Cara Menanam Ciplukan Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Ciplukan Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Ciplukan Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam ciplukan dengan baik dan benar.

Cara Menanam Ciplukan

Tahukah Anda apa tanaman ciplukan itu? Ciplukan adalah salah satu nama tumbuhan yang tumbuh secara liar di sawah atau di pekarangan rumah. Ciplukan saat ini sangat populer dikalangan masyarakat karena telah diketahui bahwa ciplukan mengandung bahan yang menunjang kesehatan.

Beberapa khasiat buah melon adalah pengobatan paru-paru basah diabetik, epilepsi, radang tenggorokan, dan pencegahan limfadenopati.

Tumbuhan ini pada awalnya hanya dianggap sebagai tumbuhan liar, namun kini sering digunakan sebagai tumbuhan obat yang bernilai ekonomis. Inilah sebabnya mengapa banyak orang menanam cattails.

Selain itu, menanam dan membudidayakan ciplukan tidaklah terlalu sulit, karena tanaman ini dapat anda tanam sendiri dengan mudah. Namun, jika menginginkan efek yang maksimal, Anda harus berhati-hati. Dibawah ini penjelasan cara menanam ciplukan dan cara merawatnya dengan baik.

Syarat Tumbuh

  1. Tanahnya mengandung nutrisi untuk tumbuhan
  2. Tanamannya tepapar langsung oleh sinar matahari
  3. Tingkat kesaman tanah (ph) berkisar 5,5 – 6,8
  4. Mempunyai kadar air yang cukup
  5. Buah ciplukan sendiri dapat tumbuh subur di tanah yang gembur

Persiapan lahan Tanam

Sebelum masuk kedalam proses penanaman kita persiapkan dahulu untuk lahan tanamnya. Tanah yang digunakan untuk menanam buah ciplikan harus memiliki ph berkisar 5,5 – 6,8. Lahan tersebut juga harus terpapar langsung sinar matahari minimal selama 8 jam.

Apabila tanah yang digunakan untuk lahan telah ditentukan langkah selanjutnya adalah penggemburan tanah. Tanah dapat di gemburkan dengan menggunakan alat cangkul maupun mengguknakan bajak. Selanjutnya buat bedenagan dengan krtinggian berkisar 10 – 20 cm.

Baca Juga:  Tanaman Hias Yang Mudah Untuk Ditanam Dan Juga Cepat Tumbuh

Apabila semua telah dilakukan langkah selanjutnya adalah pemupukan. Lakukan pemupukan awal dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik. Pemupukan dapat dilakukan pada barisan tanah yang memanjang di tengah bedenan atau bisa juga pemupukan dilakukan didalamnya dengan menabur pupuk dengan merata.

Persiapan Bibit Ciplukan

  1. Benih ciplukan ini berasal dari buah – buahan yang telah berumur sekitar 2,5 bulan
  2. Buah yang digunakan adalah buah yang sudah matang atau sudah tua. Ciri dari buah yang sudah matang / tua adalah apabila buahnya di pencet menggunakan jari bijinya akan keluar.
  3. Biji tersebut lah yang digunakan dan sudah siap untuk di semai

Proses Penanaman

  1. Buat lubang pada tanah untuk menanam buah ciplukan. Buat lubang dengan jarak 45 – 55 cm. Sesuaikan lubang tersebut dengan ukuran polybag.
  2. Sebelumya lakukan penyiraman terlebih dahulu agar tanahnya lembab. Siram juga tanaman yang berada di polybag, sebelum tanaman dimasukan kedalam tanah.
  3. Alangkah baiknya lakukan penanaman pada sore hari agar terhindar dari tanaman layu atau pun bisa saja mati karena terpapar sinar matahari pada siang hari.
  4. Lakukan penanaman ciplukan sekaligus agar tanaman dapat tumbuh merata.
    5. Apabila terdapat benih yang mati dalam lima hari pertama anda dapet melakukan penggantian pada benih itu

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk proses perawatan dari buah ciplukan ini tidaklah begitu sulit, perawatan yang dilakukan sama halnya dengan perawatan pada tanaman lainya yaitu:

  • Lakukan penyiraman dengan rutin pada minggu pertaman. Penyiraman dapat dilakukan pada pagi atau sore hari.
  • Lakuan pemupukan susulan setiap dua minggu sekali. Pemupukan dapat mengguankan pupuk organik atau pupuk kandang seperti pupuk Npk.
  • Langkah selajutnya yait lakukan penyulaman, penyulaman dilakukanpada tanaman yang abnormal atau pada tanaman yang kering. Dalam penyulaman alangkah baiknya dilakuakan sesegera mungkin agar tanaman dapat tumbuh dengan merata.
Baca Juga:  Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

Cara Menanam Ciplukan Dengan Baik dan Benar

Proses Panen

Pada buah ciplukan yang berkualiatas dalam satu pohon akan menghasilkan 350 buah dan bisa di panen dua minggu sekali. Dalam pemanenan alangkah baiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

Nah itulah tadi Cara Menanam Ciplukan Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.