasar tanah.

Perawatan Masa Berbunga

Bila tumbuhan telah berkembang besar maka sebentar lagi hendak menghasilkan bunga. potong ataupun pangkas tumbuhan supaya membentuk pola yang diinginkan.

Pastikan buat senantiasa memangkas tumbuhan, bila tidak dirawat maka tumbuhan ini hendak cepat tumbuh jadi gulma.

Bila bunga telah timbul maka upayakan supaya senantiasa teratur menyemprotkan air ke arah bunga supaya bunga tampak fresh.

Bunga Air Mata Pengantin hendak membentuk umbi dibawah tanah dengan batang bagian dasar yang besar.

Jalani penyiraman teratur, serta jaga kelembaban tanah buat menghindari umbi tidak membusuk. Sangat sering umbi terserang jamur sebab tanah yang sangat basah serta lembab.

Nah itulah tadi Bunga Airmata Pengantin dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.