Cara Menanam Timun
Cara Menanam Timun

Cara Menanam Timun

Diposting pada

Cara Menanam Timun – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Timun.


Cara Menanam Timun


Mentimun ataupun yang biasa diketahui dengan timun merupakan tipe buah yang sangat disukai oleh mayoritas warga sebab memberikan sensasi fresh dikala dimakan.

Timun sangat gampang buat ditemui dimana mana sebab timun ini sendiri merupakan salah satu tipe buah yang senantiasa terdapat dimanapun tiap saat.

Tidak cuma buat disantap, timun pula mempunyai khasiat yang lumayan besar dalam aspek kecantikan, salah satunya merupakan masker dari yang dibuat dari ekstrak timun.

Tetapi, budidaya timun ataupun mentimun ini kerapkali hadapi kegagalan, paling utama agar tumbuhan timun bisa menciptakan buah yang banyak.

Ini disebabkan timun perlu perlakuan spesial supaya produktivitasnya besar. Saat ini banyak pula yang memilih membududayakan timun secara hidroponik.

Syarat-syarat Berkembang Tumbuhan Timun

Pemenuhan syarat-syarat berikut hendak memastikan sukses ataupun tidak proses budidaya timun yang hendak kamu coba.

Tumbuhan timun memerlukan posisi yang bersuhu 22-30 derajat Celcius, dan posisi yang sesuai buat melaksanakan budidaya timun merupakan wilayah dataran rendah.

Serta yang terkahir merupakan tipe tanah tumbuhan timun sangat menggemari tanah yang kaya hendak humus serta produktif dan mempunyai kandungan keasaman ataupun pH 6-7.


Langkah-Langkah Budidaya Mentimun

Pengolahan Lahan

Sehabis lahan siap serta tanah telah dalam keadaan gembur, maka langkah berikutnya merupakan membuat bedengan.

Baca Juga:  Cara Menanam Sawi

Buatlah bedengan diatas lahan dengan dimensi lebar 1 m serta tinggi kira-kira 20-30 centimeter.

Kemudian, buatlah jarak antar bedengan hampir 20 centimeter dengan panjang bedengan yang membiasakan dengan ukuran lahan yang dipakai.

Jangan lupa buat membuat parit diantara bedengan yang berperan buat sistem drainase. Sehabis bedengan siap, setelah itu tutup bedengan memakai mulsa plastik.

Bila bisa, upayakan buat memasangnya kala siang hari ataupun cuaca lagi panas dengan tujuan buat mengoptimalkan keadaan panjang serta ketahanan dari mulsa plastik.

Sehabis siap, buatlah lubang pada bedengan yang telah ditutupi mulsa dengan diameter hampir 10 centimeter.

Jarak tanam antar lubang dalam satu baris dapat terbuat sejauh 40 centimeter, sebaliknya tidak sering lubang antar baris merupakan 50-60 centimeter. Perlu diingat, dalam satu bedengan terbuat 2 baris tanam.

Menyemai Benih Mentimun

Buat penanaman dapat dicoba dengan 2 metode, ialah dicoba penyemaian terlebih dulu ataupun ditanam secara langsung. Untuk metode yang awal dapat dicoba dengan menyemainya pada polybag kecil.

Isilah polybag kecil memakai kombinasi tanah serta pula pupuk kandang yang telah halus. Setelah itu masukan satu persatu benih mentimun pada polybag.

Setelah berakhir letakkan pada tempat yang menemukan penyinaran yang lumayan. Jalani penyiraman secara tertib tiap pagi serta sore.

Benih hendak mulai berkembang sehabis berumur 2 hari benih hendak mulai berkembang.

Cara Menanam Timun


Proses Penanaman Benih Mentimun

Benih telah dapat ditanam kala telah berusia 19 hari. Triknya bukalah polibag serta pindahkan tanah beserta benihnya kedalam lubang yang sudah dibuat.

Jalani penyiraman sehabis bibit ditanam buat melindungi kelembabanya. Tanamlah bibit pada pagi ataupun sore hari buat meminimalkan kelayuan pada tumbuhan.

