Cara Menanam Kemangi Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Kemangi Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Kemangi Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam kemangi dengan baik dan benar.

Cara Menanam Kemangi

Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman yang daunnya banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya kebanyakan orang memasaknya sebagai bahan untuk pepes atau sayuran untuk menemani hidangan utama pada makanan.

Tak hanya itu kemangi juga selalu dikonsumsi dan dianggap sebagai daun yang berhkasiat sebagai mewangikan aroma tubuh jika dikonsumsi serta menyehatkan. Terlebih lagi bagi anak perempuan dan wanita jika ingin merawat tubuh dari dalam daun kemangi ini sangat cocok.

Biasanya , tanaman ini masuk ke delam tanaman terna atau tanaman yang mempunyai batang lunak serta tidak membentuk kayu. Jenis tanaman kemangi yang sering tumbuh pada daerah tropis yaitu tanaman herba, semak tegak, kanopi bundar, banyak cabang, sangat wangi serta mempunyai ketinggian 0,3 – 1,5 m.

Daun kemangi ini mempunyai aroma khas yang dihasilkan dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Kebanyaka orang memakan daun kemangi ini selalu bersamaan dengan daun kol, mentimun dan saus cabai pada ayam panggang atau ikan goreng. Kandungan yang terkandung pada tanaman kemangi yaitu dalam bentuk 1,8 sineol, anethole, apigen dan boron.

Takhanya itu dalam daun kemangi juga terdapat kandungan asam amino arginin dan asam aspartat. Karena banyak orang yang tertarik dengan daun kemangi, maka tak heran jika banyak orang yang kemudian mencoba membudidayakan tanaman kemangi ini.

Baca Juga:  Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Unggul

Syarat Tumbuh Tanaman Kemangi

Syarat tumbuh untuk menanam kemangi pun tak begitu sulit. Bisa dikatakan bahwa semua daerah yang ada di Indonesia bisa ditanami tanman kemangi ini, yang jelas tanahnya asam.

Tanaman kemangi juga bisa tumbuh pada cuaca yang panas dan dingin. Perbedaan iklim ini hanya berpengaruh pada tempilan dari tanaman kemangi saja. Apabila kemangi ditanam pada daerah yang dingin, daunnya lebih lebar dan lebih hijau. Sedangkan pada daerah panas daunnya kecil, tipis dan mempunyai warna hijau muda.

Jika anda yang ingin menanam kemangi anda perlu memastikan bahwa tanah yang digunakan dapat untuk dibudidayakan tanaman kemangi dan biaya yang diperlukan juga perlu dihitung agar tidak hilang dan merugi.

Persiapan Bibit

Langkah awal dalam pembibitan yaitu mulailah dengan menyemaikan benih dari bunga induk yang dikeringkan. Selanjutnya anda bisa mendistribusikan benih dalam wadah bibit.

Perlu anda ketahui bahwa kemangi merupakan sejenis tanaman yang perlu disemai terlebih dahulu. Anda bia melakukan penyemaian di area kecil yang tidak terlalu besar, misalnya penyemaian khusus (dalam bentuk balok es) atau bisa juga menggunakan polybag kecil.

Takhanya itu, benih yang berubah menjadi biji anda perlu menyirami benih tersebut setiap hari. Apabila bibit sudah siap, yaitu bibit yang sudah berumur 1 bulanlalau anda bisa mencabutnya secara perlahan. Lalu pindahkan bibit tersebut ke area penanaman. siramlah setiap hari supaya tanaman dapat tumbuh secara merata. karena tujuannya yaitu sebagian dari bibit digunakan sebagai penyulaman.

Persiapan Lahan

  1. Langkah awal yang diperlukan dalam menyiapkan tanah untuk penanaman kemangi yaitu menggemburkan tanah yang telah disiapkan. Anda bisa melakukannya dengan cara mencangkul tanah. Hal ini berguna agar tanah dapat membawa lebih banyak oksigen ke dalam tanah.
  2. Pastikan tanaman tidak terkena sinar matahari secra berlebihan, disarankanuntuk anda agar membuat pelindung pada atas tanah.
  3. Langkah berikutnya yaitu menggemburkan tanah. Tanah yang akan digemburkan perlu dibentuk menjadi bedengan yang persegi panjang.
  4. Setelah selesai, lalu anda perlu menaburkan kompos di atasnya dan campur dengan merata pada tanah.
  5. Lalu anda perlu diamkan selama 2 hingga 3 hari untuk mengembalikan nutrisi seperti sebelumnya.
Baca Juga:  Cara Mudah Merawat Bunga Krisan

Penanaman Benih

Langkah awal dalam menanam kemangi yaitu menabur benih kering, seperti yang disebutkan sebelumnya. Anda bisa menebarkan benih penyemaian ke tanah yang disiapkan.

Selanjutnya, yang mana kemangi telah ditanam, siramlah benih kemangi secara teratur pada pagi dan sore hari.

Perawatan dan Pemeliharaan Kemangi

  1. Lakukan penyiraman secara teratur, terlebih lagi pada musim kemarau agar tanaman tidak kering.
  2. Lakukan penyiangan ketikan tanaman telah mencapai usia 3-4 minggu.
  3. Anda juga perlu memantau tanaman agar tidak terdapat gulma dan tanaman liar, sebab gulma dan tanaman liar dapat mengambil unsur nutrisi pada tanah.

Cara Menanam Kemangi Dengan Baik dan Benar

Pemanenan Kemangi

Kemangi dapat dipanen pada usia 50 hari setelah masa penanaman. Pilih daun yang masih muda seperti kuncup teh untuk dipetik. Pemetikan jug berguna untuk merangsang pertumuhan cabang baru. Penanaman bisa dilakukan secara terus-menerus samapai tanaman sudah tua.

Nah itulah tadi Cara Menanam Kemangi Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.