Cara Membuat Bonsai Sancang Dan Perawatannya

Cara Membuat Bonsai Sancang Dan Perawatannya

Diposting pada

Cara Membuat Bonsai Sancang Dan Perawatannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Bonsai Sancang Dan Perawatannya.

Cara Membuat Bonsai Sancang Dan Perawatannya

Sancang adalah salah satu tanaman liar yang mempunyai nama latin Premna Microphylla. Tanaman sancang ini memeiliki ciri-ciri seperti berikut ini. Dikalangan pencinta bonsai Sancang merupakan salah satu yang banyak digemari. Selain mudah untuk ditanam dan juga perawatanya, penampilan yang cantik juga bisa mudah didapat.

Ciri-Ciri Daun Sancang

Tanaman sancang memiliki daun yang bulat telur sederhana dan mempunyai ukuran panjang sekitar 9 cm dan lebarnya 6 cm. Dengan ukuran daun yang sekecil ini akan menambah kesan “Bonsai” pada sancang. Sehingga bisa sebagai pilihan yang tepat bagi para pebonsai untuk memilih tanaman sancang ini.

Ciri-Ciri Bunga Sancang

Selain daya tarik pada daunya yang berkesan “Bonsai”, Sancang juga akan tumbuh bunga yang sangat cantik. Tanaman sancang memiliki bunga yang kecil-kecil dan berwarna putih kekuningan.

Ciri-Ciri Buah Sancang

Tanaman sancang ini memiliki buah yang saat baru tumbuh warnanya hijau, dan ketika sudah tua warnanya berubah menjadi ungu. Bentuk dari buah sancang ini yaitu bulat kecil dan biasanya akan muncul di bulan September-Oktober.

Ciri-Ciri Tanaman Sancang Di Alam Liar

Tanaman sancang ini bisa tumbuh dengan subur di lahan yang terang ataupun teduh, dan dengan suhu 10-25 derajat Celsius. Tanaman sancang ini menyukai tanah yang berpasir dan juga lembab, tidak terlalu basah atau kering.

Baca Juga:  Cara Menanam Lavender di Indonesia Dengan Baik dan Benar

Sancang juga merupakan tanaman bonsai yang sedang populer. Dia memiliki keunikan pada daunnya yang dapat mengecil dan bisa menjadi sangat kecil saat dibandingkan dengan ukuran daun yang dilos.

Jika dibanding tanaman lain sancang merupakan tanaman yang mudah tumbuh, yaitu melalui stek batang. Sancang ini bisa tumbuh pada tempat yang lembab dan dengan penyinaran matahari penuh.

Awal mula tanaman ini asalnya dari China dan juga Jepang, namun sudah banyak dikembangbiakkan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri ada 10 spesies tanamn sancang yang bisa ditemukan pada habitat liarnya, seperti berikut ini:

  1. Premna decurrens
  2. Premna parasitica
  3. Premna pallescens
  4. Premna trichostoma
  5. Premna regularis
  6. Premna oblongata
  7. Premna fulva
  8. Premna herbacea
  9. Premna pubescens
  10. Premna serratifolia

Nah, sebelum menuju ke cara pembuatannya, kalian harus mempersiapkan alat dan juga bahannya seperti berikut ini.

Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Berikut ini merupakan beberapa alat dan juga bahan yang perlu untuk disiapkan saat membuat bonsai sancang.

  1. Golok
  2. Tali Kawat
  3. Paku
  4. Pot
  5. Plastik

Proses Pembuatan Bonsai Sancang

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat bonsai sancang.

  1. Lakukan stek terlebih dahulu pada tanaman sancang, supaya mendapatkan bahan bahan untuk membuat bonsai sancang.
  2. Siapkan media tanamnya, bisa berupa campuran humus, pasir dan pupuk kandang, atau bisa juga dengan menambahkan serbuk gergaji pada pot yang telah disiapkan. Supaya media tanamnya menjadi baik untuk ditanam, jadi terlebih dahulu didiamkan selama dua minggu sebelum melakukan penanaman. Dan jika sudah dua minggu maka kalian bisa melakukan proses penanamannya.
  3. Setelah melakukan penanaman, kalian bisa meletakkan pot atau media tanamnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Perawatan Bonsai Sancang

Untuk perawatan tanaman sancang yaitu dengan melakukan penyiraman dan memberikan pupuk kandang supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Jenis Tanaman Buah Buahan yang Cocok Untuk di Halaman

Lalu biarkan saja tanaman ini hidup dengan normal terlebih dahulu, dan saat tanaman sudah mulai muncul tunas baru, maka untuk proses pembonsaiannya sudah bisa dikerjakan.

Jika tunas baru tanaman sancangnya sudah muncul kalian bisa melilitkan batangnya dengan kawat lalu ditarik kearah bawah supaya memperoleh tanaman yang tumbuh dengan tidak normal.

Selanjutnya lakukan pemangkasan atau pruning pada tanaman ketika tanaman bonsai sancangnya sudah tumbuh besar.

Nah, itulah tadi Cara Membuat Bonsai Sancang Dan Perawatannya dari Info Tanam. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.