Cara Menanam Pisang Hingga Panen

Cara Menanam Pisang Hingga Panen

Diposting pada

Cara Menanam Pisang Hingga Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara menanam pohn pisang dari awal hingga panen.

Cara Menanam Pisang Hingga Panen

Buah pisang sudah sangat familiar dengan masyarakat indonesia, dimana pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Tidak hanya dikonsumsi oleh orang tua, tapi juga sebagai makanan tambahan untuk balita.

Tanaman pisang sangat mudah dijumpai terutama di wilayah Indonesia dimana berbagai buah-buahan menjadi makanan yang umum bagi masyarakat. Pisang juga bisa Anda temukan di berbagai pasar lokal, tradisional bahkan di supermarket terdekat. Karena di Indonesia cocok juga untuk menanam pisang yang menyukai iklim tropis. Secara ilmiah, pisang memiliki nama Musa yang tergolong tumbuhan dari strain Musaceae.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis pisang seperti pisang susu kepok, pisang berlin, pisang raja dan masih banyak lagi yang lainnya. Apalagi harga pisang sangat terjangkau yang bisa dijangkau dari atas hingga bawah. Ciri tumbuhan pisang mirip dengan tumbuhan perdu raksasa dengan daun yang panjang dan lebar.

Syarat Tumbuh

  1. Pohon pisang dapat tumbuh dengan subur pada tampat yang beriklim lembab
  2. Suhu yang baik untuk pertumbuhanpohon pisang yaitu 27 – 38 derajat celcius.
  3. Pohon pisang sangat suka dengan lahanterbuka namun bila kelebihan sinar matahari pohon pisan dapat terkena sunburn.
  4. Pohon pisang sangat sensitif terhadap angin kencang karena dapat merobek daunnya.
  5. Untuk curah hujan yangbaik yaitu 200 – 220 karena itu merupakan curah hujan yang ideal untuk pohojn pisang.
  6. Kelembapan pada tanah nya yaitu 60 – 80%
  7. Tanah yang digunakan untuk menanam pohon sebaiknya gembur
  8. Tanah harus terdapat unsur hara
  9. Pohon pisang memerlukan pH berkisar 5.5 – 7.5
Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Melati

Persiapan Lahan Tanam

Sebelum dalam proses penanam sebaiknya anda mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Penyipan lahan berguna untuk kesuburan tanah. Pengolahan lahan yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertaman yaitu bajak tanah untuk menggemburkan tanah, dalam proses penggemburan tanah anda dapat menggunakan alat seperti cangkul atau bisa juga menggunakan traktor.
  2. Langkah berikutnya yaitu penggaruan atau penghancuran gumpalan pada tanah.
  3. Selanjutnya sebarkan pupuk kandang pada tanah.
  4. Kemudian buat lubang untuk menanam dengan ukuran 65 cm
  5. Selanjutnya diamkan selama 2 minggu lamanya
  6. Setelah dua minggu lahan sudah siap untuk ditanam

Penyemaian Benih

Pada umumnya pohon pisang ditanam anakan oleh petani. Untuk bibit dari anakan memiliki daun yang berbentuk pedang hal itulah yang paling disukai para petani, karena pohon pisang yang berasal dari bibit tersbut akan mengharilkan tandan yang lebih besar pada saat pertama kali panen.

Perbanyakan tanaman pisang juga dapat menggunakan bonggolnya. Bonggol ini pada umunya di belah menjadi dua serta direndam pada air panas atau dalam larutan pestisida untuk membunuh pengerek serta nematoda sebelum dipindahkan.

Proses Penanaman Pisang

Proses penanaman pada umumnya dilaksanakan pada musim penghujan, kebutuhan bibit pisang untuk satu hektar luas tanaman tergantung dari jaraknya. Dibutuhkan 1.800 bibit untuk jarak 7 x 7 m apabila 2.500 bibit yang dibutuhkan diperlukan jarak 6 x 6 m sedangkan 3.000 bibit di perlukan jarak 5 x 5 m.

Bibit pada umunya ditanam pada kedalaman 30 cm. Pohon pisang bisa digunakan sebagai tanaman utama atau tanaman campuran pada sistem panen.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk perawatan dari pohon pisang tidaklah begitu sulit sama dengan perawatan pada tanaman yang lainnya, yaitu:

  • Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari secara rutin apalagi pada saat musim kemarau.
  • Lakukan pemupukan susulan untuk menabah nutrisi pada pohon pisang. Pemupukan dapat menggunkan pupuk organik dan pupuk anorganik
  • Langkah berikutnya yaitu penyiangan, lakukan penyiangan agar tanaman terhindar dari gulma dan tanaman liar karena dapat mengambil unsur nutrisi pada tanah.
  • Untuk mdapatkan pertumbuhan yang maksimal, alangkah baiknya dalam 1 pohon pisang hanya mempunyai 2 – 3 anakan saja. Apabila anakan melibihi dengan batasnya alangkah baiknya dibuang.
Baca Juga:  Cara Menanam Jehe Merah Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Pisang Hingga Panen

Proses Panen

Untuk pemanenanpohon pisang sebainya pada kondisi buah masih mentah. Apabila anda memilih dengan kematangan yang tepat, anda akan mendapatkan buah pisang dengan kualitas super. Ciri-ciri buah pisang dengan kematangan yang cukup yaitu.

  1. Buah kelihatan berisi dan tepi pada buahnya telah menghilang
  2. Pada ujung sisir bagian atas terdapat 3 – 4 buah yang sudah matang
  3. Batang pada tangkai telah jatuh

Nah itulah tadi Cara Menanam Pisang Hingga Panen dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.