Cara Menanam Bunga Kertas
Cara Menanam Bunga Kertas

Cara Menanam Bunga Kertas

Diposting pada

Cara Menanam Bunga Kertas – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Kertas.


Cara Menanam Bunga Kertas


Bunga kertas ataupun bougenville biasa berkembang di wilayah tropis. Budidaya bunga ini lumayan gampang buat dicoba ialah ditanam dengan metode distek serta dengan metode sambung putus.

Bougenville diketahui dengan nama bunga kertas sebab daun bunganya yang begitu tipis semacam kertas.

Corak bunga ini sangat bermacam-macam antara lain merah cerah, merah pucat, orange, putih, ungu, serta masih banyak lagi.

Sebab keelokan rupanya maka bunga kertas ini kerap digunakan buat bermacam keperluan manusia semacam hiasan rambut, dicampurkan dengan air buat keperluan mandi bunga ataupun spa.

Tetapi, pula dapat digunakan buat kegiatan duka semacam upacara pemakaman orang India serta Tiongkok.

Bunga kertas pada biasanya berakar tunggang yang berkembang vertikal, berserabut, serta terdapat pangkal cabang yang berkembang rimbun dengan kedalaman hampir 50-80 centimeter.

Tumbuhan ini tercantum tipe tumbuhan perdu tegak yang bisa berkembang lurus sampai tingginya menggapai 2-4 m.

Batang bunga kertas bertekstur semacam kayu, bercorak coklat serta bundar dengan duri-duri kecil. Percabangan tumbuhan bunga kertas merupakan monopodial.

Tepi daunnya menyeluruh dengan tulang menyirip 3 sampai lebih dari 5. Rupanya kehijauan muda sampai tua.

Bunga kertas mempunyai tekstur mahkota bunga berbentuk lembaran kertas yang tipis tetapi kaku.

Kemudian, tipe bunganya merupakan kelopak majemuk dimana wujudnya semacam payung bersusun-susun serta timbul di bagian ketiak daun.

Tenda bunga kertas wujudnya semacam tabung segi 5, berambut, bercorak hijau serta panjangnya 1,5-2,5 centimeter. Bunga kertas tercipta dari 1-7 anak payung bertangkai yang umumnya terdiri dari 3 bunga.

Baca Juga:  6 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil

Bunga kertas merupakan jenis bunga yang cuma dapat ditanam pada media tanah yang produktif dan mempunyai pH wajar serta faktor hara yang baik buat perkembangan tumbuhan bunga kertas.

Bila Kamu tertarik buat menanam bunga kertas ini maka Kamu wajib mencermati sebagian metode menanam bunga kertas berikut ini supaya tumbuhan Kamu berbunga rimbun serta cepat.


Jenis Bunga Kertas

Terdapat sebagian tipe bunga kertas yang dapat kita jumpai di Indonesia. Bunga-bunga kertas tersebut merupakan:

Bunga kertas lekuk ataupun Zinnia Angustifolia

Bunga tipe ini mempunyai wujud daun yang melekuk sehingga diucap dengan bunga kertas lekuk.

Tumbuhan yang satu ini mempunyai karakteristik yang berbentuk semak dengan batangnya yang bercorak hijau, bagian atas yang berambut, mempunyai banyak cabang dengan besar 0,2 sampai 0,7 meter.

Setelah itu bunga ini pula mempunyai daun yang berupa lonjok, meliuk bercorak hijau serta duduk pada batangnya, serta ujungnya yang lancip, tipis serta agak kaku.

Serta buat bunganya, bunga kertas lekuk cenderung keluar dari cabang batang dengan wujud bundar berdiameter 3 sampai 5 centimeter serta tersusun dalam beberapa lembar mahkota dengan corak putih kekuningan, kemudian putih sampai jingga.

Bunga kertas menawan ataupun Zinnia Elegans

Dikatakan bunga kertas menawan sebab bunga kertas tipe ini ialah bunga kertas sangat menawan diantara tipe yang lain.

Ciri-cirinya, batang bunga yang tegak, bercorak hijau serta banyak cabang dengan pangkal yang ada rambut-rambut putih yang halus.

Daun tumbuhan ini bercorak hijau dengan wujud oval serta ujungnya yang lancip. Daun bunga ini tidak mempunyai tangkai sehingga dia menempel pada batang.

Buat bunganya, bunga ini berupa bundar dengan daun mahkota yang tersusun melingkar serta mahkota bunga yang bercorak kuning, merah muda, merah, putih, jingga serta ungu kemerahan.

Bunga kertas garis ataupun Zinnia Linearis

Dinamakan demikian sebab bunga kertas tipe ini mempunyai daun yang membentuk garis. Bunga ini berbentuk semak dengan batang yang tipis tetapi tegak, mempunyai cabang banyak serta besar yang menggapai 0,6 m.

