Bunga Panca Warna
Bunga Panca Warna

Bunga Panca Warna

Diposting pada

Bunga Panca Warna – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Panca Warna.


Bunga Panca Warna


Bunga pancawarna mempunyai keelokan tertentu yang dapat membuat mata siapapun meliriknya, untuk kamu pecinta tumbuhan hias khususnya bunga bisa jadi bunga yang satu ini dapat jadi opsi alternatif kamu dalam berkebun.

Di pasaran sendiri pula banyak sekali orang yang mencari bunga pancawarna. Tidak hanya sebab wujudnya indah dengan aneka corak yang menarik, bunga panca warna ini bisa ditanam di bermacam media.

Bunga pancawarna mempunyai nama ilmiah Hydrangea macrophylla serta lebih diketahui oleh banyak orang dengan nama hortensia.

Bunga ini awal mulanya berasal dari wilayah Asia Timur serta selatan seperti Jepang, Cina, Himalaya serta Indonesia yang setelah itu menyebar sampai ke Amerika Utara serta Selatan.

Bunga pancawarna sendiri ialah tumbuhan tipe semak dengan ketinggian sampai 3 m tetapi terdapat pula sebagian tipe yang bisa berkembang setinggi 30 m.

Buat daunnya sendiri berupa bundar telur dengan wujud tepi yang bergerigi serta bercorak hijau muda berkilau.

Di alam sendiri bunga pancawarna bisa kamu jumpai di bermacam wilayah beriklim sejuk semacam di wilayah pegunungan.

Tidak hanya diketahui dengan nama hortensia berbeda, di sebagian wilayah di Indonesia sendiri pula diketahui dengan nama kembang bokor.

Buat bunganya sendiri majemuk serta membentuk malai yang keluar dari ujung tangkai menyamai rangkaian bunga yang membulat semacam sanggul.

Pada tumbuhan bunga pancawarna kamu bisa melihat daun pada mahkota bunga yang sesungguhnya ialah kelopak daun bunga.

Baca Juga:  Tips Cara Merawat Bunga Mawar Dengan Baik dan Benar

Terdapat bermacam macam corak bunga panca corak ini, mulai dari corak biru, merah, merah jambu, ungu, hijau sampai putih.

Warna-warna yang terdapat pada bunga panca warna ini sesungguhnya ada sebab kandungan asam pada media tanamnya.

Dengan kandungan asam tanah ataupun pH yang wajar hendak menciptakan bunga panca warna putih krem, serta tanah dengan pH basa menciptakan bunga merah jambu ataupun ungu.

Bunga panca warna sendiri ialah salah satu tumbuhan yang pada daun bunganya bisa mengumpulkan unsur alumunium serta melepaskannya pada tanah yang bersifat asam sehingga bunga hendak bercorak biru.


Langkah Gampang Budidaya Bunga Panca Warna

Untuk Kamu yang tertarik buat membudidayakan bunga indah nan menawan yang satu ini, ini ia sebagian langkah yang wajib dicoba.

Pemilihan serta Persiapan Bibit Bunga

Langkah awal yang wajib dicoba kala hendak melaksanakan pembudidayaan bunga indah dan menawan ini merupakan mempersiapkan bibit bermutu serta pula layak tanam.

Tidak hanya membelinya di toko pertanian, Kamu pula dapat mempersiapkan bibit sendiri dengan membuat stek dari tumbuhan berusia.

Buat memilah bibit bermutu, ini ia sebagian kriterianya:

  • Pilih induk yang hendak dijadikan bibit. Ciri indukan yang bagus antara lain mempunyai mutu yang baik dengan corak daun serta bunga yang fresh.
  • Cari tumbuhan indukan yang mempunyai tunas tanpa bunga dengan jumlah daun 2-3 lembar,
  • Pilih stek yang berasal dari batang yang dekat dengan dasar tumbuhan. Perihal ini disebabkan bagian tersebut mempunyai banyak pangkal sehingga hendak lebih gampang buat berkembang nantinya.
  • Pilih batang stek dengan panjang hampir 13 cm-15 centimeter.
  • Buat melindungi mutu bibit, hendaknya jalani pemilihan bibit dikala pagi hari kala matahari belum sangat terik.
Baca Juga:  Pengertian Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Sehabis bibit stek yang hendak digunakan sudah didapatkan, maka Kamu telah dapat melaksanakan persiapan bibit. Langkah-langkah yang wajib dicoba antara lain:

