Cara Menanam Cabai Rawit Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Cabai Rawit Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Cabai Rawit Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara menanam cabai rawit dengan baik dengan bernar.

Cara Menanam Cabe Rawit

Cabai merupakan salah satu bumbu masak yang selalu tersedia di hampir semua masakan Indonesia. Tak hanya itu, cabai merupakan bahan utama pembuatan sambal yang merupakan menu wajib di meja makan. Hal tersebut tidak lepas dari kenyataan bahwa masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas.

Tak heran jika harga cabai naik maka akan terjadi keributan di masyarakat. Tak hanya membeli langsung pada penjual sayur, Anda juga dapat menanam cabai sendiri di rumah. Cara menanam cabai rawit di pekarangan dalam pot tidaklah sulit. Selain menghemat biaya, menanam cabai rawit di kebun Anda dengan pot ini juga bisa dijadikan hobi untuk mengisi waktu luang.

Pengelolaan Lahan Tanam

  1. Mengolah tanah dengan membuat lubang sekitar 50 cm², proses ini dilakukan karena tanah di pekarangan rumah biasanya tidak humus atau gembur. Namun jika tanah di taman Anda gembur atau subur, buat saja lubang sekitar 10 cm².
  2.  Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang yang telah dibuat yang cukup sesuai dengan ukuran lubang yang dibuat.
  3. Tutupi lubang kembali dengan tanah setebal 5 cm.

Penyemaian

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan saat penyemaian adalah menyiapkan polybag atau bibit terlebih dahulu. Polybag atau pot benih ini cocok sebagai media penyemaian.
  2. Siram benih terlebih dahulu agar tanah menjadi lembab atau basah.
  3. Masukkan benih cabai ke dalam pot semai yang sudah disiapkan.
  4. Tutupi pot benih dengan daun atau gunakan mulsa plastik. Penutupan membutuhkan waktu sekitar 1 minggu, kemudian bibit cabai mulai tumbuh.
  5. Setelah benih cabai mulai tumbuh, lakukan penyiraman setiap hari hingga benih cabai dapat ditanam. Bibit cabai sudah bisa ditanam mulai umur minimal 1 bulan.
Baca Juga:  Cara Menanam Durian Bawor Dengan Baik dan Benar

Proses Penanaman

  1. Sebelum proses penanaman dilakukan, langkah pertama yang dilakukan adalah menyiram tanah yang diolah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Penyiraman dilakukan pada tanah biasa dan dapat dipastikan air akan merembes ke dalam tanah.
  2. Buat lubang kecil di tanah untuk media tanam.
  3. Pertama, buka dan keluarkan plastik yang ada di pot semai, lalu tanam benih dan pastikan benih benar-benar tegak.

Perawatan dan Pemeliharaan

Salah satu hal terpenting dalam menanam cabai rawit di halaman rumah anda adalah perawatannya karena jika anda melakukan perawatan pada tanaman cabai rawit anda maka pertumbuhannya akan lebih optimal dan hasil panen akan melimpah, berikut pengobatan cabai rawit:

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin pada tanaman cabai rawit terutama pada musim kemarau dan pada awal masa tanam, jika ditanam pada musim hujan penyiraman dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

  • Pemupukan

Untuk menyuburkan tanaman cabai rawit dan juga memberikan nutrisi tambahan bagi tanaman cabai rawit diperlukan pemupukan. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik karena lebih alami.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang biasanya menyerang tanaman cabai seperti tungau merah, kutu daun dan kutu. Lakukan pemberantasan secara manual yaitu dengan memotong dan membuang cabai yang terserang, namun jika sudah parah maka penyemprotan dengan pestisida dan fungisida bisa dilakukan.

Cara Menanam Cabai Rawit Dengan Baik dan Benar

Proses Pemanenan

Langkah terakhir dalam menanam cabai rawit di pekarangan adalah memanen. Biasanya tanaman cabai rawit sudah bisa dipanen saat berumur 2,5 hingga 3 bulan setelah tanam. Panen pada pagi dan sore hari.

Nah itulah tadi Cara Menanam Cabai Rawit Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.