Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Diposting pada

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga– Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanaam bunga mawar .

Cara Menanam Bunga Mawar

Saat Anda membeli tanaman mawar, seringkali tidak terlihat seperti rumpun mawar yang Anda bayangkan. Tanaman mawar yang dijual seringkali memiliki batang pendek, tidak berdaun dan banyak tumbuh gundul. Bukan hanya Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara terbaik menanam mawar. Jika Anda melihat tanaman seperti ini Anda mungkin bertanya-tanya apakah masih hidup, apalagi cara menanamnya. Berikut beberapa tips cara menanam bunga mawar.

Pemilihan Bibit

Saat ini ada banyak pilihan bibit mawar. Warna dan bentuk kelopaknya pun bermacam-macam, bahkan ada yang lebih dari 100.

Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di toko dekoratif atau pasar online. Harganya pun bervariasi, mulai dari 15 hingga 50.000 rupiah untuk tanaman pot hidup dengan tinggi 30 cm.

Untuk bibit berupa stek batang, pastikan berasal dari bibit mawar sehat yang berumur lebih dari satu tahun. Hal ini biasanya ditandai dengan kondisi batang berkayu dan berwarna coklat dengan stek batang untuk biji minimal 15 cm.

Media Tanam

Meskipun tanaman mawar dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berbeda, namun media tempat tumbuh kembang harus gembur dan subur agar dapat berbunga dengan baik.

Setidaknya ada 2 pilihan cara menanam bunga mawar yaitu di dalam pot atau langsung di pekarangan atau taman.

Bagi Anda yang ingin menanam di dalam polybag, gunakan bahan tanam yang memiliki porositas dan memiliki kemampuan menahan air dengan cukup baik.

Baca Juga:  Cara Simpel Membuat Hidroponik Sistem Sumbu Dari Botol Bekas

Bahan pembuatan media tanam mawar berupa campuran cocopeat atau tempurung kelapa, pupuk kandang dari kotoran kambing dan tanah persawahan dengan perbandingan 1: 2: 1 sebelumnya.

Untuk penanaman langsung di pekarangan, terlebih dahulu buat lubang tanam berukuran 30x30x30 cm, kemudian campurkan tanah yang terkubur dengan perbandingan 1: 2: 1 dengan pupuk kandang cair dan cocopeat.

Proses Penanaman

Untuk pertumbuhan mawar yang optimal, pilih lokasi dengan tingkat keteduhan 30%. Anda bisa memilih tempat tanam seperti di teras rumah.

Nah, untuk menanam mawar dari stek batang sebaiknya menggunakan polybag kecil berdiameter 10 cm.

Setelah diisi dengan media tanam, masukkan stek batang mawar dengan kedalaman 5-10 cm. Kemudian tutupi batang mawar dengan plastik bening agar tetap lembab dan mempercepat pertumbuhan tunas.

Anda harus menjaga kelembapan media tanam dengan menyiramnya setiap 2 hari sekali. Selain itu, letakkan polybag di tempat teduh dan jauh dari sinar matahari langsung.

Keluarkan biji mawar dari pot atau polybag. Kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan semua akar tanaman sudah tertutup media tanaman lalu padatkan tanah di sekitarnya agar tanaman mawar tidak mudah roboh.

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Perawatan Bunga Mawar

Merawat tanaman mewar memang tidak begitu sulit, berikut diataranya.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan dengan cara rutin membersihkan tanah atau kebun dari gulma dan tanaman liar lainnya agar tanaman mawar tidak tersalurkan unsur hara nya.

Pemangkasan

Secara berkala, mawar juga perlu dipangkas. Apa yang harus dipotong? yaitu daun dan ranting yang busuk agar tidak mengganggu bagian tanaman yang lain.

Tidak hanya bagian yang busuk tetapi juga bagian yang kering harus dipangkas. cara memangkasnya juga harus hati-hati, Usahakan memangkasnya lurus.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Kertas

Pemupukan

Bunga mawar juga membutuhkan pupuk agar tumbuh dengan baik. Pilih pupuk yang terbuat dari kotoran hewan agar tanaman tumbuh subur dan indah.

Penyiraman

Penyiraman bunga mawar bisa dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, saat musim hujan sudah bisa dikurangi.

Pengandalian Hama Dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit harus memberikan tingkat pemeliharaan tertinggi agar tanaman tidak mudah terserang hama dan penyakit. Hama yang biasa menyerang seperti kutu daun, kumbang, tungau, thrips, nemotodes, dan lain-lain. Pengendalian hama tanaman mawar dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida sesuai takaran.

Penyakit yang sering mengiritasi bunga mawar adalah bercak daun, karat daun, tepung jamur dan lain-lain. Pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida, sulfur dan bahan aktif Pirazifos.Nah

itulah tadi Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.