Cara Menanam Durian Bawor Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Durian Bawor Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Durian Bawor Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam durian bawor dengan baik dan benar.

Cara Menanam Durian Bawor

Durian Bawor adalah salah satu spesies dari durian montong orange. Durian bawor memiliki batang yang langsung terhubung dengan tanaman durian lain dan menjadi cabang baru untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah pertumbuhan tanaman yang meningkat pesat. Karena asupan gizinya lebih besar. Durian ini dikenal dengan sebutan bhineka buffor atau montong buffor.

Durian Bawor adalah campuran rasa durian montong dan durian lokal. Durian kerbau memiliki daging yang tebal dan berwarna oranye-merah, memiliki rasa yang pahit dan besar serta berat dapat mencapai 12 kg. Apalagi durian ini sangat produktif.

Keberadaan durian ini tidak lepas dari tekad dan kerja keras Pak Sarno. Ia menggabungkan 20 jenis durian lokal yang lebih tinggi, seperti penggunaan teknik okulasi, untuk membuat varian baru durian yang disebut Durian Bawor.

Syarat Tumbuh

  1. Bisa berkembang baik didataran rendah dengan ketinggian 200 hingga 800 mdpl.
  2. Berkembang dengan maksimal dengan cuaca sedang serta curah hujan antara 1600 hingga 3200 milimeter/ tahun.
  3. Temperatur terbaik untuk perkembangan durian bawor 22 hingga 28 derajat celcius.
  4. Durian bawor memerlukan lahan dengan penyinaran penuh dengan intensitas cahaya 80%.
  5. Tipe tanah untuk budidaya merupakan andasol serta grumosol.
  6. Tumbuhan bawor memiliki sistem perakaran yang dalam. Untuk itu memerlukan air tanah yang dalam pula.
Baca Juga:  Cara Menanam Sawi Hidroponik

Pemilihan Bibit Unggul

Mutu serta kualitas bibit tumbuhan dibutuhkan untuk menciptakan tumbuhan Durian bawor untuk berbuah. Sebab itu, sangat berguna untuk berjaga- jaga kala memilah bibit durian. Langkah berikut bisa digunakan dikala memilah bibit durian.

  1. Yang terbaik bila bibit durian yang hendak dibeli sudah disertifikasi maupun berasal dari petani benih yang andal.
  2. Memilih bibit durian sehat yang mempunyai perkembangan baik, ditandai dengan perkembangan kuat, mempunyai banyak akar serta kuat. Helai daun terletak di dekat pucuk tumbuhan yang menebal serta bercorak hijau hitam.
  3. Seleksi biji durian yang mempunyai batang lurus serta warna cokelat, mempunyai tunas lengket, mempunyai paling tidak 6 daun serta bebas dari hama serta penyakit.
  4. Bila bibit durian berasal dari hasil transplantasi, memilih yang berusia 6 bulan serta mempunyai tunas graft paling tidak 40 cm, mempunyai 8 daun serta bebas dari hama serta penyakit.

Pengolahan Lahan Tanam

Sebelum masuk dalam proses penanaman anda perlu mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Tanah harus di bersihkan dari batu-batuan, alang-alang, potongan dari batang pohon hingga gulma.

Langkah selanjutnya adalah membuat bedengan.lahan untuk bedenga harus dicangkul atau di bajak sedalam 30 cm hingga tanah menjadi gembur dan tanah dicampuri dengan pupuk kompos. Bedengan dengan panjang 1 m serta lebar 2 m, selanjurtnya di beri pasir pupuk kopmpos sebanyak 5kg.

Setelah media tanam tercampur langkah selanjutnya adalah diamkan media tanam selama 2 minggu. Berikutnya adalah semprot lahan dengan pestisida agar terhindar dari jamur dan juga bakteri. Langkah selanjutnya adlah pembuatan drainase du area bedengan.

Proses Penanaman

Proses saelanjutnya yaitu penanaman, ambil bibit duria yang telah tumbuh setiktar 75 – 150 cm. Lalu masukkan bibit kedalam lubang yang telah disiapkan.

Baca Juga:  Cara Menanam Lidah Mertua

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk proses perawatanya sendiri tidak begitu sulit, yaitu sebagi berikut.

  • Lakukan penyiraman secara rutin apalagi pada saat musim kemarau. Penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari.
  • Lakukan penyiangan agar tanaman terdar dari gulma dan tanaman liar yang berada di area tanaman durian. Karena tanaman liar dan gulma dapat mengambil unsur nutrisi yang ada ditanah.
  • Selanjutnya adalah lakukan pemupukan susulan agar menambah nutrisi yang terdapat ditanah. Anda bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos dll.
  • Langkah selanjutya adalah pemangkasan, pemangkasan berguna untuk mengsilkan prosuksi yang lebih optimal. Pemangkasa bisa dilakukan pada cabang yang sudah layu atau kering atau juga yang sudah mati.

Pemanenan

Untuk buah durian bawor sendiri biasanya dapat matang sempurna dalam waktu 134-135 hari. Buah durian harus dipanen 100%. Untuk mendapatkan buah durian bawor dengan kualitas ang lebih tinggi bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Ikat buah denga jumlah besar pada dahanyya dengan menggunakan tali pada saat satu bulan sebelum buah matang denga sempurna.
  2. Panen biuah durian bawor pada pagi atau siang hari degan memotong tangkai buah denganjarak 1,5 – 2 dari bantalan buah.
  3. Turunkan buah dengan perlahan agar buah tidak hancur ditanah.

Nah itulah tadi Cara Menanam Durian Bawor Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.