Cara Budidaya Venili Agar Cepar Berbuah

Cara Budidaya Venili Agar Cepar Berbuah

Diposting pada

Cara Budidaya Venili Agar Cepar Berbuah – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam vanili agar cepat berbuah.

Cara Budidaya Vanili

Vanili tentu sudah sering kita dengar namanya, terutama bagi ibu rumah tangga yang sering membuat kue. Mereka mungkin menggunakan bubuk vanila untuk memanggang kue dan makanan lainnya.

Tanaman vanili merupakan tanaman yang dapat menghasilkan produk berupa bubuk vanili yang bermanfaat dan sering digunakan sebagai penyedap dan penambah rasa makanan. Bubuk vanili sendiri berasal dari buahnya yang berbentuk seperti polong kemudian diolah menjadi bubuk vanili.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menanam tanaman vanili atau cara mencoba membudidayakannya di rumah, kami berikan informasi tersebut dengan cara yang mudah dan sederhana.

Apalagi penjualan tanaman ini cukup bagus dan memiliki prospek yang bagus bagi anda yang memang ingin memulai bisnis di bidang ini.

Persiapan Lahan dan Tanaman Pelindung

Vanili yaitu salah satu sejenis tanaman epipit yang mana tanaman tersebut tumbuh merambat dan tidak dapat berdiri tegak. Maka dari itu, dalam penanaman tanaman vanili, anda perlu menyiapkan lahan terlebih dahulu dengan menanam tanaman pelindung, seperti tanaman Lamtoro. Lamtoro dipilih berguna untuk pelindung atau tempat merambat karena daunnya tidak terlalu lebat maka dari itu masih bisa di tembus matahari. Persiapan ini berlangsung selama 1 sampai 1,5 tahun sebelum menanam vanili. Jarak antara tanaman pelindung adalah 1-1,5 m.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos Dengan Sampah Rumah Tangga

Namun, perkembangan jaman disertai dengan banyak inovasi yang telah modifikasi. Begitu pun dengan budidaya tanaman vanili. Ada juga sebuah inovasi: Penanaman vanili yang dilakukan dengan menggunakan sistem penanaman tetap pada rumah hijau sederhana, yang ditutup dengan para. Tanaman perisai / tanaman anggur diganti dengan batang bambu atau tali kawat.

Penyemaian Bibit Vanili

Tahap selanjutnya, benih vanili disiapkan sambil menunggu penanaman di lahan. Biji vanili dapat diperoleh dari:

Benih Generatif

Benih generatif yaitu benih yang berasal dari biji. Anda bisa memilih niji dari spesies vanilla yang bernilai ekonomi, yaitu Vanilla planifolia Andrews, Vanilla tahitensis JW.Moore serta Vanilla pompana. Ciri benih generatif yang baik yaitu: tulen, yang mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan induknya, benih tidak bercampur dengan kualitas buruk, benih dalam kondisi segar dan sehat.

Benih Vetetatif

Bibit vegetatif yaitu benih yang berasa dari hasil stek tanaman induk yang sehat dan sudah cukup umur, tanaman rambat yang sudah mengeluarkan sulur, tanaman induk tidak berbuah lalu kemudian biarkan agak layu kemudian baru ditanam.

Bibit dengan kultur Jaringan

Kultur jaringan yaitu salah satu jenis produksi benih oleh sistem pembelahan sel yang bisa dilakukan oleh para ahli terlatih di laboratorium.

Penanaman Benih Vanili

Tanam benih di tengah bedengan yang membentuk pola penanaman monokultur. Buat lubang tanam yang dekat dengan tanaman pelindung dengan panjang, lebar dan kedalamansekitar 20 x 15 x 10 cm. Masukkan 3 bagian lubang secara horizontal guna memungkinkan agar akar tumbuh dengan cepat dan sempurna. Lalu tutup benih vanili dengan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang.

Stek bagian atas benih yang tidak tenggelam ke tanah lalu diikat dengan ikatan yang longgar ke pohon pelindung. Saat stek yang baik ditanam di awal musim hujan. Stek yang akan ditanam harus didiamkan selama 4-7 hari sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Membudidaya Tanaman Vanili Dengan Mudah

Pemeliharaan dan Perawatan

  • Lakuakan penyiraman pada pagi hari secara teratur, terlebih lagi pada musim kemarau karenan tanaman vanili ini tidak tahan dengan musim kemarau.
  • Lakukan penyulaman pada usia tanaman sudah mencapai 2 minggu, lakukan penyulaman pada tanaman yang tumbuh secra tidak optimal atau pada tanaman yang mati agar tanaman tersebut dapat tumbuh secara merata.
  • Lakukan penyiangan terhadap rumput liar dan gulma
  • Lakukan pemupukan selama setahun sekalim, anda bisa melakukan pemupukan menggunakan pupuk organik, NPK, urea dan lain sebagainya.

Cara Budidaya Venili Agar Cepar Berbuah

Proses Panen

Vanili sudah bisa di panen ketika sudah memasuki 7 – 8 bulan setelah penyerbukan. Panen vanili bisa dilakukan secara berkala selama 1 hingga 2 bulan. Panen dilakukan dengan cara memetik buah yang sudah matang dengan tangan lalu letakkan dalam wadah yang siap disortir, selanjutnya diamkan sampai mengeras selama 1-2 hari kemudian dikemas dan dijual.

Nah itulah tadi Cara Budidaya Venili Agar Cepar Berbuah dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.