Cara Menanam Jehe Merah Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Jehe Merah Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Jehe Merah Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara menanam jahe merah dengan baik dan benar.

Cara Menanam Jahe Merah

Jahe merah dikenal sebagai tanaman herbal yang juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Cara budidaya jahe merah cukup mudah. Anda bisa menanamnya di rumah dengan hasil yang melimpah.

Sebelum anda mengetahui cara menanam jahe merah, anda harus memahami terlebih dahulu media tanamnya. Jahe merah bisa ditanam di tanah yang subur dan gembur. Tanaman jahe merah bisa diberi pupuk untuk hasil panen yang melimpah.

Anda bisa menanam jahe merah langsung di tanah gembur menggunakan media polybag dan karung bekas. Tergantung kebutuhan Anda dan ketersediaan lahan yang tersedia. Jika memiliki lahan sempit, gunakan polybag agar lebih hemat.

Persiapan Bibit

Langkah pertama yaitu pemilihan bibit jahe merahnya terlebih dahulu. Pada saat di pasar tradisional anda akan sangat mudah menemukan bibit rimpang jahe merah. Ciri dari bibit jahe yang berkualitas yaitu:

  1. Ukuran rimpangnya besar
  2. Kondisinya masih segar, dan tidak keriput
  3. Sehat, utuh dan tidak terserang hama dan juga penyakit
  4. Warna pada rimpang masih cerah

Apabila anda telah memiliki bibit jahe merah yang berkualitas tinggi, masukkan bibit tersebut kedalam ruangan yang sejuk. Selanjutnya lakukan penyiraman dengan menggunakan air dan diamkan agar rimpang jahe mengeluarkan tunas.

Sambari menunggu tunasnya tumbuh, anda bisa memilih bibit yang busuk dan harus memisahkannya agar tidak menyebar kepada bibit yang lainnya. Bibit yang telah bertunas tersebut sudah dapat ditanam.

Baca Juga:  3 Langkah Mudah Menanam Apel Dari Biji

Persiapan Media Tanam

Sebelum memasuki proses penanam anda perlu mempersiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Setelah itu lakukan pengolahan lahan dengan menggunakan alat cangkul dan bisa juga mengguankan bajak supaya tanah menjadi gembur dan selanjutnya diberi pupuk.

Pupuk diberikan sebanyak 12 kg pupuk kandang pada area 10 meter. Tanah ditaburi pupuk dan kemudian diamkan selama satu minggu sehingga proses fermentasi alami dapat berlangsung dan lahan siap untuk ditanami jahe merah.

Proses Tanam Jahe Merah

Setelah persiapan lahan sudah dilakaukan langkah berikutnya adalah penanaman jahe merah.

Perlu anda ketahui pada saat penanam jahe merah anda harus menanam pada saat memasuki musim kemarau. Karana bibit akan cenderung membusuk karena curah hujan di daerah tersebut tinggi.

Selanjutnya masukkan bibit jahe kepada lubang tanaman lalu tutup kembali dengan tanah. Namun, jangan tutupi benih dengan tanah terlalu padat agar tunas dapt tumbuh dengan bebas. Tunas dapat tumbuh dalam waktu kurang lebih 2 mingu.

Berikutnya taburkan furadan sebagai anti jamur diaatasnya agar jahe merah terhindar dari terbentuknya jamur. Jangan lupa lakukan juga penyiraman dan pantau pertubuhan jahe merah tersebut.

Apabila terdapat tunas yang tidak tumbuh ke permukaan tanah, anda perlu memeriksanya lagi. Karena bisa jadi tannaman jahe ini mengalami pembusukan dan perlu diganti dengan bibit jahe yang baru.

Perawatan dan Pemeliharaan

Sama halnya dengan tanman lain anda perlu melakukan perawatan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Untuk perawatannya puntidak begitu sulit yaitu:

  • Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari dan sore hari terutama lagi pada saat musim kemarau dan juga pada saat penanaman. Untuk melakukan penyiraman alangkag baiknya secukupnya saja dan jangan sampai menggenangi tanaman tersebut.
  • Lakukan pemupukan susulan untuk menabah kandungan nutrisi pada tanaman. Sebaiknya anda menggukan pupuk organik seperti pupuk kandang atau bisa juga dengan pupuk kompos. Untuk takarannya anda bisa melihat pada lebel kemasan pupuk tersebut.
  • Lakuka penyiangan agar tanaman jahe terhindar dari gulma dan tanaman liar. Karena gulma dan tanaman liar dapat menganbil unsur nutrisi pada tanah.
Baca Juga:  Cara Budidaya Buah Mangga dari Bijinya

Cara Menanam Jehe Merah Dengan Baik dan Benar

Proses Panen

Langkah terakhir adalah proses yang paling ditunggu-tunggu yaitu proses pemanenan. Panen jahe dapat berlangsung pada usia 3 sampai 4 bulan dari masa penanamannya. Cara ini adalah dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu untuk memfasilitasi ekstrasi tanaman.

Langkah selanjutnya lapaskan tanaman serta umbinya dan potong pada bagian batangnya. Selanjutnya bersihkan umbi dari sisa-sisa tanah lalu pisahkan umbi yang berkualitas baik dan yang kurang sehat.

Nah itulah tadi Cara Menanam Jehe Merah Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.