Baca Juga:  Jenis Tanaman Buah Buahan yang Cocok Untuk di Halaman

Daunnya membentuk garis dengan ujungnya yang lancip. Bunganya berupa bundar yang mempunyai mahkota bercorak jingga.

Cara Menanam Bunga Kertas


Metode Menanam Bunga Kertas supaya cepat berkembang (Bougenville)

Perbanyakan tanaman bougenville dapat dicoba dengan setek batang, okulasi, cangkok, ataupun biji. Metode menanam bunga kertas yang bermacam-macam mempermudah kita buat menanamnya.

Tumbuhan hias Bougenville dirawat dengan disiram air yang lumayan, dilindungi kelembapan tanahnya, serta dipupuk dengan pupuk organik.

Media tanam bunga kertas ialah kombinasi tanah kebun, pasir, serta pupuk kandang.

Proses Pembenihan

Perihal awal yang butuh kalian persiapkan dikala menanam tumbuhan hias bougenville ialah mempersiapkan benih. Benih yang baik serta bermutu bisa didapatkan dari indukan yang bermutu pula.

Kalian hendaknya memilih indukan yang sudah tua serta matang, setelah itu dicoba pemotongan bunga serta dijemur ke tempat yang panas. Setelah itu pisahkan biji dari bunga buat dijadikan benih.

Proses Penyemaian

Setelah biji dari bunga didapatkan serta telah kering dengan sempurna, kalian bisa melanjutkan pada proses penyemaian.

Proses penyemaian dicoba pada media yang dibuat dari kombinasi tanah, kompos, serta pasir yang balance.

Proses penyemaian benih pada media berjalan sepanjang 3 hingga 7 hari hingga benih berkembang serta memiliki daun.

Proses Penanaman Setelah benih lewat proses penyemaian serta berkembang jadi bibit bunga kertas, kalian dapat memindahkannya ke media tanam yang lebih besar.

Proses Pemindahan Bibit

Kalian bisa memakai media tanam pot ataupun langsung ditanam di halaman ataupun pekarangan rumah.

Pada waktu proses pemindahan bibit kalian perlu melaksanakannya secara hati-hati, jangan sampai mengganggu pangkal yang ada pada bibit yang dapat mengusik perkembangan bunga.

Media tanam bunga kertas dapat berasal dari kombinasi tanah, pupuk, kompos, serta pasir dengan perbandingan 1:1:1, ataupun sama rata.

Baca Juga:  Manfaat Seledri: Tanaman penyedap dengan seribu khasiat

Metode menjaga bunga kertas supaya kilat berbunga( bougenville)

Terdapat sebagian kondisi yang wajib dicermati kala menjaga tumbuhan ini. Biar bisa hidup tahan lama serta cepat berbunga kalian butuh mengenali metode merawat bunga kertas yang benar.

Berikut sebagian panduan menjaga bunga bougenville:

  • Setelah lewat proses penanaman, aksi selanjutnya yang butuh dicoba ialah perawatan buat menunjang pertumbuhannya. Sama semacam tumbuhan lain, tumbuhan hias bunga kertas memerlukan konsumsi air yang lumayan. Oleh itu jalani penyiraman secara tertib masing-masing hari dikala pagi serta sore hari. Jangan sampai lupa pula jalani pemberian pupuk tiap 2 minggu sekali, serta jangan hingga lupa potong tangkai yang mati serta mengganggu
  • Pembungaan pada bougenville bisa dirangsang dengan mengendalikan pemberian air. Perkenankan tumbuhan bougenville hidup tanpa diberi air sepanjang sebagian hari hingga daun-daunnya mulai gugur. Kemudian berikan air dalam jumlah kelewatan maka tanah jadi jenuh. Pergantian tiba-tiba itu hendak menciptakan kuncup bunga di seluruh cabangnya.
  • Bougenville memerlukan pemangkasan tertib buat mempertahankan wujud yang menawan. Bougenville dapat timbul dalam corak merah, pink, orange, putih, biru, ungu serta kuning.
  • Penampilan bougenville gampang dikreasikan dengan metode okulasi dengan melekatkan sebagian tunas pada satu tumbuhan induk. Sehingga dapat ditemukan beberapa tipe bunga dalam satu tumbuhan.
  • Jarum bougenville sedikit memiliki toksin. Apabila bagian badan kita tergores olehnya, maka hendak terasa pegal di dekat kulit yang terluka sepanjang beberapa waktu tetapi rasa pegal itu hendak lenyap dengan sendirinya.

Nah itulah tadi Cara Menanam Bunga Kertas dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.