Cara Menanam Labu Kuning Supaya Berbuah Lebat

Cara Menanam Labu Kuning Supaya Berbuah Lebat

Diposting pada

Cara Menanam Labu Kuning Supaya Berbuah Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang tata cara menanam labu kuning supaya berbuah dengan lebat.

Cara Menanam Labu Kuning yang Baik dan Benar

Tanaman labu atau labu (Cucurbita moschata Durch.) Merupakan tanaman pangan alternatif yang cukup mudah tumbuh. Tanaman labu kuning merupakan tanaman tangguh yang dapat tumbuh dalam berbagai iklim dan kondisi.
Tanaman labu juga dapat tumbuh tanpa pemupukan dan pada musim kemarau yang kemarau panjang. Tanaman labu kuning juga tahan terhadap penyakit dan hama.

Syarat Tumbuh

  1. Labu merupakan tanaman yang dapat tumbuh dalam berbagai kondisi, namun pertumbuhan optimal berada pada ketinggian 200 hingga 1.200 mdpl.
  2. Curah hujan 600 – 1100 mm / tahun dan kelembaban udara 70%.
  3. Memiliki suhu udara sekitar 20-28 derajat Celcius.
  4. Tanah yang baik untuk pertumbuhan labu adalah tanah gembur bekas rawa kering, tanah aluvial, tanah grumosol, tanah merah dan tanah andosol.
  5. Memiliki tingkat keasaman tanah atau pH 5,5 – 7,5.

Persiapan Bibit Labu Kuning

  1. Pilih labu besar berwarna cerah.
  2. Setelah memilih buah labu untuk dijadikan bibit, biarkan labu tersebut matang di pohon.
  3. Setelah labu matang, ambil buahnya dan simpan selama seminggu.
  4. Kemudian potong labu kuning tersebut dan ambil bijinya.
  5. Bersihkan benih dari lendir buah,
  6. Kemudian rendam benih dalam air hangat selama 3 jam.
  7. Buang benih yang mengapung dan ambil benih yang tenggelam.
  8. Kemudian bijinya dijemur dibawah sinar matahari.
Baca Juga:  Cara Menanam Daun Seledri Supaya Tumbuh Subur

Persiapan Lahan Tanam

Pilih lahan terbuka yang terkena sinar matahari langsung tanpa terhalang oleh rindangnya pepohonan. Setelah itu bersihkan lahan dari gulma, tumbuhan liar dan bebatuan yang ada di areal penanaman.

Mengolah tanah dengan cara mencangkul atau membajak agar tanah menjadi gembur dan subur. Kemudian buat bedengan dengan tinggi sekitar 35 cm dan lebar sekitar 100 cm. Sisakan ruang untuk drainase sekitar 35 cm hingga 45 cm.

Buatlah lubang tanam pada lahan tanam dengan diameter 12 cm. dengan kedalaman 15 cm. kemudian berikan pupuk organik pada lubang untuk pupuk dasar. Biarkan selama 2 minggu setalah itu lahan siap untuk ditanam.

Proses Penanaman

Setelah bibit dan lahan disiapkan selanjutnya adalah proses penanaman. Masukan dua butir benih labu kuning kedalam lubang yang telah disiapkan sebelumnya. Untuk menghidari hama ulat dan bekicot bisa Anda taburi arang sekam hingga usia dua minggu.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk perawatan tanaman labu kuning tidaklah sulit, berikut cara perawatannya.

Penyiraman

Lakukan penyiraman setiap hari dilakukan pada pagi hari dan sore hari apalagi pada saat musimkemarau Anda perlu sering-sering menyiram tanaman tersebut agar tidak mati karena kekeringan. Penyiraman sebaiknya secukupnya saja jangan terlalu banyak hingga lahannya tergenang.

Pemupukan Susulan

Setelah 3 minggu dari proses penanam lakukan pemupukan susulan bisa menggunakan pupu organik berupa pupuk kandang dan kompos, dan untuk anorganik dapat berupa urea dan lain sebagainya.

Penyulaman

Setelah 2 minggu dari peoses penanaman lakukan penyulaman pada tanaman yang tidak normal dengan bibit yang baru, agar tanman bisa tumbuh merata.

Penyiangan

Selanjutnya yaitu lakukan penyiangan terhadap gulma dan tanaman liar yang terdapat pada labu kuning. Gulma dan tanaman liar yang terdapat di area labu kuning dapat merebut unsur nutrisi pada tanah.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma dan Perawatannya

Pemasangan Ajir

Ajir berfungsi sebagai temapat merambat dan penopang pada tanaman agar tidak roboh. Ajir diperlukan harus kokoh dan kuat, bisa seperti kayu dan juga bambu.

Cara Menanam Labu Kuning Supaya Berbuah Lebat

Proses Panen

Tahapan selanjutnya adalah tahapan yang paling ditunggu-tunggu yaitu tahap pemanenen. Lubu kuning bisa di bilang salah satu tanman yang cepat berbuah. Pada usia 60 hari pemanen tanaman labu kuning sudah mulai berbunga dan untuk memasuki proses pematangan buah dapat dilihat pada usia 80 hari setelah penanaman.

Ciri-ciri buah siap panen:

  1. Berbatang kering
  2. Berwarna cerah
  3. Berkulit keras

Nah itulah tadi Cara Menanam Labu Kuning Supaya Berbuah Lebat dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.