Cara Menanam Pepaya Supaya Cepat Berbuah

Cara Menanam Pepaya Supaya Cepat Berbuah

Diposting pada

Cara Menanam Pepaya Supaya Cepat Berbuah – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam agar dapat berbuah dengan cepat.

Cara Menanam Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi. Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Tanaman pepaya diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat.

Menanam pepaya cukup mudah, apalagi jika Anda mengetahui triknya, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Di Indonesia terdapat sentra pertumbuhan pepaya di Sukabumi, Malang, Sleman, Toraja dan Manado.

Syarat Tumbuh

  1. Pepaya dapat tumbuh pada ketinggian 500-1000 meter di atas permukaan laut, dengan kata lain pepaya dapat tumbuh pada kondisi yang berbeda-beda.
  2. Tanahnya gembur dan banyak mengandung humus yang cocok untuk menanam pepaya.
  3. PH tanah adalah 6-7
  4. Curah hujan yang dibutuhkan adalah 1000-2000 mm per tahun.
  5. Suhu yang dibutuhkan sekitar 40%
  6. Drainase yang baik agar air tidak menggenangi tanah.

Persiapan Benih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa membeli bibit pepaya unggul di toko pertanian. Kemudian Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Rendam biji pepaya hingga 60 g dalam Benlate T 0,5 g / l. larutan
  2. Siapkan media semai untuk digunakan dengan membuat campuran 2 ember tanah yang diayak dan 1 ember pupuk kandang.
  3. Siapkan polybag berukuran 20x15cm.

Penyemaian Bibit

Setelah bibit siap dan persiapan media tanam selesai, Anda bisa memasuki tahap persemaian. Pada fase ini Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Tempatkan benih dalam polybag sedalam 1 cm
  2. Lakukan penyiraman setiap hari
  3.  Biasanya benih mulai berkecambah setelah 2 minggu
  4. Selepas memasuki umur 3 bulan, bibit pepaya sudah bisa dipindahkan ke media tanam
Baca Juga:  Pengertian Dan Keunggulan Dari Tanaman Indigofera

Persiapan Lahan

Biasanya benih sudah bisa dipindahkan ke tanah yang digunakan sebagai media pertumbuhan pada umur 2 bulan. Namun untuk meminimalisir resiko tanaman pepaya mati, sebaiknya pindahkan pada umur 3 bulan.

Namun, sebelum Anda membawa tanaman pepaya ke dalam tanah sebagai media tanam, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan lahannya. Pada fase ini Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Tanah yang akan digunakan sebagai media tanam harus bebas dari gulma dan gulma.
  2. Kendurkan tanah dengan mencangkulnya
  3. Biarkan tanah yang telah ditangkai selama 1 minggu, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan racun dari dalam tanah yang terbawa angin atau terkena sinar matahari.
  4. Perhatikan pH tanah. Jika di bawah 5, Anda perlu mengapur dan membiarkannya selama 2 minggu agar pH tanah menjadi netral.
  5. Gunakan pupuk agar tanah kaya nutrisi. Proses ini sangat penting karena mendukung pertumbuhan pepaya yang optimal. Diamkan selama seminggu.
  6. Setelah satu minggu, buat tempat tidur dengan lebar 2,5 meter, kira-kira. Tinggi. 30 cm dan jarak antar bedengan kurang lebih 50 cm.
  7. Buat lubang tanam pada bedengan dengan ukuran 50x50x50 dan jarak 2 × 3 meter.

Penanaman Benih

Waktu terbaik menanam pepaya adalah saat musim hujan. Sehingga pepaya mendapat cukup air untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman pepaya.

Masukkan bibit pepaya pada lubang tanam yang telah disiapkan dan tutup kembali dengan tanah.

Cara Menanam Pepaya Supaya Cepat Berbuah

Perawatan dan Pemeliharaan

  • Penyulaman
    Menyulam adalah proses mengganti tanaman mati atau tumbuh abnormal dengan yang baru. Proses ini hanya bisa dilakukan pada tanaman yang berumur kurang dari 1 minggu. Jika lebih dari seminggu tanaman pepaya ditanam kembali tidak akan tumbuh merata.
  • Penyiraman
    Jika penanaman dilakukan pada musim kemarau, sebaiknya penyiraman dilakukan setiap hari, yaitu pada pagi dan sore hari. Namun pada musim hujan cukup disiram sekali sehari pada pagi hari.
  • Penyiangan
    Tujuan penyiangan adalah untuk membersihkan areal tanam pepaya agar tanaman bebas dari tanaman pengganggu, gulma dan sejenisnya.
  • Pemupukan Susulan
    Dibutuhkan banyak unsur hara dari tanah untuk menanam pepaya. Jika tanahnya subur, tanaman juga tumbuh dengan baik. Pemupukan tambahan ini bisa dilakukan setiap 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan sampai panen
  • Proses Panen
    Ciri-ciri buah pepaya yang sudah siap panen berumur 10-12 bulan dan buahnya berwarna kuning. Cara memanennya bisa dengan Songgo atau memanjat langsung di pohon. Tujuannya agar buah pepaya tidak jatuh ke tanah dan rusak.
Baca Juga:  Budidaya Jamur Enoki

Nah itulah tadi Cara Menanam Pepaya Supaya Cepat Berbuah dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.