Cara Menanam dan Merawat Red Sumatra Si Ratu Daun
Red Sumatra

Cara Menanam dan Merawat Red Sumatra Si Ratu Daun

Diposting pada

Cara Menanam dan Merawat Red Sumatra Si Ratu Daun-Untuk saat ini nama tanaman Red Sumatra cukup lah beken dikalangan para pencinta tanaman hias. Pasalnya tumbuhan yang berasal dari keluarga Algonema yakni jenis Algonema Red mempunyai warna merah menyala nan cantik. Selain itu disaat mulai diterapkanya status WFH atau Work Form Home diberbagai daerah akibat pandemi Covid-19. Banyak diantara kita yang mengisi waktu luang dan mengusir kebosenannya dengan berkebun. Diantaranya ya dengan menambah koleksi tanaman hias.

Diantara kita mungkin banyak yang belum tahu bagaimana sih Red Sumatra ini bisa di biakkan? Lalu bagaimana cara memberikan perawatan yang baik untuk si Ratu Daun ini? Berikut Info Tanam akan mengulas Cara Menanam dan Merawat Red Sumatra Si Ratu Daun

Cara Menanam dan Merawat Red Sumatra Si Ratu Daun
Red Sumatra

Cara Pengembang biakkan Red Sumatra

Sebetulnya tidaklah terlalu sulit mengembang biakkan Red Sumatra ini. Karna pada dasarnya tanaman jenis Algonema ini mampu berkembang biak dengan sendirnya, yakni akan tumbuh anakan atau tunas baru pada bagian bawah batang atau akar. Namun untuk lebih mempercepat perkembang biakanya maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut cara-cara mengembang biakan atau menanam tanaman Red Sumatra.

Menanam Red Sumatra Dengan Pemisahan Anakanya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. Red Sumatra mampu berkembang biak dengan cara tumbuh anakan atau tunas baru pada bagian bawah batang atau akar. Untuk dapat memindahkan anakannya pada media tanam atau pot lain. Maka anakan yang mempunyai daun yang sudah berkembang dan tidak tergulung adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga:  Cara Membudidaya Tanaman Vanili Dengan Mudah

Tetapi sebelum melakukan pemtongan atau pengambilan anakan perhatikan dan pastikan indukan sudah mempunyai akar yang kuat dan sehat. Akar yang sehat bisa ditandai dengan akar yang berwarna putih dan gemuk. Lalu setelah pemotongan anakan dilakukan usahakan dilakukan pemangkasan pada indukan sehingga hanya tersisa satu daun saja. Itu akan merangsang tumbuhnya tunas-tunas atau anakan yang baru.

Menanam Red Sumatra Dengan Biji

Red Sumatra juga bisa ditanam dengan melakukan penyemaian dari bijinya. Tentunya akan lebih baik jika biji berasal dari tanaman indukan yang sudah cukup berumur. Rendam biji Red Sumatra sekira 2 sampai 3 jam untuk mempercepat tumbuhnya kecambah.

Menanam Red Sumatra Dengan Pucuknya

Ambilah pucuk tanaman Red Sumatra dengan cara memotongnya. Sisakan sekira 5 daun agar indukan tetap hidup dengan baik. Carilah tanah liat dan bungkus batangnya dengan tanah liat tersebut. Diamkan hingga tumbuh akar lalu pindahkan pada media tanam baru.

Red
Contoh

Kelemahan dan sekaligus kelebihan menanam menggunakan pucuk ini adalah akan menjadikan indukan bercabang. Sehingga kurang indah dipandang jika dijadikan tanaman hias dirumah sekaligus indukan. Tetapi akan beda cerita jika dikhususkan menjadi indukan saja, maka akan menghasilkan pucuk yang banyak untuk ditanam Kembali.

Menanam Red Sumatra Dengan Cangkok Batang

Cara ini cukup mudah dilakukan. Dan juga akan menghasilkan bibit baru dengan cepat. Untuk mencangkok batang, pilihlah tanaman Red Sumatra yang sudah cukup tua sehingga mempunyai batang yang kokoh. Batang yang kokoh adalah batang yang sudah berwarna coklat yang sudah tidak ditumbuhi daun lagi (sudah gugur).

Jika indukan sudah tersedia. Kelupaslah sedikit batangnya lalu lapislah dengan campuran tanah sekam, pasir malang, humus, dan pakis. Dengan kombinasi pencampuran 1:5:2:2 dan bungkus menggunakan plastik. Jangan lupa memberikan lubang-lubang pada plastik sebagai sirkulasi udara dan pengakaran. Semprotlah plastik pembungkus dengan air 2 kali sehari. Jika berhasil, maka tanaman bau akan bisa dipindahkan pada umur 3 sampai 4 minggu.

