Bunga Sedap Malam

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Diposting pada

Cara Menanam Bunga Sedap Malam – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bunga Sedap Malam.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam ini mempunyai kelopak  yang warnanya putih dan ungu serta mempunyai aroma yang harum. Bunga sedap malam merupakan bunga yang berasal dari meksiko dan nama latin dari bunga sedap mala mini yaitu Polianthes tuberosa.

Kelopak bunga dan juga aroma harum dari bunga sedap malam ini hanya akan muncul pada malam hari saja, hal tersebutlah yang menjadi asal muasal dari penanaman sedap malam.

Nah, apakah kalian tertarik untuk membudidaya bunga sedap malam tersebut? Berikut ini cara menanam bunga sedap malam.

Sebelum lanjut ke cara penanamannya, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuhnya bunga sedap malam.

Syarat Tumbuh Bunga Sedap Malam

  1. Paling baik jika bunga sedap mala mini tumbuh pada dataran rendah, yaitu pada ketinggian 600-1500 meter dari permukaan laut.
  2. Gunakanlah tanah dengan pH sekitar 5-5,7.
  3. Suhu udara yang baik untuk bunga sedap mala mini yaitu 13-27 derajat celcius.
  4. Curah hujan yang baik untuk bunga sedap mala mini yaitu 1900-2500 mm/tahun.
  5. Gunakan tanah yang gembur dan banyak mengandung humus.
  6. Untuk membudidaya bunga sedap malam berikanlah sistem drainase yang baik.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

1. Menyiapkan Bibit Bunga Sedap Malam

Untuk memulai proses budidaya bunga sedap mala mini, disarankan untuk menggunakan bibit yang berupa umbi. Dengan begitu maka akan menghasilkan tanaman bunga sedap malam yang lebih rimbun.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Melati

Umbi terbaik yaitu yang asalnya dari pohon bunga sedap malam yang sudah berusia 1,5 tahun. Potonglah umbi pohon bunga sedap malam yaitu dengan ukuran 1-2 cm, kemudian bersihkan akar yang mengelilinginya.

Pastikan selama prosesnya kalian tidak menggores permukaan pada umbi sedikitpun. Selanjutnya yaitu keringkan umbinnya di bawah cahaya matahari selama 3-4 minggu. Dan jika sudah kering, simpanlah selama 1 bulan penuh sebelum kalian gunakan.

2. Mempersiapkan Media Tanam Untuk Bunga Sedap Malam

Jika bibit dari bunga sedap malam sudah siap untuk digunakan, maka selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu menyiapkan media tanamnya. Untuk media tanamnya yaitu berupa campuran tanah, arang sekam, dan juga pupuk dengan perbandingannya yaitu 1:1:1.

Jika sudah dicampur dengan rata, lalu kalian masukkan campuran tersebut ke dalam wadah tanam. Untuk penanaman awal sebelum dipindahkan ke pot hias atau pekarangan, kalian bisa menggunakan polybag.

Pastikan juga pada bagian bawahnya sudah di lubangi kecil-kecil, yaitu sebagai drainase. Walaupun karakter dari bunga sedap mala mini tangguh, tetapi jika akarnya terlalu lama terendam air maka dapat membusuk.

3. Penanaman Bunga Sedap Malam

Pada media tanamnya untuk satu polybag buat satu lubang dengan kedalaman kurang lebih 5 cm. Selanjutnya masukkan umbinya, tutup dengan tanah, lalu siram dengan air secukupnya.

Selanjutnya letakkan media tanamnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, lalu lakukan penyiraman secara teratur sampai bertunas. Jika sudah berumur sekitar 3-4 minggu, maka kalian dapat memindahkan tanamannya ke dalam pot atau pekarangan.

4. Pemeliharaan Bunga Sedap Malam

Pada saat awal proses pertumbuhan, bunga sedap malam membutuhkan banyak air. Maka lakukanlah penyiraman dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan juga sore hari.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya

Seiring dengan pertumbuhan bunga sedap mala mini, kalian dapat mengurangi intensitas penyiramannya menjadi satu kali dalam sehari. Untuk tahap pemupukannya kalian lakukan ketika bunga sedap malam sudah memasuki usia enam bulan.

Kalian bisa gunakan campuran buatan yaitu seperti pupuk TSP dan juga urea yang perbandingannya 1:1. Lakukan sekali dalam satu sampai dua minggu supaya tanaman bunga sedap malam bisa tumbuh dengan sehat.

Pastikan untuk selalu menyiangi tanah pada sekitarnya supaya tidak ada gulma yang akan mengganggu pertumbuhan pada bunga.

5. Waktu Mekar Atau Panen Bunga Sedap Malam

Jika tanaman bunga sedap mala mini ditanam pada lingkungan yang ideal maka dalam waktu 7 sampai 8 bulan bunga sedap malam sudah berbunga. Bahkan bisa lebih cepat jika tanamannya tumbuh dengan baik.

Kuntum bunganya akan bermunculan dari batang bunga sedap malam yang kokoh dan juga menyebarkan aroma yang harum.

Jika kalian ingin memanennya, kalian bisa memisahkan tangkai bunganya dari rumpun tanaman yaitu dengan cara dipotong. Pastikan untuk tidak merusak akar saat melakukan proses ini, supaya bunga bisa tumbuh kembali.

Nah, itulah tadi Cara Menanam Bunga Sedap Malam dari Info Tanam. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.