Cara Mencangkok Pohon Jambu Dengan Baik dan Benar

Cara Mencangkok Pohon Jambu Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Mencangkok Pohon Jambu Dengan Baik dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara mencangkok pohon jambu dengan baik dan benar .

Cara Mencangkok Pohon Jambu

Okulasi atau okulasi merupakan suatu teknik dalam penanaman dengan tujuan memperbanyak buah dengan cara vegetatif buatan, tujuan penyambungan juga agar tanaman jambu biji ini dapat ditempatkan dalam pot atau wadah polybag.

Keunggulan dari teknik okulasi ini, buahnya akan sebanyak tanaman induk dan tanaman jambu biji tidak tumbuh tinggi.

Alat dan Bahan

  1. Pohon jambu yang sehat untuk dijadikan tempat persemaian induk
  2. Alat tajam seperti pemotong, pisau dan parang
  3.  Tanah yang gembur
  4. Pupuk kandang dan pupuk cair
  5. Bungkus plastik, sabut kelapa (ijuk)
  6. Media tanam (pot atau polybag)
  7.  Tali

Proses Pencangkokan

  1. Pilih batang pohon dari induk calon bibit yang baik dan tua, dengan diameter sekitar 2,5 cm dan panjang cabang sekitar 60 – 120 cm.
  2. Potong kulit dahan secara melingkar dengan panjang 4-7 cm, dan pastikan irisan berada di bawah ujung daun, dan kikis dahan dengan ujung pisau, dan seka lendir dari dahan menggunakan kain.
  3. Setelah dahan dikupas, biarkan mengering selama 1-2 hari, lalu bungkus dahan dengan plastik dan sabut kelapa yang sudah disiapkan. lalu ikat bagian bawah dahan.
  4. Masukkan hasil tanam beserta pupuk yang sudah dicampur ke dalam bungkus cabang. rapikan tanah sehingga menutupi cabang yang terkelupas dan kemudian ikat bagian atas cabang.
  5. Setelah itu, pertahankan kelembapan dari tanah hasil cangkok dengan menyiramnya secara rutin pada pagi dan sore hari, buka penutup atas saat penyiraman dan lihat apakah akarnya sudah tumbuh atau belum.
  6. Akar tanaman yang dicangkok akan tumbuh sempurna setelah beberapa bulan, setelah akar tumbuh sempurna, kemudian pohon yang dicangkok dipotong dengan alat tajam.
  7. Setelah tanaman cangkok dipotong, jangan langsung ditanam di lahan terbuka seperti kebun, lalu lakukan penyemaian dalam pot atau polybag.
  8. Polybag yang baik berisi campuran tanah gembur dan pupuk kandang kemudian dibuat lubang pada polybag tersebut sebesar batang cangkok.
  9. Tanam hasil cangkokan ke dalam polybag kemudian padatkan tanah, polybag harus diletakkan di tempat yang sejuk.
  10. Setelah 3 bulan, pohon yang sudah diunggulkan bisa dipindahkan ke tempat yang lebih banyak sinar matahari
  11. Setelah itu hasil dari penyemaian pohon dapat ditanam di tempat yang lebih terbuka, tanam hasil cangkokan bersama dengan tanah penyemaian agar tidak mati.
  12. Siram cangkok secara teratur di pagi dan sore hari.
Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Pot Atau Polybag

Setelah proses penanaman selesai, selanjutnya dilakukan pemupukan tambahan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman dan juga menyuburkan tanah.

Rawat tanaman dari gulma dan hama yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman okulasi.

Cara Mencangkok Pohon Jambu Dengan Baik dan Benar

Manfaat Mencangkok

  1. Tanaman yang dicangkokkan akan berbuah lebih cepat daripada tanaman yang tumbuh dari biji.
  2. Tanaman yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya.
  3. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi, karena dalam proses okulasi akar akan tumbuh saat masih berada di pohon induk.
  4. Produksi dan kualitas buah akan sama persis dengan tanaman induknya.
  5.  Tanaman hasil cangkok bisa ditanam di tanah yang air tanahnya tinggi atau di tanggul kolam ikan.

Selain keuntungan ini, ada juga beberapa kerugian / kerugian dari pembibitan yang dicangkok. Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan terhadap kekeringan. Tanaman dapat dengan mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar.

Pada pohon induk tajuk rusak karena banyak cabang yang dipotong. Dalam satu pohon induk kita hanya dapat mencangkok beberapa batang, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak dapat dilakukan dengan cara ini.

Nah itulah tadi Cara Mencangkok Pohon Jambu Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.