Merawat Red Sumatra

Apapun tanamannya jika itu jenis tanaman hias, maka cara merawatnya sedikit khususon sepertinya. Kenapa dikatakan khususon? Karna tanaman hias adalah tanaman yang dinikmati oleh para penikmatnya itu adalah keindahannya. Jika kita disamakan cara merawatnya dengan tanaman yang lain, alih-alih menjadi indah malah menjadi hilang keindahannya karna salah dalam merawatnya. Untuk menghasilkan tanaman Red Sumatra yang akan terlihat indah berikut caranya:

Baca Juga:  Bunga Airmata Pengantin

Media Tanam Red Sumatra Yang Bagus

Bagaimana akan tumbuh dengan baik dan menjadi seperti yang kita mau jika media tanamnya saja tidak bagus. Media tanam ini merupakan factor pertama yang sangat penting untuk menjadikan tanaman Red Sumatra tumbuh baik dan menjadi indah sperti yang kita inginkan.

Media tanam yang baik yaitu mempunyai tingkat keasaman (pH) netral antara 6-7. Temen-temen gunakan campuran humus daun dan pasir dengan perbandingan 3:1. Sebelumnya masukan pecahan batu bata atau genting pada dasar pot. Lalu masukan campuran humus tadi pada pot sampai ¾ bagian.

Penyiraman Red Sumatra

Dalam melakukan penyiraman jangan terlalu sering ya. Cukup sehari sekali saja, itupun memperhatikan kelembaban media tanamnya ya. Jika sekira media tanamnya masih cukup basah sebaiknya dapat ditunda penyiramannya. Karna jika media tanam terlalu basah bisa menyebabkan pembusukan pada akar.

Penempatan Red Sumatra

Penempatan tanaman Red Sumatra selain memperhatikan asupan sinar matahari dan terjangan air hujan secara langsung adalah gangguan dari tangan jahil manusia dan binatang. Lebih baik ditempatkan pada tempat khusus yang memang tidak menjadi tempat sembarang orang dan binatang bisa menjangkau. Selain Red Sumatra mempunyai harga jual yang tinngi sehingga rawan pencurian. Gangguan dari binatang pun harus diperhatikan. Jangan sampai usaha kita dalam merawat bukannya mendapat hasil yang memuaskan malah rusak akibat binatang atau dicuri oleh orang-orang yang baik hati, menyakitkan bukan? Hehehe. Jika penyimpanan berada didalam rumah sebaiknya sesekali jemurlah Red Sumatra temen-temen supaya asupan akan sinar mataharinya terpenuhi.

Pemupukan Red Sumatra

Untuk pemupukan dapat dilakukan tiga bulan sekali. Untuk pemupukan yang alami bisa menggunakan air bekas cuican beras. Siramkan pada media tanamnya ya, bukan pada daun atau batangnya.

Baca Juga:  Cara Budidaya Kelapa Sawit Dengan Baik dan Benar

Perawatan Daun Red Sumatra

Nah pada bagian ini adalah bagian merawat untuk sebuah keindahan si Red Sumatra sang Ratu Daun ini. Untuk mendapatkan sebuah keindahan yang memuaskan maka dibutuhkan ketelatenan yang ekstra ya. Untuk membuat daun tampak mengkilap bisa menggunakan susu atau kelapa parut sisa perasan. Oleskan susu bubuk yang sudah dicairkan dengan menggunakan spon yang lembut. Susu selain membuat daun lebih mengkilap juga akan menjadi pupuk daun yang baik.

Penyakit Red Sumatra

Ada berbagai keadan yang bisa dikatakan bahwa Red Sumatra kita tidak sehat. Jika hal ini tidak diketahui sejak dini maka akan merusak keindahan tanaman kita. Berikut keadaan dimana Red Sumatra kita dikatakan tidak sehat:

Red Sumatra Busuk Batang/Akar

Disaat mulai terlihat pertumbuhan Red Sumatra kita tidak normal. Segera cek pada bagian batang dan akar. Bisa saja mengalami pembusukan pada bagian-bagian akar dan batang tersebut. Segera kurangi skala penyiramanya dan lebih sering di jemur. Jika masih berlanjut sebaiknya ganti dengan tanaman baru.

Daun Red Sumatra Keriput

Jika daun terjadi kekeriputan itu menandakan bahwa Red Sumatra kita terjangkit virus. Buanglah daun tersebut dengan memotongnya.

Jangan lupa gunakan pisau atau cutter yang bersih dan steril ya, supaya tidak menimbulkan masalah virus yang baru.

Daun Red Sumatra Seperti Terbakar

Biasanya penyakit yang timbul akibat paparan sinar matahari langsung adalah terjadinya seperti efek terbakar pada daun. Itu ditandai dengan munculnya bercak kuning dan lama-kelamaan akan menjadi coklat lalu bolong atau berlubang.

Idealnya asupan sinar matahari Red Sumatra adalah berkisar antara kurang lebih 40%.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan dan menjadi rujukan dalam menanam dan merawat tanaman Red Sumatra dengan baik. Sebaiknya semua dilakukan dengan sabar dan telaten ya. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik.