Cara Menanam Lidah Mertua
Cara Menanam Lidah Mertua

Cara Menanam Lidah Mertua

Diposting pada

Cara Menanam Lidah Mertua – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Lidah Mertua.


Cara Menanam Lidah Mertua


Tumbuhan ini mempunyai nama latin Sansevieria ini ialah suatu tanaman yang lumayan trkenal oleh masyarakat Indonesia.

Umumnya tumbuhan lidah mertua ini banyak di jumpai di tanam langsung di tanah ataupun di kembangkan dengan metode penanaman di dalam pot.

Tumbuhan lidah mertua ini mempunyai karakteristik dimana daunnya nampak panjang dengan di hiasi semacam bercak-bercak putih di atasnya.

Sebab wujud dari daun tumbuhan ini meruncing serta berupa tajam makanya di beri nama sbagai tumbuhan lidah mertua.

Kesamaan wujud tumbuhan lidah mertua dengan lidah buaya yang sama sama mempunyai wujud daun yang runcing pula menunjukan metode menanam lidah buaya tidak sangat berbeda dengan metode menanam lidah mertua.

Apalagi sebab lidah mertua berupa panjang serta runcing, tidak jarang orang orang hendak memanggil tumbuhan ini sebagai tumbuhan pedang-pedangan.

Daun dari lidah mertua ini sendiri dapat berkembang panjang sampai mencapai 75 centimeter sampai menyamai bilah suatu pedang.

Apalagi lidah mertua pula dikenal dengan banyak istilah lain misalnya saja lidah ular, lidah setan, ekor harimau serta lidah jin.

Ini menunjukkan kalau tumbuhan ini dapat produktif serta berkembang di mana saja. Baik di negara yang mmpunyai 4 musim ataupun negara tropis semacam Indonesia, lidah mertua dapat bisa di temukan.

Lidah mertua ialah salah satu tumbuhan hias yang gampang di rawat sebab hendak senantiasa berkembang produktif meski kamu lupa memberinya pasokan air selama bberapa waktu. Apalagi lidah mertua dapat di tanam di dalam ruangan buat bermacam keperluan tertentu.

Baca Juga:  Cara Menanam Lidah Buaya Pada Pot Dijamin Berhasil

Manfaat Tumbuhan Lidah Mertua

Lidah mertua ialah tumbuhan yang berasal dari Afrika. Lidah mertua termasuk ke dalam tipe tumbuhan hias pembersih udara dalam ruangan sebab mempunyai beberapa isi senyawa semacam pregnane glycoside, gula serta asam amino.

Yang mempunyai bermacam-macam manfaat, antara lain buat meresap polusi udara serta menguraikan bermacam-macam senyawa beracun semacam karbon dioksida, benzene, kloroform, tri kotilen, resmi dehid maupun toksin rokok yang mencemari udara.

Lidah mertua pula sanggup meresap radiasi dari beberapa barang elektronik semacam tv, pc, maupun gadget, penghasil oksigen yang besar.

Setelah itu sebagai aroma pengobatan, antiseptik, buat hair tonik alami, membantu penyembuhan sembelit sampai bernilai ekonomi dengan digunakannya tumbuhan lidah mertua ini sebagai bahan kreasi anyaman.


Metode Gampang Menanam Tumbuhan Lidah Mertua

Saat sebelum kamu mulai menanam lidah mertua ini terdapat beberapa perihal yang wajib kamu perhatikan yang antara lain merupakan sbagai berikut:

Pemilihan Pot

Pemilihan pot ini wajib disesuaikan dengan wujud serta tipe tumbuhan lidah mertua, smakin besar tumbuhan, maka pot yang kamu pakai pula wajib smakin lebar serta besar.

Pot yang bisa kamu pakai juga berbagai macam, dari yang berbahan plastik, semen, tanah liat sampai keramik. Tiap material pot, mempunyai kelebihan masing masing.

Pot dari tanah liat maupun semen, mempunyai kelebihan dalam penyerapan air, sehingga lebih bagus buat tumbuhan, tetapi pot tipe ini relatif lebih mahal.

Sebaliknya pot berbahan plastik lebih murah tetapi kurang bisa meresap air, sehingga dibutuhkan lubang pembuangan yang berperan buat membuang kelebihan air.

Kekurangan penyerapan air pula ada pada pot berbahan keramik, cuma saja pot berbahan keramik menawarkan penampilan yang indah mempesona.

Baca Juga:  Cara Menanam Anggur Dengan Baik dan Benar

Media Tanam

Pada biasanya, tumbuhan hias lidah mertua ialah tumbuhan yang mempunyai ciri kering serta tidak menyukai kelebihan air.

Sehingga pemilihan media tanam ini wajib mencermati ciri tersebut dan mencermati faktor hara yang lumayan.

Buat media tanam terdapat 2 komposisi bersumber pada pengelompokan tipe tumbuhan ialah terdiri dari media tanam buat varietas lidah kucing yang memerlukan lumayan air, serta varietas kering.

Buat varietas awal, Kamu bisa mempersiapkan pasir malang, sekam bakar serta pupuk organik dengan komposisi 1:1:1.

Sebaliknya buat varietas kering semacam lidah mertua berdaun silindris kamu bisa mengombinasikan pasir malang, sekam bakar serta pupuk organik dengan komposisi 2:1:1.

Cara Menanam Lidah Mertua


Penyiraman

Seperti yang sudah dikemukakan di atas, tumbuhan hias lidah mertua ialah tumbuhan yang menyukai media kering, sehingga penyiraman dicoba seperlunya saja buat penuhi kebutuhan air pada media tanam.

Tidak hanya itu supaya tumbuhan bisa berkembang dengan baik, sesekali waktu kamu bisa menghasilkan tumbuhan supaya terserang cahaya matahari.

Pemupukan

Tidak hanya penyiraman, pemberian pupuk pula dibutuhkan buat memesatkan perkembangan.

Buat pupuk yang digunakan ialah tipe pupuk yang tidak gampang larut, kamu bisa memakai pupuk NPK 15-15-15 tiap 3 bulan sekali dengan ukuran 1 sendok buat pot berdiameter 15 centimeter.

Tidak hanya pupuk NPK Kamu pula bisa memberikan pupuk kompos ataupun pupuk daun 1 minggu sekali.

Repoting Tanaman

Tumbuhan lidah mertua, ialah tumbuhan yang brkembang biak dengan tunas, apabila tumbuhan ini terus brkembang biak, mka pot hendak nampak penuh serta sesak oleh tumbuhan.

Untuk itu butuh dicoba repoting ataupun penggantian pot dengan mengubah media tanam, serta memisahkan tunas baru dari tumbuhan induk buat melindungi keindahannya.


Metode Merawat Lidah Mertua

Perawatan diawali 2 minggu ataupun 14 hari setelah tanam. Semprot Lidah Mertua (Sansevieria) dengan fungisida serta bakterisida tiap minggu sekali secara bergantian. Ataupun penduan lengkapnya semacam berikut:

  • Lidah mertua ataupun sansivera hendak dapat bertahan hidup apabila ditempatkan di luar ruangan maupun di dalam ruangan tanpa sinar matahari langsung. Upayakan dalam 2 hari sekali meletakkan pot sansivera di zona yang dapat terkena sinar matahari, khususnya sinar matahari pagi.
  • Menyiram sansivera tidak mesti setiap hari. 2 kali dalam seminggu penyiraman saja sudah lumayan buat membuat perkembangan lidah mertua ini produktif serta sehat. Ini karena memanglah sifat tumbuhan ini sudah demikian adanya. Malah apabila dipaksakan disiram secara teratur, sansivera dapat membusuk.
  • Pupuk yang terbagus diberikan pada lidah mertua yakni pupuk yang dapat terurai dalam rentan waktu yang lama.
Baca Juga:  Cara Menanam Lavender di Indonesia Dengan Baik dan Benar

Nah itulah tadi Cara Menanam Lidah Mertua dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.