Bunga Desember
Bunga Desember

Bunga Desember

Diposting pada

Bunga Desember – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Desember.


Bunga Desember


Bunga desember ialah tumbuhan yang sanggup menghias rumah Kamu jadi lebih indah serta bercorak. Dinamakan “desember” sebab bunga yang berasal dari dataran Afrika Selatan ini berkembang pada bulan November – bulan Desember.

Bunga indah yang satu ini sangat unik, sebab wujudnya bundar serta bercorak merah cerah dengan perpaduan daun bercorak hijau terang.

Bila kalian menggemari bunga serta keindahannya, kalian dapat membudidayakan bunga desember ini di pekarangan rumah. Metode penanaman bunga ini dinilai tidak sangat gampang, tetapi tidak sesulit yang kalian kira.


Panduan serta Trik Budidaya Bunga Desember

Berikut ini ialah beberapa panduan serta trik yang dapat dicoba supaya bunga desember ini cepat berbunga.

Melaksanakan Pemilihan Umbi Bunga yang Bermutu Tinggi

Panduan agar bunga desember cepat berbunga merupakan dengan melaksanakan pemilihan umbi yang bermutu unggul.

Ciri umbi dengan mutu unggul antara lain mempunyai corak terang dan mengkilap, di mana tidak ada satupun cedera pada bagian umbinya, mempunyai dimensi yang besar serta matang.

Umbi yang semakin matang malah terus menjadi baik. Umbi bunga desember yang telah didapatkan setelah itu ditanam terlebih dahulu dalam polybag.

Umbi bunga desember tidak dapat langsung ditanam di lahan sebab proses pertumbuhannya nanti jadi tidak maksimal serta lelet berbunga.

Pertama-tama umbi wajib dicuci dahulu sampai bersih di dasar air mengalir. Setelah itu umbi ditaruh di tempat yang bersih serta jauh dari cahaya matahari, tujuannya biar umbi menghasilkan bakal tunas.

Baca Juga:  Jenis Jenis Bunga Dahlia Terpopuler Dan Cara Menanamnya

Tumbuhnya bakal tunas jelasnya memerlukan waktu sepanjang beberapa hari, sembari menunggu, silahkan siapkan polybag dan media tanamnya.

Polybag yang bisa digunakan merupakan polybag dengan dimensi sedang, kira-kira mempunyai diameter 10 centimeter ataupun jika sangat kecil, dapat disesuaikan dengan dimensi diameter umbinya.

Isikan penuh polybag dengan media, kemudian siram serta amati apakah medianya jadi menurun ataupun tidak. Jika nyatanya menurun, media tanamnya dapat ditambahkan kembali sampai terisi penuh.

Memilih Media Tanam yang Produktif, Porous, serta Gembur

Media tanam yang dianjurkan ialah media yang produktif, porous serta gembur. Sehingga bisa memakai media hasil dari kombinasi antara tanah, pasir serta pupuk organik dengan perbandingan yang sama.

Masing-masing bahan diayak terlebih dahulu, ambil yang halusnya saja baru gabungkan serta masukkan dalam polybag.

Penanaman umbi di polybag ialah salah satu trik biar tumbuhan bunga desember nantinya kilat berbunga.

Memilih Waktu Penanaman yang Tepat

Penanaman umbi ke dalam polybag hendaknya dicoba saat cuaca lagi tidak sangat terik. Idealnya dikala pagi ataupun dikala sore hari.

Buat terlebih dulu lubang tanamnya disesuaikan dengan dimensi umbi, masukkan ke dalam polybag secara hati-hati tanpa melukai bagian tunasnya sedikitpun.

Kemudian tutup dengan media sampai umbi betul-betul terbenam di dalam media.

Bunga Desember


Proses Penyiraman yang Teratur serta Pemberian Pupuk

Tahap selanjutnya yang perlu dicoba merupakan menyiram secara teratur sebanyak 2 kali satu hari ataupun disesuaikan dengan keadaan tanah serta cuacanya.

Di umur 2 minggu sehabis tanam, tumbuhan telah dapat diberi pupuk NPK buat memicu kecepatan perkembangan, dan melaksanakan penyemprotan pestisida serta fungisida dosis rendah.

Melaksanakan Transplanting supaya Tumbuhan Kilat Berbunga

Dalam budidaya bunga desember, ada sebutan transplanting. Transplanting ini ialah pemindahan bibit bunga desember dari polybag ke pot orang.

Tahapan ini perlu dicoba biar tumbuhan dapat cepat berbunga. Biar tumbuhan memperoleh ruang gerak yang lebih luas buat berkembang secara maksimal.

