Cara Merawat Bunga Melati
Cara Merawat Bunga Melati

Cara Merawat Bunga Melati

Diposting pada

Cara Merawat Bunga Melati – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Merawat Bunga Melati.


Cara Merawat Bunga Melati


Bunga Melati ialah tipe tumbuhan hias yang mempunyai karakterisktik berbatang tegak serta sanggup hidup dengan durasi yang sangat lama.

Melati pula masuk dalam genus dari semak serta tumbuhan rambat dalam keluarga zaitun.

Perlu kamu tahu kalau Bunga Melati mempunyai 200 spesies tanaman asli wilayah tropis serta pula hangat yang berasal dari Eurasia, Australasia serta Oseania.

Saat ini bunga melati telah secara luas di budidayakan sebab aroma khas yang dimilikinya.

Bunga Melati yang kerap kita temui ialah bunga dengan warna yang umum, ialah putih meski masih terdapat banyak tipe bunga Melati yang mempunyai warna lain.

Tidak hanya mempunyai keelokan, bunga ini pula umumnya digunakan buat kombinasi teh ataupun pula pernak-pernik pengantin dalam perkawinan.


Merawat Bunga Melati Supaya Kilat Berbunga

Media Tanam Wajib Diperhatikan

Pemilihan media tanam sangat mempengaruhi buat keberlangsungan perkembangan serta pula kesehatan bunga ini supaya bisa berbunga rimbun.

Media tanam yang sangat cocok buat membudidayakan Bunga Melati merupakan tanah berhumus yang gembur serta memiliki sistem drainase bagus.

Tidak hanya itu Kamu bisa menggunakan komposisi sekam, pupuk kandang, serta kombinasi tanah dengan perbandinan 3:2:1 sebagai media tanam.

Diusahakan kelembaban media tanam senantiasa terpelihara, pakai skala wajar serta tidak tergenangi air.

Baca Juga:  Cara Mudah Merawat Bunga Krisan

Pastikan pula tingkatan keasaman (pH) media tanam pada tingkat 6–7. Jangan lupa sistem drainase pada media tanam wajib berdrainase baik.

Pembibitan

Proses ini pula memastikan Bunga Melati supaya cpat berbunga, semacam pepatah berkata dengan bibit yang baik hendak menciptakan bunga yang baik pula.

Untuk itu dalam proses pembibitan wajib memilah indukan (bibit) Bunga Melati dengan keadaan baik.

Pembibitan sendiri bisa dicoba dengan metode menaman biji serta stek ataupun vegetative. Tetapi buat memperoleh bibit Bunga melati dengan cepat memilih dengan metode stek batang.

Buat proses pembibitan dengan metode stek wajib memilih batang Bunga Melati dengan keadaan baik, ialah memilih batang yang tidak sangat tua serta tidak sangat muda.

Pakai pisau tajam buat memotong tangkai, potong pada tangkai Bunga Melati kurang lebih hampir 10-15 centimeter dari pucuk serta sebisa mungking mengurangi daun-daunnya.

Cara Merawat Bunga Melati


Penyulaman serta Penjarangan

Metode merawat bunga Melati yang selanjutnya merupakan dengan penyulaman. Penyulaman ini ialah penggantian bibit yang telah mati ataupun berkembang abnormal dengan bibit bunga Melati yang baru serta fresh.

Metode penyulaman pula pada prisnsipnya sama dengan metode penanaman, cuma saja penyulaman ini dicoba langsung di posisi ataupun lubang tanam kala melaksanakan pergantian bibit yang telah mati ataupun abnormal.

Serta buat waktu penyulaman hendaknya dicoba jangan lebih dari sebulan sehabis penanaman.

Jalani penyulaman secepat munkin supaya tumbuhan bisa berkembang serupa serta tidak merepotkan kala pemeliharaan berikutnya.

Penyulaman ini bisa dicoba kala pagi ataupun sore hari saat matahari tidak sangat menusuk.