Buat metode menanam timun kedua dapat dicoba menanam secara langsung benih pada lubang yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  Cara Budidaya Pisang Ambon Supaya Berbuah Lebat

Triknya masukan 1 ataupun 2 benih mentimun pada lubang setelah itu tutup kembali memakai tanah. Jangan lupa buat melaksanakan penyiraman secara tertib.

Benih hendak mulai berkembang kala telah 2-3 hari. Serta sehabis tumbuhan berkembang, pasang lanjaran pada tumbuhan.

Mengingat kalau timun ialah tumbuhan yang merambat, supaya tidak merambat kemana-mana hendak lebih baik bila disediakan media perambatan semacam lanjaran.

Tidak hanya itu lanjaran berperan supaya buah mentimun menggantung serta tidak tergeletan di tanah ataupun diatas mulsa plastik.

Bila timun tergeletak diatas tanah ataupun plastik, mungkin buah busuk serta rusak dapat terjadi.

Perawatan Tumbuhan Mentimun

Tahap berikutnya merupakan proses perawatan ataupun pemeliharaan tumbuhan mentimun supaya dapat berkembang dengan baik serta menciptakan buah yang bermutu.

Tahap perawatan dalam budidaya mentimun meliputi pengairan, pemupukan serta penyiangan.

Pengairan Tumbuhan Mentimun

Buat pengairan, dapat mulai dicoba kala tumbuhan berkecambah ataupun berumur 1-4 hari.

Sehabis tumbuhan mempunyai batang serta daun ataupun hampir usia 15-20 hari, pula perlu dicoba pengairan pada tumbuhan. Berikan pengairan secukupnya

Serta jangan sampai sangat lembab cukup berikan sampai tanah nampak basah. Tanah yang sangat lembab apalagi tergenang air tidak hendak baik buat perkembangan dari tumbuhan mentimun.

Pemupukan

Proses kedua merupakan pemupukan. Pupuk dasar diberikan kala pengolahan lahan memakai pupuk kompos serta pupuk kandang. Buat pupuk tambahan diberikan kala tumbuhan berusia 2 minggu.

Pupuk yang dianjurkan buat perkembangan tumbuhan mentimun merupakan pupuk organik serta berikan pula sedikit tambahan dari pupuk UREA, TSP serta pula KCL.

Penyiangan

Proses terakhir merupakan penyiangan tumbuhan. Pembersihan tumbuhan liar di dekat tumbuhan pula perlu dibersihkan buat mengoptimalkan perkembangan tumbuhan.

Tumbuhan liar hendak meresap nutrisi yang sepatutnya diserap oleh tumbuhan mentimun.

Baca Juga:  Cara Budidaya Timun Suri Supaya Berbuah Lebat
Pengendalian Hama serta Penyakit

Tumbuhan mentimun pula kerap menemukan serbuan hama serta penyakit. Jadi, pengolahan serta pemeliharaan tumbuhan wajib dicoba dengan baik serta benar.

Sebagian hama serta penyakit yang kerap melanda merupakan gulma, kepik hijau, kerat daun, bintik daun serta hama pengerat.

Hama serta penyakit dapat dikendalikan dengan memakai pestisida biologi ataupun pula dapat dicoba pengambilan secara manual pada hama kepik.

Proses Pemanenan Tumbuhan Mentimun

Tumbuhan mentimun dapat dipanen bila telah berusia 75 hari sehabis tanam. Panen dicoba secara berkala tiap harinya dengan memetik buah yang telah siap dipetik.

Sehabis dipetik buah mentimun wajib lekas dimasukkan kedalam karung jaring buat menjauhi kehancuran mengingat buah ini mempunyai kulit yang gampang tergores serta mudah rusak.

Letakkan timun dalam temperatur yang sejuk buat menjauhi penguapan cairan dalam buah.

Pemetikan serta penempatan buah timun yang benar serta baik dapat membuat tumbuhan lebih baik serta bermutu.

Nah itulah tadi Cara Menanam Timun dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.