Baca Juga:  14 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Transplanting dicoba dikala tumbuhan telah merambah umur 3 hingga 4 bulan sehabis tanam. Bibit dari polybag dipindahkan ke pot plastik, dengan diameter potnya hampir 25 hingga 35 centimeter.

Buat medianya sama, ialah kombinasi pasir, tanah serta pupuk kompos. Bahan-bahan buat media hendaknya diayak dahulu serta diambil bagian halusnya saja saat sebelum dicampur rata.

Pada pot kalian, masukkan pecahan batu bata paling dasar buat memudahkan proses drainase air yang kelewatan.

Kemudian masukkan media yang telah dicampur, isikan sampai pot jadi penuh. Baru setelah itu buat lubang tanam dimensi polybag.

Bibit tumbuhan bunga desember diambil yang pertumbuhannya baik serta sehat. Sobek polybagnya, kemudian pindahkan 1 umbi tumbuhan ke 1 pot.

Setelah itu timbun lubang tanamnya, pastikan umbi tidak timbul ke permukaan media.

Sehabis itu jalani pengecekan terhadap daya serap airnya dengan metode disiram, serta amati apakah medianya jadi menurun. Jika iya, dapat disolusi dengan meningkatkan media hingga potnya penuh.

Memberikan Perawatan serta Pemeliharaan yang Maksimal serta Intensif

Agar bunga desember bisa berkembang secara maksimal serta cepat masa berbunganya, maka butuh dicermati perawatan dan pemeliharaannya.

Paling utama dicermati penyiramannya. Penyiraman hendaknya jauhi sangat sering saat cuacanya lembab serta masa hujan.

Sebab tanah yang lembab malah hendak membuat umbi tumbuhan jadi busuk, sehingga pertumbuhannya dapat saja terhambat.

Kebalikannya, saat masa kemarau tumbuhan perlu disiram teratur pagi serta sore tiap hari dengan hand sprayer.


Mencermati Keadaan Media Tanam serta Posisi Peletakkan Pot

Ada pula panduan yang lain merupakan dengan memandang media tanamnya. Apabila sehabis disiram media tanamnya jadi menurun, maka wajib lekas ditambah biar umbinya tidak timbul ke permukaan.

Jalani pula pemupukan lanjutan dengan pupuk yang memiliki N, P serta K biar medianya senantiasa gembur.

Silahkan tempatkan pot di zona yang terjangkau cahaya matahari langsung secara penuh, hendak namun bila sangat terik terdapat baiknya dipindahkan ke zona yang teduh.

Baca Juga:  Manfaat Anggur Hitam yang Baik Untuk Kesehatan

Bila melihat terdapat daun yang menguning ataupun rusak, lekas jalani pemangkasan.

Jauhi Kendala Hama dengan Insektisida serta Fungisida

Tanaman bunga desember lumayan rentan terkena hama serta penyakit dikala masa penghujan datang.

Paling utama apabila tanahnya dalam keadaan sangat lembab, di mana membuat organisme pengganggu jadi lebih gampang buat menyerah tumbuhan.

Bagian tumbuhan yang rentan terhadap hama serta penyakit merupakan bagian umbinya. Sehingga pembudidaya wajib melaksanakan penangkalan dengan melaksanakan penyemprotan fungisida serta insektisida.

Penyemprotan insektisida serta fungisida bisa dicoba menjelang ataupun diawal masa penghujan. Dosisnya rendah saja, ialah 1 liter air dicampur dengan 5 gr insektisida ataupun fungisida.

Apabila tumbuhan telah menampilkan indikasi dari serbuan hama serta penyakit, maka dosisnya ditambahkan jadi 10 gr per liternya.

Serta bila telah terinfeksi parah, terdapat baiknya tumbuhan dibuang jauh dari tumbuhan yang lain biar tidak menulari tumbuhan yang sehat.

Bunga desember hendak berbunga di masa penghujan, ditaksir berbunganya dari bulan November sampai Januari.

Tumbuhan yang cuma berbunga di bulan desember lumayan rentan hadapi layu, sehingga bunganya tidak dapat dipetik bagaikan hiasan ataupun bunga meja.

Bunga desember sesungguhnya dapat jadi penanda udara yang natural. Di mana apabila tanamannya telah menimbulkan tunas serta bakal bunga, maka itu maksudnya telah merambah masa penghujan.

Sebaliknya di masa kemarau, cuma terdapat umbi di dalam tanah serta tidak nampak isyarat tunas serta daunnya. Tumbuhan ini cuma berbunga 1 kali dalam setahun.

Nah itulah tadi Bunga Desember dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.