Cara Menanam Semangka Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Semangka Agar Cepat Berbuah

Diposting pada

Cara Menanam Semangka Agar Cepat Berbuah – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara menanam buah semangka agar cepat berbuah.

Cara Menanam Semangka

Siapa yang tidak kenal dengan buah semangka, buah ini mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Kandungan vitamin A yang terkandung pada buah ini jug cukup tinggi, tak hanya vitamin A buah ini juga mengandung vitamin C, kalium, magnesium, vitamin n1, b5, b6, buah semangka juga kaya akan antioksidan yang penting untuk tubuh kita.

Tak hanya itu buah semangka juga baik untuk kesehatan jantung, sebagian besar semangka mengandung air dan elektrolit, semangka juga dapt melindungi kita dari dehidrasi yang disebabkan oleh kekurangan air. Buah semangka ini sangan cocok di konsumsi pada saat musim kemarau.

Apabila anda ingin membudidayakan buah semangka dan ingin mendapatkan hasil yang melimpah maka banyak faktor pendukung dalam penanamannya. Jika anda membudidayakan buah semangka dengan benar, maka anda bisa mendapatkan semangka yang cepat berbuah dan memiliki rasa yang manis serta segar. Lokasi lahan merupakan suatu hal yang penting pada saat ditambah lagi dengan musim tanam salah satu faktor yang mendapatkan hasil yang baik.

1. Persiapan Lahan

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu lahan, sebab lehan merupakan tempat untuk penanam bibit. Yang perlu diperhatikan dalam menentukan lahan yaitu ketinggian dari lahan tanam, tekstur tanah, musim tanam, serta penataanya dalam pengolahan lahan, berikut ini merupakan penjelasannya.

  1. Untuk ketinggian tanah yang baik yaitu berkisar 0 – 800 mdl.
  2. Tekstur yang baik untuk menanam semangka yaitu tanah yang gembur san berpasir, serta mempunyai sistem drainase yang baik.
  3. Salah satu faktor yang penting adalah faktor tanam, waktu yang tepat untuk menanam buah semangka yaitu pada saat musim kemarau, sebab bauh semangka tidak suka dengan lahan yang tergenang.
  4. Sistem darinase juga penting dalam pertumbuhan buah semangka. Anda juga harus membuat bedengan agar terhindar dari genangan air pada lahan.
Baca Juga:  Cara Budidaya Cabai Keriting Dengan Benar

2. Penyemaian Bibit

Setelah mempersiapkan lahan langkah selanjutnya adalah penyamaian. Tahan ini juga sangat penting bagi pertumbuhan semangka agar dapat tumbuh secara maksimal. Anda juga perlu menambahkan unsur hara serta bibit disriaram secara rutin agar tunas dapat tumbuh, lalu siapkan juga media tanam serta pupuk untuk pertumbuhan semangka. Berikut merupakan untuk ketentuannya.

  1. Benih yang kan ditanam perlu direndam direndam terlebih dahulu dengan larutan perangsang tumbuh, hal tersebut bertujuan agar benih dapat tumbuh dengan kuat dan tidak mudah untuk terserang penyakit, anda hanya perlu merendamnya selama 5 – 15 menit.
  2. Setelah itu siapkan lahan yang akan digunakan untuk penyemaian, anda perlu membersihkan dari rumput, batu, maupun tanaman liar. Anda juga perlu membuat parit pada lahan dengan jarak 2 meter dengan kedalaman 30 cm.
  3. Campur media semai menggunakan tanah, pupuk kandang serta pasir dengan perbandingan 1:1:1
  4. Selanjutnya siramlah bibit semangka hingga daun tumbuh 4 helai atau sekitar 14 – 15 hari dari masa tanam.

3. Proses Penanaman Buah Semangka

Inilah tahap yang paling utama yaitu proses penanam, anda juga perlu memperhatikan pada proses penanaman sebab hal inilah yang menentukan pertumbuhan dan hasil dari panen. Berikut penjelasanya.

  1. Alangkah baiknya anda membuat bedengan serta bedengannya juga dalam keadaan basah.
  2. Selanjutnya buatlah lubang dengan kedalaman 10 cm, lalu masukkan bibit kedalam lubang tersebut sebaiknya lubang tersebut dibasahi terlebih dahulu.
  3. Alangkah baiknya anda melakukan penanaman pada sore hari.

4. Proses Perawatan Dan Pemeliharaan

  • Siramlah tanaman secara teratur, apabila sudah muncul bunga anda perlu menghentikan penyiraman, anda bisa melanjukannya lagi apabila sudah mulai berbuah.
  • Bersihkan gulma dan tanaman liar yang berada pada area tanaman
  • Buang buah yang tumbuh tidak normal
  • Lakukan penyulaman agar semangka dapt tumbuh dengan maksimal
  • Lakukan pemupukan agar tanaman tumbuh dengan subur, anda bisa menggunakkan pupuk kandang dan pupuk kompos
Baca Juga:  Cara Menanam Alpukat Dari Biji Supaya Hasil Melimpah

Cara Menanam Semangka Agar Cepat Berbuah

5. Masa Pemanenan Buah Semangka

  • Anda sudah bisa melakukan pemanenan pada usia semangka sudah mencapai 90 hari
  • Ciri semangka yang sudah bisa dipanen yaitu dengan ditandainya buah yang agak pucat dan tangkai buah yang sudah mengering
  • Panen semangka bisa dilakukan berkali
  • Buah semangka di panen dengan cara memotong tangkainya bisa menggunakan pisau atau benda tajam lainnya.

Nah itulah tadi Cara Menanam Semangka Agar Cepat Berbuah dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.