Cara Menanam Strawberry Menggunakan Media Polybag Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Menanam Strawberry Menggunakan Media Polybag Dengan Mudah – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Strawberry Menggunakan Media Polybag Dengan Mudah.

Cara Menanam Strawberry Menggunakan Media Polybag Dengan Mudah

Bercocok tanam merupakan hobi yang menyenangkan untuk dilakukan pada waktu senggang. Jika tanaman yang dirawat dengan baik maka akan berbuah, dengan begitu maka akan muncul sebuah kepuasan tersendiri.

Apakah kalian sudah pernah mencoba untuk menanam strawberry? Jika belum dan tertarik ingin menanam tanaman strawberry ini dihalaman rumah kalian, bisa dengan mengikuti cara menanam strawberry berikut ini.

Cara Menanam Strawberry menggunakan Media Polybag

Mengenal Syarat Tumbuhnya Strawberry

  1. Untuk bisa menghasilkan hasil yang maksimal, maka untuk tempat penanamannya berada pada ketinggian 1000-1500 meter diatas permukaan laut.
  2. Tanaman strawberry ini tidak bisa tumbuh sempurna jika curah hujan dating setiap hari. Oleh sebab itu, maka menanam tanaman strawberry sebaiknya di daerah yang memiliki curah hujan sebanyak 600-700 mm per tahunnya, supaya dapat tumbuh dengan maksimal.
  3. Walaupun buah strawberry ini merupakan kategori tanaman subtropis, jadi dapat tumbuh di Indonesia, tanaman strawberry ini akan lebih mudah beradaptasi pada dataran tinggi dan memiliki suhu kurang lebih17-20 derajat Celcius.
  4. Agar strawberry dapat tumbuh dengan baik, maka setiap harinya harus ada asupan sinar matahari selama 8-10 jam.
  5. Dan memerlukan kelembapan sekitar 70-80% untuk menstimulasi pertumbuhan dari tanaman strawberry ini.
  6. Untuk derajat keasaman atau pH tanah dalam polybag yang bagus dan ideal yaitu 6,5-7.
  7. Sifat media tanamnya harus bersifat poros, selalu terkandung unsur hara dan mudah menelan air.
Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Sancang Dan Perawatannya

Menanam Strawberry

Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum menanam yaitu membeli bibitnya terlebih dahulu yang bisa kalian dapatkan di took tanaman terdekat.

Kalian bisa juga dengan melakukan pembibitan vegetatif, yaitu dengan cara mengambil bagian pada batang untuk cikal bakal tanamannya.

Setelah mendapatkan bibit tanaman strawberry, selanjutnya adalah menyiapkan polybag dan juga media untuk mengisinya. Media pengisinya bisa terdiri dari susunan tanah dan juga pupuk kandag atau kompos dengan perbandingan 1:1.

Kemudian masukkan campuran tadi ke dalam media tanam, yaitu polybag atau bisa juga dengan pot. Buatkan lubang lalu tanam bibit ataupun batang strawberry kedalamnya.

Penyiraman Tanaman Strawberry

Selanjutnya kalian hanya perlu menyirami bibi strawberry tersebut di setiap pagi dan sore, dan tetap menjaga kelembapan tanahnya.

Kebutuhan airnya harus selalu terpenuhi dengan baik, agar bibit tanamannya bisa lebih cepat tumbuh.

Dan untuk menyiraminya harus disiram menggunakan embrat atau cerek khusus tanaman dengan rutin mulai dari masa penanaman sampai memasuki fase generative

Penyiraman yang dilakukan ini harus secara intensif, bila perlu dibuatkan jadwal. Perlu diperhatikan juga untuk selalu memelihara kelembapan pada media tanam yaitu dengan menjaga tanah agar tidak kering.

Penyulaman

Penyulaman harus dilakukan ketika strawberry mengalami gangguan pertumbuhan, rusak, tidak dapat tumbuh dengan sempurna, atau pun mati.