Penyiangan

Metode merwat bunga Melati yang berikutnya merupakan dengan penyiangan. Sehabis Melati tumbuh satu bulan umumnya lahan hendak ditumbuhi dengan gulma ataupun rumput liar.

Baca Juga:  10 Manfaat Bunga Lavender Untuk Kesehatan

Gulma ini nantinya hendak jadi pesaing untuk tumbuhan Melati dalam penuhi kebutuhan faktor hara, air serta pula cahaya matahari.

Sinar Matahari Pula Butuh Diperhatikan

Buat mengatasi Bunga Melati supaya cpat berbunga yang wajib dicermati merupakan dengan mencermati kebutuhan pencahayaan.

Tumbuhan ini sangat bahagia dengan tempat terbuka yang mempunyai suplai cahaya matahari yang melimpah dikala proses pertumbuhannya.

Apabila Kamu menanam pada pot ataupun menempatkan tumbuhan ini pada tempat teduh, pula butuh mencermati pencahayaan.

Upayakan paparan cahaya matahari yang diterima Bunga Melati Kamu lumayan serta senantiasa terpelihara.

Adanya sinar matahari yang lumayan membolehkan Bunga Melati bisa berkembang dengan wajar dan bisa berfotosintersis dengan baik sehingga tumbuhan ini cpat berbunga.


Perhatikan Pula Waktu Pemangkasan Tanaman

Metode merwat Bunga Melati supaya cpat berbunga yang lain ialah dengan mencermati pemangkasan tumbuhan, perihal ini bermanfaat buat mensterilkan cabang tumbuhan melati yang telah tua supaya cabang muda bisa berkembang dengan produktif.

Tidak hanya itu, pemangkasan tumbuhan bisa memicu perkembangan bunga-bunga baru dengan jumlah yang lebih rapat serta jadi rimbun.

Pemangkasan tumbuhan melati bisa dicoba pada musum kemarau, ataupun bisa dicoba pada dikala cabang-cabang mulai nampak layu, tua, serta kurang sehat.

Buat menciptakan kantum bunga melati fresh dengan aroma yang kuat dan berdimensi besar serta rimbun, jangan ragu buat memotong sebagian tangkai kuncup bunga yang nampak kerdil (kecil) serta nampak kurang indah.

Kemudian tinggalkan beberapa kuntum melati yang nampak sehat serta berdimensi besar sebagai bunga utama.

Penyiraman

Metode merwat bunga Melati yang selanjutnya merupakan dengan mencermati pengairan. Pada fase awal ataupun dini, perkembangan tumbuhan ini memanglah memerlukan pasokan air yang lumayan banyak.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya

Makaa pengairan bisa dicoba secara teratur/berkala tiap hari sampai tumbuhan berusia 1 bulan.

Pengairan pula hendaknya dicoba kala pagi serta sore hari dengan metode menyiram tumbuhan hingga tanah disekitar pangkal jadi basah.


Perhatikan Pemumpukan yang Tepat

Semacam manusia, tumbuhan pula membutuhkan nutrisi buat senantiasa berkembang. Berilah pupuk buat nutrisinya, pupuk bisa diberikan pada waktu tumbuhan telah tiba umur satu minggu pasca penanaman.

Pupuk yang terbaik sebagai perangsang melati supaya kerap berbunga merupakan pupuk NPK, berikan pupuk ini dengan perbandingan 15:15:15, dosis yang diberikan merupakan 5 gr per tumbuhan lumayan satu bulan sekali. Boleh diberikan sejak diawali saat umur penanaman telah mengijak 2 minggu.

Tidak hanya itu, buat kebutuhan hara, bisa diberikan pupuk organik, diantranya Growmore serta Gandasail dengan takaran 2 cc tiap satu minggu sekali. Pada biasanya pemberian pupuk bisa diberikan berbarengan dengan penyiraman.

Nah itulah tadi Cara Merawat Bunga Melati dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.