Cara Membuat Bonsai Lohansung

Cara Membuat Bonsai Lohansung

Diposting pada

Cara Membuat Bonsai Lohansung – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Bonsai Lohansung.

Cara Membuat Bonsai Lohansung

Bonsai lohansung atau nama ilmiahnya Podocarpus Macrophyllus ini merupakan jenis tanaman yang unik, selain diberikan nama lohansung tumbuhan ini juga populer dengan nama Inumaki atau Kusamaki.

Tanaman lohansung memiliki arti yaitu jenis tanaman conifer yang berasal dari genus Podocarpus family yang asalnya dari Podocarpaceae, tumbuhan kusamaki berasal dari Jepang dan China Timur.

Dan untuk nama kumasaki dan juga inumaki yang digunakan untuk menyebut tanaman lohansung ini berasal dari bahasa Jepang.

Kemudian nama ini dipakai juga oleh orang Amerika dan juga Eropa yang digunakan untuk menyebut nama tanaman ini yang pada sebelumnya diberi nama Fern Pine atau Buddhist Pine, walaupun sebenarnya tanaman ini sama sekali bukan dari family pine ataupun pinus.

Dan nama lain yang juga sering digunakan untuk menyebut tanaman ini yaitu Chinese yew. Untuk negeri China sendiri, tanaman ini dinamakan luohan song, kemudian nama tersebut menjadi penyebutan di Indonesia yaitu lohansung.

Karena tanaman ini sangatlah populer di Negara Jepang, bahkan sampai dijadikan sebagai tanaman resmi di bagian daerah Chiba Prefecture, Jepang.

Ciri-Ciri Tanaman Lohansung

Tanaman lohansung memiliki ciri-ciri seperti buahnya yang dapat dimakan, batang tanamannya yang sangat tahan dari rayap dan juga air. Selain itu juga karakter pada daunnya yang kecil dan juga tebal yang membuatnya sangatlah cocok jika dijadikan sebagai bonsai.

Baca Juga:  Jenis Tanaman Hias Yang Tahan Terhadap Paparan Sinar Matahari

Cara Membuat Bonsai Lohansung

1. Menentukan Bakalan Bonsai

Untuk mendapatkan bakalan lohansung kalian bisa mendapatkannya dengan membeli ditempat yang menjual tanaman hias. Tetapi untuk di Indonesia sendiri, tanaman ini masih jarang, jadi kemungkinan akan sedikit sulit untuk mendapatkan tanaman ini.

Dengan begitu disarankan untuk memesannya langsung dari Jepang maupun China. Dan untuk jenis bakalan pohon bonsai yang bisa berumur panjang ini, bisa saja diperoleh dari percangkokan.

2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah sudah mendapatkan bakalan bonsainya, selanjutnya yaitu menyiapkan  media tanamnya. Untuk menanam bakalan bonsainya bisa menggunakan wadah seperti pot, dengan ukuran potnya kurang lebih 50 – 60 cm dengan kedalaman kurang lebih 15- 20 cm.

Selanjutnya yaitu mengisi pot tersebut menggunakan media tanam yang berupa campuran tanah humus dan kompos atau juga menambakan pupuk sangkar.

Ada baiknya jika media tanam bonsainya sudah dipersiapkan beberapa minggu sebelumnya sebelum melakukan pemindahan bakalan bonsai ke dalam pot.

Supaya kandungan tanah yang akan digunakan untuk tempat penanamannya bisa tercampur merata. Dan juga media tanamnya memiliki tekstur yang tidak terlalu gembur, sehingga bagus untuk tanaman.

3. Pemindahan Bonsai Lohansung

Selanjutnya adalah melakukan pemindahan bakalan bonsai kedalam pot, lalu letakkan tanaman ditempat yang  agak terbuka, supaya bisa mendapatkan sinar matahari.

Lakukan penyiraman dua kali sehari supaya bisa lebih cepat merangsang pertumbuhan lohansang.

4. Pembentukan Bonsai Lohansung

Jika tanaman lohansung sudah tumbuh dengan banyak cabang dan juga daunnya sudah tumbuh, maka sudah bisa melakukan pembentukan bonsai.

Caranya dengan menyiapkan beberapa kawat dengan diameter sekitar 3 mm dengan panjang 50 cm hingga 1 meter. Kemudian kawatnya dikaitkan keliru satu ujungnya pada bagian sisi pot.

Baca Juga:  Cara Budidaya Cabai Keriting Dengan Benar

Ujung yang satunya digunakan untuk melilit bagian batang maupun cabang yang akan dibentuk dengan cara melilitkan kawat tersebut.

Saat sudah terlilit dengan sempurna, selanjutnya cabang yang sudah terlilit tersebut diputar atau di bengkokkan dengan hati-hati.

Lalu pada bagian cabang yang dililit tersebut di biarkan hingga beberapa saat sampai kalian yakin cabang tersebut tidak bisa balik lagi kebentuk semula baru dilepaskan kawatnya.

5. Pemangkasan Bonsai Lohansung

Untuk proses pemangkasannya ini wajib rutin dilakukan supaya tanamannya bisa dipertahankan pada bentuk yang kecil. Karena jika dibiarkan saja akan tumbuh memanjang seperti bentuk alaminya.

Untuk mendapatkan bentuk daun atau buah tanamannya semakin kecil, maka sesekali melakukan penggundulan total pada daunnya.

Perawatan Bonsai Lohansung

1. Pemupukan

Lakukan pemupukan secara rutin supaya mendapatkan asupan nutrisi yang relative agar bisa tumbuh dengan sehat. Tetapi jangan terlalu sporadis dan jangan terlalu sering karena bisa mengganggu tanaman.

2. Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan intensitas sehari dua kali di pagi hari dan juga petang.

3. Pencegahan Hama Dan Juga Penyakit

Lakukan penyemprotan obat anti hama maupun penyakit, karena tanaman bonsai terkadang rentan dari serangan hama maupun penyakit, yang akan merusak bentuk daun maupun batang.

Namun apabila tanaman bonsai sudah terjangkit hama maupun penyakit, maka lakukan penyemprotan atau memotong serta membuang pada bagian-bagian yang terserang hama ataupun penyakit.

Nah, itulah tadi Cara Membuat Bonsai Lohansung dari Info Tanam Semoga bermanfaat.