Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Diposting pada

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara merawat tanaman aglaonema agar cepat beranak.

Cara Merawat Aglaonema

Aglaonema adalah tanaman hias yang paling digemari karena mempunyai daun yang indah, tanaman aglaonema mempunyai daun dengan corak warna yang bermacam-macam mulai dari hijau, perak, hijau kekuningan, punk, kuning dan putih. Perkembangan tanaman aglaonema terbilang pesat, hal ini terlihat dari banyaknya jenis aglaonema baru.

Aglaonema selain memiliki corak warna yang indah juga tidak sulit dalam pemeliharaannya, aglaonema merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh, tanaman aglaonema merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air, namun dalam penyiraman tidak perlu berlebihan membanjiri media tanam, hal ini justru dapat menyebabkan akar tanaman aglaonema membusuk, lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.

1. Media Tanam Yang Tepat

Untuk pertumbuhan yang optimal tanaman aglaonema, media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, pupuk kandang / kompos dan pasir dengan perbandingan 2: 2: 1, dengan keasaman netral antara 5-7, ditempatkan dalam pot.

2. Penyiraman Yang Pas

Tanaman aglaonema merupakan tanaman yang menyukai air, untuk itu tanaman aglaonema disiram secara rutin pada pagi dan sore hari, namun jangan menyiram media tanam karena dapat menyebabkan pembusukan pada akar tanaman.

3. Penempatan Yang Benar

Tanaman aglaonema menyukai tempat yang lembab, namun tanaman ini juga menyukai sinar matahari, namun daun aglaonema dapat mengering dan berwarna coklat jika tempat terlalu panas, oleh karena itu sebaiknya berikan perlindungan pada bagian atap agar tanaman aglaonema tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga:  Cara Menanam Strawberry Menggunakan Media Polybag Dengan Mudah

4. Pemupukan Yang Benar

Untuk menjaga pertumbuhan tanaman aglaonema yang optimal, berikan pupuk tambahan sebagai nutrisi tanaman, pemberian pupuk alami lebih dianjurkan karena memberikan nutrisi lebih bagi tanaman, berikan pupuk tambahan secara rutin setiap 3 bulan sekali.

5. Pencucian Daun Aglaonema

Keindahan tanaman aglaonema ada pada daunnya agar daun terlihat lebih cerah dan berkilau, anda bisa mencucinya dengan ramuan berikut air, santan dan sabut kelapa, campurkan ketiganya kedalam wadah kemudian ambil dan oleskan pada permukaan daun secara merata, diamkan 15-30 menit kemudian bilas dengan air, tanaman aglaonema akan terlihat lebih cerah, bersih dan indah.

6. Penanganan Hama dan Penyakit

Tanaman aglaonema merupakan tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit. Namun, bukan tanaman ini berarti tidak bisa terkena seranga hama dan juga penyakit. Gunakan cara pengolahan yang alami dan benar agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman aglonema.

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Agar Tanaman Aglaonema Cepat Beranak

Tanaman aglaonema dapat diperbanyak dengan berbagai cara, salah satunya dapat menggunakan metode generatif dengan menggunakan anakan, tentunya Anda ingin tanaman aglaonema cepat berkembang biak sehingga koleksi tanaman aglaonema semakin banyak, caranya adalah dengan merangsang dengan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh).
ZPT adalah zat khusus yang dibuat untuk merangsang pertumbuhan tanaman, ZPT berbeda dengan pupuk, ZPT bertujuan untuk menyerap unsur hara dari tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan cepat sedangkan pupuk memberikan unsur hara tersebut, ZPT bisa didapatkan di toko pertanian terdekat.

ZPT memiliki banyak produk dengan kegunaan yang berbeda-beda, khususnya untuk merangsang pertumbuhan tanaman aglaonema dengan menggunakan ZPT jenis sitokinin. Cara penggunaan ZPT sitokinin dapat disemprotkan pada tanaman dan menggunakan dosis sesuai anjuran pada kemasan.Setelah

Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa Dengan Mudah

dilakukan penyemprotan sitokinin ZPT, tidak lama kemudian tanaman Aglaonema akan tumbuh anakan dengan cepat.

Nah itulah tadi Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.