Cara Menanam Seledri Organik Dari Sisa Batang & Dijamin Panen

Diposting pada

Cara Menanam Seledri Organik Dari Sisa Batang & Dijamin Panen Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam seledri organik dan dijamin panen ya temen-temen. Tanaman seledri atau bisa disebut dengan (apium graveolens) mengandung sangat banyak manfaat dan mempunyai harga jual yang relatife mahal. tidak ada salahnya jika temen-temen semua membudidayakan seledri. Simak dengan seksama ya temen-temen.

Sifat Tanaman Seledri

Untuk mempermudah kita dalam merawat tanaman seledri kita harus tahu bagaimana sifat atau karakter  seledri itu sendiri, berikut sifat atau karakter tanaman seledri :

  • Tanaman seledri tidak suka dengan area yang berudara panas, temen-temen bisa menaruh pada area yang mempunyai suhu sejuk.
  • Seledri juga hanya mampu tumbuh dengan baik pada tanah yang subur dan mempunyai kandungan material organik yang tinggi, itu karna seledri membutuhkan asupan nutrisi yang banyak.
  • Membutuhkan pasokan air yang stabil dalam masa pertumbuhanya.
  • Rentan  terhadap hama daun, seperti kutu daun, sehingga memerlukan perawatan yang sedikit ekstra

Cara Menanam Seledri  dari Sisa Batang

Menanam seledri sebetulnya tidak terlalu sulit jika temen-temen mengenal dangan baik karakter seledri itu sendiri. Cara menanam seledri dengan sisa batang ini sangat cocok untuk skala rumahan. Dikarnakan temen-temen bisa mendapatkan benih dari sisa batang yang biasanya tidak kita gunakan sebagai bahan masakan atau lainya.

Berikut caranya :

Ambil batang seledri

Sebagai langkah pertama temen-temen harus mempersiapkan batang seledri yang nanti akan kita tanam. Caranya temen-temen potong bagian batang seledri sekira 5 cm dari ujungnya. Dan pastikan temen-temen memilih batang yang terbaik, yaitu batang yang besar dan juga masih segar supaya nanti bisa tumbuh subur.

Baca Juga:  Cara Menanam Padi Dengan Baik

Tempatkan pada wadah berisi air

Tempatkan batang seledri yang tadi temen-temen potong kedalam wadah yang berisi air. Wadah bisa menggunakan mangkok kecil ataupun dengan botol bekas. Dan perlu temen-temen ketahui, air jangan sampai merendam batang seledri sepenuhnya. Supaya mendapat hasil terbaik, air hanya merendam setengah dari tinggi batang seledri atau kira-kira 4 cm.

Tempatkan di tempat yang sejuk

Selama direndam dalam air, seledri  harus ditempatkan pada tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. Serta berudara sejuk yang tidak terlalu panas jika pada siang hari. Proses ini memakan waktu sekitar satu minggu lamanya.

Memindahkan kedalam pot

Setelah hampir kurang lebih satu minggu, batang-batang kecil akan mulai tumbuh. Itu berarti batang seledri siap untuk dipindahkan dalam pot. Siapkan pot berisi tanah kompos, temen-temen bisa gunakan pot dari apa saja yang mampu menampung kompos dengen baik.

Merawat seledri agar tumbuh subur

Tanaman seledri sangatlah rentan terhadap penyakit, maka diperlukan perawatan yang cukup telaten untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Berikut langkah-langkah perawatan tanaman seledri.

Menyiram secukupnya

Tanaman seledri membutuhkan cukup air pada awal-awal pertumbuhannya. Sehingga temen-temen harus menyiram saat pagi dan sore. Untuk selanjutnya hanya diperlukan penyiraman sebanyak 2 sampai 3 kali setiap minggunya. Itu dikarnakan media tanam seledri tidak boleh terlalu becek, karna akan menyebabkan kebusukan pada batang.

Pemupukan

Tanaman seledri membutuhkan banyak nutrisi untuk masa pertumbuhannya. Untuk pemupukan sangat dianjurkan menggunakan pupuk organik cair. Karna pengaplikasiannya yang mudah dan hasilnya sangat efektif. Pupuk organic cair sangat mudah sekali didapatkan di took-toko pertanian tau dengan membuatnya sendiri.

Cara memberikan pupuknya cukup campurkan 10 ml pupuk cair dengan 1 liter air kemudian siramkan secara merata pada tanaman seledri.

Baca Juga:  Contoh Tanam Stek Batang

Mengatasi hama

Penyakit dan hama yang umum pada seledri
Penyakit dan hama yang umum pada seledri

Biasanya hama yang paling umum pada tanaman seledri adalah kutu daun, dimana dia akan memakan daun seledri pada bagian bawah daun. Lama kelamaan daun akan menjadi kuning dan membusuk. Tetapi jika temen-temen menanam dalam skala rumahan itu jarang sekali terjadi. Tetapi jika ini terjadi temen-temen bisa gunakan pestisida organic dan menyemprotkan pada tanaman seledri. Karna kutu daun biasanya bersembunyi di bagian bawah daun, maka temen-temen menyemprotkannya sampai merata ke bagian bawah daun.

Cara memanen seledri

Memanen seledri  dapat dilakukan beberapa kali. Panen pertama biasanya stelah seledri berumur 1 sampai 3 bulan, tergantung dari varietasnya. Tanaman seledri siap panen setelah daunya rimbun dan memiliki anakan yang banyak.

Seledri dipanen dengan memotong bagian pangkal batang secara periodic. Frekuensi pemanenan dapat dilakukan selang 1 atau 2 minggu sekali saat seledri kembali rimbun dan memiliki banyak anak. Setelah seledri tidak lagi beranak, maka pemanenan bisa dilakukan dengan mencabutnya. Dan lakukan penanaman kembali.

Menanam seledri dengan metode ini adalah cara menanam seledri yang paling ringkas dan mudah untuk di aplikasikan. karna kita bisa menggunakan pot dari botol bekas dan menggunakan kompos dari sisa-sisa pertanian sehari-hari. Selamat mencoba, semoga sukses dan salam Info Tanam.