Cara Membuat Baglog Jamur Tiram
Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

Diposting pada

Cara Membuat Baglog Jamur Tiram – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Baglog Jamur Tiram.


Cara Membuat Baglog Jamur Tiram


Tumbuhan jamur tiram ialah salah satu tipe tumbuhan hortikultura yang bernilai harga tinggi, untuk itu metode menanam jamur tiram yang baik prlu dicermati serta dicoba secara intensif supaya penciptaan maksimal.

Tumbuhan jamur tiram termsuk komoditas multiguna, tidak hanya berperan selaku sayur-mayur, jamur tiram pula dimanfatkan selaku bahan dasar pembuatan keripik jamur.

Membantu menanggulangi kekurangan gizi, tingkatkan energi, serta berperan buat menghindari penyakit anemia, menghindari kanker, tumor, hipertensi, serta merendahkan kandungan kolesterol dan diabet, pula membetulkan kendala pencernaan.

Jamur tiram pula bisa jadi antibacterial serta bisa menciptakan hidrolisis serta oksidasi dan bisa bermanfaat menewaskan Nematoda.

Usaha budidaya jamur tiram sangat menguntungkan karena tidak memerlukan lahan yang luas, permintaan pasar tinggi, proses budidaya sangat gampang.


Metode Budidaya Baglog Jamur Tiram Yang Menguntungkan

Persiapan Perlengkapan serta Bahan

Perlengkapan serta bahan yang wajib dipersiapkan lumayan simpel. Cuma meliputi bahan utama pembuatan baglog ialah serbuk gergaji, bekatul, biji jagung, dan kapur.

Bahan yang di pakai serbuk gergaji karena lebih gampang di cari serta bisa diperoleh dengan harga yang relatif murah.

Tidak hanya perihal tersebut terdapat sebagian perihal yang wajib dipersiapkan antara lain:

  • Tempat posisi serta ruangan tanam, yang steril serta spesial.
  • Ruang inkubasi buat meletakkan baglog.
  • Plastik PP Tahan panas kapasitas 1 kilo.
  • Karet gelang serta cincin pipa paralon 1/4 inch.
  • Perlengkapan tanam lengkap serta alkohol 70%.
  • Bibit jamur tiram F1 bermutu.
Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Krisan Agat Tidak Mudah Layu

Pembuatan Baglog

Sehabis perlengkapan serta bahan siap mka tahapan berikutnya merupakan proses pembuatan baglog.

Baglog sendiri ialah tempat media tanam untuk jamur buat berkembang, Didalam baglog inilah iselium jamur hendak berkembang serta menghailkan tanaman jamur yang setelah itu hendak bisa dipanen.

Dalam prose pembuatan baglog jamur tiram semacam pula yang dicoba pada metode budidaya jamur tiram dengan serbuk gergaji.

Secara universal nyaris sama dengan proses pembuatan media tanam jamur yang lain, ada pula tahapannya merupakan selaku berikut ini:

  • Bahan pembuatan baglog semacam bekatul serta serbuk gergaji diayak terlebih dulu.
  • Setelah itu diambil bagian yang halusnya sja, buat komposisi masing masing media tanam merupakan 70-80% serbuk gergaji, 2-5% bekatul, 1-2% kapur dana 3-5% biji biji an yang bisa berasal dari jagung, gabah ataupun pula gandum.
  • Setelahnya setelah itu diaduk serta dicampur sampai menyeluruh serta tambahkan air sampai kadaar kelembaban media menggapai 75-80%.
  • Metode sangat gampang buat mengetahuinya merupakan dengan menggenggam media, bila media tidak buyar dikala dikepal mka kandungan air telah cocok, asalkan air tidak keluar dari adonan, kebalikannya bila masih buyar mka butuh ditambahkan kembali air sedikit demi sedikit sampai kandungan air tercapai.
  • Berikutnya setelah itu masukkan media kedalam plastik baglog sampai terisi penuh serta tinggalkan 3-5 cm bagian ujung plastik.
  • Setelah itu susun rapih, serta perkenankan sampai 1×24 jam buat keesokan harinya dicoba sterilisasi.

Cara Membuat Baglog Jamur Tiram


Sterilisasi

Tahap yang wajib kamu jalani ada sterilisasi pada media tanam ataupun baglog kamu. Proses sterilisasi ini tidak memerlukan perlengkapan yang aneh kamu ckup mengukus baglog kamu pada temperatur air 90 derajat celcius.

Kamu bisa menjadikan tong/drum selaku pengukusnya, proses sterilisai lumayan memakan wakyu yang lama ialah hampir 7-9 jam, mka pastikan tungku kamu senantiasa hidup.

Baca Juga:  Cara Budidaya Jengkol Supaya Berbuah Lebat

Sehabis hampir 7-9 jam kamu bisa membuka tungku. Perkenankan bbrapa saat supaya panas baglog kamu menurun sampai nyaman buat kamu keluarkan.

Inokulasi

Inokulasi ialah tahapan yang sangat memerlukan konsetrasi serta ketepatan. Apabila terdapat kesalahan pada proses inokulasi, jamur tiram kamu dapat terkontaminasi apalagi dapat tidak berkembang sama sekali.

Apa itu Inokulasi? Inokulasi ialah proses penanaman bibit jamur ke media tanam (baglog). Buat meminimalisir kegagalan ikuti tahap-tahap inokulasi berikut:

  • Siapkan baglog ataupun media tanam yang telah disterilisasi dengan temperatur yang telah dingin.
  • Siapkan ruang spesial buat proses inokulasi, pastikan ruangan tersebut dalam kondisi yang bersih serta steril dari polusi.
  • Siapkan alkohol.
  • Siapkan bibit jamur tiram anda
Langkah Inokulasi
  • Pastikan baglog yang hendak diisi bibit jamur telah di dalam ruangan.
  • Tutup seluruh pintu ruangan setelah itu semprotkan alkohol ke segala ruangan, ini bertujuan supaya ruangan jadi steril.
  • Buka tutup baglog seperlunya setelah itu masukkan bibit jamur kamu ke dalam baglog. Kamu bisa memakai sendok buat memasukkan bibit jamur ke dalam baglog. Pastinya sendok pula yang kamu pakai wajib disterilisasi dengan metode dipanaskan ataupun dicuci dengan alkohol.
  • Upayakan bibit jamur kamu tidak terecer ke lantai sebab bibit jamur yang tercecer tersebut tidak dapat digunakan sebab telah tidak steril.
  • Pengisian bibit jamur dalam baglog umumnya 10gr/Baglog.

Inkubasi

Sehabis proses inokulasi berakhir thap berikutnya merupakan proses Inkubasi. Proses Inkubasi ini bertujuan buat meningkatkan bibit jamur pada baglog.

Proses inkubasi umumnya terletak dalam ruangan dengan temperatur 23 s/d 28 derajat celcius dengan kelembaban 90 s/d 100% serta keseriusan sinar 500 s/d 1000 lux.

Proses inkubasi ini sedikit memerlukan waktu yang lumayan lama ialah kisaran 15 s/d 30 hari sesuai keadaan.

Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa Dengan Mudah

Indikatornya merupakan kala miselium telah berkembang hampir setengah baglog, kamu bisa memindahkan baglog kamu ke dalam kumbung jamur.

Nah itulah tadi Cara Membuat Baglog Jamur Tiram dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.