Jika tanaman mati tukar dengan bibit yang baru pada media yang sama. Penyulaman ini dilakukan karena dapat mengidentifikasi masalah seperti gagal panen dapat dihindari.

Mencegah Tanaman Dari Serangan Hama Dan Penyakit

Adanya hama merupakan salah satu masalah yang harus diperhatikan . Pastikan hama tidak ada yang menempel di tanaman strawberry.

Untuk mencegahnya, bisa dilakukan dengan menyemprotkan pestisida yang disarankan untuk tanaman strawberry.

Baca Juga:  Cara Budidaya Lidah Buaya Agar Cepat Tumbuh

Pastikan juga tanaman strawberry ini tidak diserang hewan lain, contohnya seperti burung merpati maupun jenis burung yang lainnya.

Pemupukan Tanaman

Setelah tanaman strawberry sudah berusia 2 bulan maka harus diberi pupuk, hal ini dilakukan agar dapat mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Kalian bisa menggunakan pupuk organic maupun anorganik yang sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Pastikan juga pada organ tanaman seperti buah, batang, dan daunnya tidak terkena pupuk.

Perampelan

Perampelan ini dilakukan jika ada tunas atau batang yang tumbuh berlebihan. Untuk mengambil bagian vegetative pada tanaman strawberry tersebut, cukup dengan memotong 1-2 tunas disamping tanaman strawberry yang merunduk dari setiap pohon. Lalu tunas yang dipoyong tersebut kemudian dibuang saja.

Pemberian Fitohormon

Para petani hortikultura memperbanyak hasil buahnya dengan cara memberikan hormon di bagian batang tanaman strawberry yaitu dengan cara disuntik. Dan  untuk hormon yang digunakan merupakan gas etilen yang bisa mempercepat dalam proses pematangan buah.

Ada juga selain itu, yaitu hormone Indol Asam Aselat dengan gibereling yang fungsinya untuk mempertebal ukuran pada batang dan juga menghasilkan buah yang lebih banyak.

Fitohormon merupakan sekumpulan senyawa organic, senyawa ini terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia.

Kandungan dari hormon dapat mendorong, mengubah pertumbuhan,menghambat, perkembangan, dan juga pergerakan tumbuhan.

Tips Supaya Strawberry Dapat Berbuah Dengan Cepat

Yang dibutuhkan supaya tanaman strawberry bisa cepat berbuah yaitu dengan pendangiran dan juga penyiangan. Kedua kegiatan tersebut bersifat koheren dan juga kohesif di dalam dunia pertanian.

Kedua kegiatan tersebut dalam bisnis pertanian juga memberikan faktor yang besar kesuksesan dalam kegiatan pertanian seluruh dunia.

Pendangiran ini dilakukan supaya lahan menjadi gembur dengan cara dicangkul kecil-kecil dan jangan sampai melukai akar tanamannya.

Baca Juga:  Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat

Dan untuk penyiangan sendiri merupakan sebuah proses mencabut rumput-rumput liar yang ada pada tanah, hal ini dilakukan supaya bisa mencegah tumbuhnya jamur, hama parasite, dan penyakit.

Proses Pemanenan

Tanaman strawberry biasanya dalam satu setengah bulan sudah bisa dipanen. Dan seberapa cepat prosesnya itu tergantung dari perawatannya.

Untuk ciri-ciri strawberry yang sudah siap untuk dipanen yaitu sebagi berikut ini:

  1. Saat dipegang daging buahnya terasa kenyal dan juga empuk.
  2. Memiliki rasa yang sedikit asam ketika digigit.
  3. Memiliki warna buah yang berwarna merah muda ataupun tua dan dengan tangkai yang berwarna cokelat kekuningan.

Kalian bisa menggunakan gunting khusus untuk proses panennya ayau bisa juga dengan menggunakan pisau yang tajam. Setelah dipetik buahnya jangan lupa untuk mencuci dan keringkan dengan angina.

Nah, itulah tadi Cara Menanam Strawberry Menggunakan Media Polybag Dengan Mudah dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.