  • Potong batang stek yang telah dipilih 5 centimeter dari bagian dasar dedaunan yang terdapat pada bagian batang ataupun dari tumbuhan yang nampak membengkok.
  • Buang kelebihan daun pada batang dengan metode memotong daun yang terdapat pada bagian dasar serta pula sangat atas.
  • Celupkan bagian dasar batang yang sudah dipotong kedalam hormon pengakaran. Perihal ini berarti buat merangsang perkembangan pangkal pada bibit stek nantinya.

Bunga Panca Warna


Persiapan Media Tanam

Secara umum, terdapat 2 tipe media tanam yang dapat digunakan buat menanam bunga panca warna antara lain tanah gambur serta pula pasir.

Supaya perkembangan serta pertumbuhan tumbuhan bisa berlangsung dengan optimal, ini adalah sebagian tahap persiapan media tanam yang wajib dicoba:

  • Siapkan wadah penanaman berbentuk pot. Penanaman di wadah sangat berarti dicoba supaya pembuatan pangkal pada bibit bunga panca corak bisa berlangsung optimal.
  • Masukkan media tanam berbentuk tanah gambur serta pula pasir dengan perbandingan 1:1 sebanyak ½ bagian pot. Tidak hanya itu Kamu pula dapat meningkatkan kompos sehingga tanah jadi lebih produktif.
  • Masukkan separuh bagiannya pot yang belum diisi dengan tanah sampai pot penuh.
  • Siram pot yang telah diisi dengan mesia dengan memakai sprayer. Perihal ini bertujuan buat melindungi media tanam supaya senantiasa lembab.
  • Bila telah disiram, maka Kamu dapat menancapkan bibit stek yang telah disiapkan kedalam pot sedalam 5 centimeter.
  • Perkenankan bibit stek sepanjang 2-3 minggu sampai timbul perakaran pada batang stek.
  • Bila telah timbul perakaran, Kamu dapat memindahkannya ke pot yang lebih besar.

Perawatan serta Pemeliharaan Bunga

Sehabis bibit dipindahkan ke pot yang lebih besar, maka Kamu cuma perlu melaksanakan perawatan secara teratur.

Baca Juga:  Manfaat Terong yang Baik Untuk Kesehatan

Meski begitu metode perawatannya pula butuh dicermati supaya tumbuhan bisa menciptakan bunga yang indah.

Sebagian langkah perawatan bunga panca warna yang wajib dicoba antara lain:

  • Sebab bunga panca warna tercantum kedalam tumbuhan yang menggemari cahaya matahari, maka taruh pot dibawah cahaya matahari penuh dikala pagi hari serta pindahkan ke tempat yang lebih teduh dikala sore hari.
  • Jaga supaya media tanam senantiasa lembab. Kamu dapat menyiram media dengan sprayer secara teratur. Jangan siram tumbuhan sangat banyak sampai air menggenang sebab hendak merangsang pembusukan pada pangkal.

Buat proses penyiraman, Kamu cukup melaksanakannya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

  • Buat memadai kebutuhan nutrisi tumbuhan, jalani pemupukan secara teratur sebanyak 2 minggu sekali. Tetapi jangan memberikan pupuk sangat banyak sebab pertumbuhan bunga hendak kurang optimal.
  • Pangkas tumbuhan secara teratur supaya proses re-genarisi dapat berlangsung lebih cepat sehingga tumbuhan bisa berkembang dengan sehat.
  • Cek keadaan tumbuhan tiap 2 hari sekali buat memastikan tumbuhan terbebas dari hama penyakit.

Bila ditemui serbuan hama serta penyakit, Kamu dapat membasminya dengan memberikan semprotan insektisida seperlunya.

Nah itulah tadi Bunga Panca Warna dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.