Cara Menanam Anggur Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Anggur Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Anggur Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam binahong dengan baik dan benar.

Cara Menanam Anggur

Anggur merupakan salah satu tanaman buah yang tumbuh subur pada tanaman merambat berbentuk semak. Cara menanam anggur biasanya di ladang yang tertutup tiang. Buah ini memiliki rasa yang sangat enak dan banyak kelebihan. Ada banyak jenis anggur, termasuk anggur merah, hijau, merah muda, hitam dan kuning.

Anggur bisa dimakan dengan cara dibuat agar-agar, dibuat jus atau bisa dimakan langsung. Manfaat Anggur mengandung senyawa polifenol dan resveratrol yang aktif dalam metabolisme tubuh yang dapat mencegah pembentukan sel kanker.

Banyaknya peminat yang membuat anggur untuk dijual dengan harga yang lumayan mahal. Oleh karena itu, banyak petani yang tertarik menanam anggur karena memiliki peluang bisnis yang menjanjikan.

Banyak petani mencoba menanam anggur, tetapi hanya sedikit yang berhasil. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan tentang pemeliharaan anggur. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam anggur yang baik agar dapat menghasilkan buah yang berkualitas.

Syarat Tumbuh

  1. Anggur harus ditanam pada tempat terbuka dan terpapar langsung oleh sinar matahari. Untuk tanaman anggur kurang lebih 8 jam harus terpapar sinar matahari.
  2. Temperatur suhu pula perlu di perhatikan agar tidak terlalu panas dan terlalu dingin. Buah anggur bisa tumbuh pada suhu 15 – 35° C.
  3. Buah anggur dapat tumbuh pada ketinggian 1.000 mdpl
Baca Juga:  Cara Budidaya Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah

Pemilihan Bibit Tanaman Buah Anggur

Langkah berikutnya adalah pemilihan bibit, untuk pemilihan bibit utamakan menggunakan bibit yang berkualitas. Pada bibit anggur yang berkualitas mempunyai banyak sifat yang tidak banyak dimiliki buah anggur pada umunya. Pemilihan benih juga mempengaruhi hasil buah anggur tersebut. Berikut adalah karakteristik dari bibit anggur yang berkualitas tinggi.

  1. Mempunyai 3 ruas pada bagian batang yang panjangnya berkisar 25 – 30 cm.
  2. Batang bibit berbentuk bulat dengan ukuran 1 cm.
  3. Memiliki kulit berwarna coklat, jadi pada bagian bawah kulit nya memiliki warna hijau, tak ada bintik hitam dan tidak mengandung uap air.
  4. Tunas bibit terliat besar, padat dan kuat
  5. Pilih bibit anggur yang telah berumur 5 bulan serta memiliki 3 – 4 helai daun

Penyemaian Bibit Tanaman Buah Anggur

Langkah berikutnya dalah penyemaian, penyamaian dilakukan bertuajuan agar memudahkan pemantauan bibit anggur dan akan mendapatkan supan nutrisi yang cukup dan tidak berlebihan sehingga dapat mempercepat pertumbuah dari buah anggur sendiri.

Mempersiapkan Lahan Tanam Budidaya Anggur

Bila bibit yang ditanam sudah bertunas dan berakar, langkah selanjutnya adalah menyiapkan area tanam sebagai media tanam bibit anggur. Untuk menanam tanah bisa langsung ditanam di bawah tanah, atau bisa juga menggunakan kantong plastik atau pot bunga berukuran besar.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menyiapkan areal penanaman anggur yang baik, yaitu:

  1. Kendurkan tanah yang ingin Anda gunakan dengan cara mengolah atau merumput. Penyiangan untuk menghilangkan hama, seperti gulma dan gulma di lokasi penanaman.
  2. Jika pH tanah lebih rendah dari 5 (asam), gunakan kapur pertanian dengan dolomit.
  3. Letakkan bedengan pada areal tanam dengan tinggi 50 cm dan lebar 150 cm, dan sesuaikan dengan panjang areal tanam.
  4. Sisakan ruang di antara bedengan agar bisa digunakan sebagai saluran pembuangan saat hujan, dengan jarak sekitar 100 cm.
  5. Setelah bedengan, buat lagi lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm.
  6. Setelah semuanya siap, biarkan area tanam sekitar 2 minggu agar terpapar sinar matahari.
  7. Setelah 2 minggu, langkah selanjutnya adalah mengisi lubang tanam dengan campuran pupuk, tanah dan pasir dengan perbandingan 2: 1: 1, dan tanam anggur di bedengan.
Baca Juga:  Cara Menanam Paprika Dengan Baik dan Benar

Proses Penanaman Anggur

Langkah selanjutnya adalah proses penanaman bibit, pastikan bibit berumur 2 bulan setelah mulai tanam. Jika bibit memiliki 2 sampai 3 daun dan sistem perakarannya kuat, maka dapat dipindahkan ke areal tanam.

Setelah ciri-ciri yang sudah jadi ini tercapai, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan benih ke dalam lubang dan kemudian menutupinya dengan campuran tanah dan sedikit pupuk. Kemudian tutup lubangnya dengan rapat.
Ingat, tanaman merambat adalah sejenis keluarga anggur. Oleh karena itu, siapkan titik rambat dengan panjang 2 meter.

Perawatan dan Pemeliharaan

  • Penyiangan, penyaiangan dilakakuakan dengan membersihkan gulma dan hama lainnya yang berada pada tanaman anggur.
  • Lakukan pemup[ukan pada 0 sampai satu tahun. Pada umur 3 bualan tanaman anggur di beri pupuk urea dengan dosis 10 gram selama 10 hari. Pada usia beri pupuk denagan dosis 15 gram selama 15 hari. Pada usia 1 tahun berikan pupuk dengan dosis 50 gram, dan apabila sudah 1 tahun lebih naikan dosisnya menjadi 80 gram.
  • Jangan lupa lakukan penyisaraman pada tanaman anggur. Lakukan penyiraman secara rutin dari pagi dan sore hari terutama pada saat musim kemarau.

Cara Menanam Anggur Dengan Baik dan Benar

Panen Anggur

Ciri buah anggur yang sudah siap dipanen adalah pada saat buah nya sudah mulai lunak dan memiliki warna mereata dalam satu buah. Lakuakan pemanenan pada pagi hari lalu masukkan dalam keranjang. Hindari penumpuka buah anggur yang banyak agar buah tidak rusak.

Nah itulah tadi Cara Menanam Anggur Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.