Cara Menanam Lidah Buaya Pada Pot Dijamin Berhasil

Diposting pada

Cara Menanam Lidah Buaya Pada Pot Dijamin Berhasil – Buat temen – temen yang penasaran bagaimana sih cara menanam lidah buaya di pot yang baik dan benar ? tanaman yang sering juga disebut dengan Aloe Vera ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan Kecantikan yang bukan lagi rahasia umum.27 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan & Kesehatan. Jika lidah buaya mendapat sinar matahari dan  kebutuhan airnya tercukupi maka akan tumbuh dengan baik. Lidah buaya sangat mudah untuk dibiakan. Yaitu dengan memindahkan tanaman muda yang muncul di pangkal tanaman dewasa atau dari sistem akarnya yang menyambung. Namun, kamu harus berhati-hati dalam menerapaknnya agar bisa tumbuh dengan baik nantinya dan tentunya harus dirawat dengan benar ya. Nah berikut simak caranya ya temen – temen.

Menanam Lidah buaya pada pot

 

Bahan dan alat

Nah untuk bahan temen – temen perlu untuk menyiapkan beberapa bahan dan peralatan terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

– Lidah buaya dan Anakannya

– Pot yang mempunyai lubang saluran pembuangan

– Tanah untuk kaktus

– Pisau yang bersih dan tajam

– Air

Pengambilan anakannya

Buat temen-temen yang belum tahu cara mengambil anakan dari lidah buaya nya sendiri gimana, caranya yang pasti temen-temen harus cari lidah buaya yang sudah ada anakannya ya, anakannya yang jelas berukuran lebih kecil ya temen-temen dan memiliki warna yang lebih cerah, serta memiliki rangkaian akar sendiri. saat mengambil anakannyaini temen-temen harus memperhatikan ukurannya ya. Pilih yang kira-kira berukuran seperlima dari tanaman utama. Selain itu, temen-temen pilih anakan yang mempunyai minimal 4 daun dengan tinggi beberapa sentimeter.

Baca Juga:  Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Tubuh

Nah cara mengambil anakanya temen-temen gunakan pisau, yang pasti yang tajem ya, nah kalau memungkinkan, temen-temen bisa keluarkanlah seluruh tanaman dari pot untuk menemukan tempat anakan melekat. Jangan lupa bersihkan tanah yang menempel pada akar-akarnya agar anakan bisa terlihat lebih jelas. Biasanya, anakan melekat pada tanaman utama, dan memiliki rangkaian akar sendiri.

Temen-temen bisa potong anakanya dengan hati-hati, dan pastikan akarnya masih melekat.setelah temen-temen selesai temen-temen jangan lupa kembalikan lagi indukanya ke pot nya lagi ya, lalu temen-temen bisa langsung memepersiapkan pot yang baru untuk media tanam yang baru.Ingat ya temen-temen pot harus yang mempunyai lubang pembuangan bawah yang cukup, karna lidah buaya sendiri memang suka dengan air tapi tidak suka dengan air yang menggenang. Kalo air terlalu menggenang nantinya bukan tumbuh malah menjadi busuk akarnya dan bisa mati.

Menyiapkan pot sebagai media tanam

Isikan pot dengan tanah untuk kaktus, yaitu dengan mencampur satu bagian tanah dengan satu bagian pasir. Sebaiknya isi bagian bawah pot dengan kerikil terlebih dahulu untuk memperlancar aliran pembuangan air supaya air tidak menggenang.

Perhatikan kadar pH tanah, agar berkisar antara 6 hingga 8. Apabila pH tanahnya kurang tinggi, tambahkan dolomit yang bisa didapatkan di toko pertanian. Jika sudah terisi temen-temen bisa buat lubang kecil seukuran anakanya tadi.Lubang ini harus cukup dalam untuk membenamkan akarnya hingga seperempat bagian tanaman (mulai dari ujung akar sampai ke atas). Sebaiknya rendam akar terlebih dahulu di dalam hormon pertumbuhan untuk mempercepat pertumbuhannya.

Siram anakan lidah buaya tersebut sampai tanahnya basah, tetapi tidak tergenang. Lidah buaya adalah tanaman gurun sehingga tidak terlalu banyak memerlukan air. Selanjutnya, temen-temen tinggal menempatkannya di tempat yang cerah dan siram kembali tanaman tersebut satu minggu kemudian. Setelah ini, temen-temen dapat menyiraminya seperti biasa. Dan pastikan mendapat sinar matahari yang cukup. Idealnya lidah buaya harus mendapatkan sinar matahari selama 8 hingga 10 jam dalam sehari.

Baca Juga:  14 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh

Perawatan Lidah Buaya di Pot

Lidah buaya akan tumbuh dengan subur dan baik jika dalam perawatanya dilakukan dengan baik. Bagaimana melakukan perawatan agar lidah buaya tumbuh dengan baik. Berikut caranya:

Lidah buaya harus mendapat sinar matahari yang cukup

Untuk merawat lidah buaya temen-temen jangan lupa taruhlah pot pada tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. kalo lidah buaya temen-temen  ada di dalam rumah, temen-temen bisa memindah nya ke tempat yang mendapat sinar matahari. idelanya lidah buaya membutuhkan sinar matahari 8 hingga 10 jam dalam sehari.

Menyiram lidah buaya jangan berlebihan

Lidah buaya memang senang air, tapi dia tidak suka yang berlebihan loh. Tunggu dulu tanah mengering baru temen-temen bisa siram. Lidah buaya sendiri cenderung tidak membutuhkan air saat musim dingin atau penghujan.

Pemupukan dan hama

Untuk pemupukan temen-temen cukup lakukan setahun sekali menggunakan pupuk yang berbahan dasar air dan memiliki kandungan fosfor. Untuk menghindari serangan hama seperti kutu putih dan kutu daun gunakan pestisida yang organic dan alami. Supaya terhindar dari jamur temen-temen cukup jaga tanah agar selalu kering ya. Temen-temen bisa melihat pertumbuhan lidah buaya dari daunya ya. semestinya daun lidah buaya itu terlihat montok dan lurus. jika terlihat tipis dan keriting berarti lidah buaya membutuhkan lebih banyak air. nah kalau daun terlihat terkulai berarti membutuhkan lebih banyak sinar matahari. karna lidah buaya yang baik daunnya tumbuh lurus keatas.

 

Itu beberapa cara yang harus diperhatikan temen-temen untuk Cara Menanam Lidah Buaya Pada Pot Dijamin Berhasil, selamat mencoba ya temen-temen, tentunya semua harus dilakukan  dengan baik dan benar supaya temen-temen bisa mendapat hasil yang memuaskan, salam Info Tanam.