Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa Dengan Mudah – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa Dengan Mudah.

Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa Dengan Mudah

Dengan menanam tanaman bonsai dapat membuat halaman rumah kalian menjadi lebih indah dan juga menarik. Bonsai bisa dibuat dari bermacam tanaman.

Jika kalian sedang mencari tanaman yang bisa dijadikan bonsai untuk memperindah halaman rumah, kalian bisa membuat bonsainya dari pohon asam jawa.

Pohon asam ataupun yang sering disebutnya asem jawa ini dikenal dengan pohonnya yang sangat mudah untuk dibentuk dan juga tahan terhadap pembonsaian.

Pohon yang memiliki nama latin Tamarindus indica ini adalah tumbuhan berkayu yang bisa menghasilkan buah dengan nama asem.

Jadi buat kalian yang sedang mencari tanaman yang bisa dijadikan bonsai untuk memperindah halaman rumah kalian, maka asam jawa ini bisa kalian jadikan objek yang tepat.

Untuk proses pembuatannya pun sangat mudah, bahkan bagi pemula pun pasti bisa melakukannya. Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk membuat bonsai.

Cara Menanam Biji Bonsai Asam Jawa

Bonsai pohon asem jawa adalah hasil penyemaian biji ataupun dari hasil cangkok pohon asam yang sudah besar. Bahkan bonsai asam juga bisa terbentuk dengan sendirinya.

Pada dasarnya hal yang harus diperhatikan saat akan membuat bonsai asam jawa yaitu media tanamnya.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya

Bonsai asam jawa sangatlah cocok tumbuh pada tanah yang mempunyai drainase lancer, sedikit berpasir dan berkapur.

Dan untuk cara menanam bijinya kalian bisa mengikuti tahap-tahap berikut ini.

Memilih Biji Asam

 Tahap pertama yang dilakukan yaitu pemilihan biji asam jawa yang akan ditanam.

Kalian bisa memilih biji yang sudah masak dan juga tua.

Rendam Biji Asam

Untuk merendam biji asam yang perlu disiapkan yaitu media tanam seperti baskom yang sudah diisi air. Kemudian rendam biji asam jawa selama 7 hari.

Dilakukannya perendaman ini bertujuan supaya cangkang biji asam jawa nya yang tebal dan juga keras dapat terkelupas dengan sendirinya.

Setelah cankang biji asam jawa nya terkelupas, lalu ambil bijinya kemudian rendam kembali di baskom yang sudah berisi pupuk perangsang tumbuhan.

Memilih Media Tanam

 Untuk media tanamnya kalian bisa pilih polybag maupun pot yang berisi campuran tanah dan tambahan pupuk organik.

Menanam Biji Asam

 Selanjutnya biji asam jawa yang sudah direndam tadi  bisa kalian tanam pada media tanam seperti polybag tersebut. Dan saat proses memasukkan biji kedalam media tanam jagan terlalu dalam.

Kemudian, kalian bisa menunggu biji asam jawa tersebut menjadi kecambah dan terus membesar sampai siap dijadikan bakalan bonsai.

Cara Membentuk Bonsai Asam Jawa Dan Cara Merawatnya

 Setelah bakalan bonsai asam jawa tersebut sudah tumbuh besar, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pencangkokan, bisa kalian mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Tentukan bentuk bonsai asam jawa yang ingin dibuat, seperti bentuk bonsai tegak berkelok-kelok, bonsai miring kekanan atau kekiri, bonsai sarung angina, bonsai akar terjalin, dan lainnya.
  2. Aturlah diameter pada batang bonsai, yaitu pada bagian atas berukuran kecil, dan pada bagian bawahnya berukuran lebih besar.
  3. Dahan bonsai yan berada di puncak lengkungan pada batang pohon merupakan dahan bonsai yang baik dan perlu dipertahankan. Dengan begitu, dahan yang ada di dalam lengkungan perlu kalian potong.
  4. Tarik garis lurus pada pangkal batang sampai puncak pohon, ini dilakukan untuk menentukan keseimbangan pada bentuk bonsai.
  5. Pemangkasan atau pemotongan ranting harus rutin dilakukan, agar memancing pertumbuhan pada tanaman.
  6. Lakukan penyiraman pada bonsai secara rutin, supaya tanah pada media tanam selalu lembap dalam keadaan air yang tidak tergenang.
  7. Lakukan pemupukan bonsai, bisa kalian berikan secara berkala yaitu dengan memberikan pupuk organik, seperti kandang dan kompos.
  8. Bentuk bonsai asam jawa tersebut menggunakan kawat yang dililitkan pada dahan dan juga ranting tanaman. Untuk kawatnya bisa menggunakan kawat stainless steel, kawat ini memiliki sifat yang tidak mudah putus dan berkarat.
Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Kamboja

Nah, itulah tadi Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa Dengan Mudah dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.