Tips Cara Merawat Tanaman Hias

Tips Cara Merawat Tanaman Hias

Diposting pada

Tips Cara Merawat Tanaman Hias – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara merawat tanaman hias.

Tips Cara Merawat Tanaman Hias

Bagi pecinta taman, kegiatan menanam dan merawat tanaman hias merupakan hobi yang menyenangkan. Selain bisa menghias dan menanam tanaman hias sesuka hati di pekarangan rumah, proses seperti membeli bibit, menanam dan merawat tanaman hias menjadi tanaman yang tumbuh subur dan memiliki warna yang indah serta harum.

Namun jika kita tidak merawat tanaman hias tersebut dengan baik malah bisa membuat kita stress lho misalnya tanaman hias yang kita tanam tidak tumbuh dengan baik dan juga layu bisa jadi salah dalam merawat tanaman hias tersebut, terkadang ada tanaman yang membutuhkan perhatian khusus untuk bisa tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu anda perlu mengetahui cara merawat tanaman hias yang baik, agar anda tetap nyaman dalam berkebun dan mendapatkan banyak manfaat dari tanaman hias yang anda tanam.

Penyiraman Tanaman Hias

Sebenarnya cara merawat tanaman hias tergantung dari jenis tanaman hias dan juga cara dan waktu penyiraman dengan benar, maka sebaiknya anda mengetahui kebutuhan air untuk tanaman hias di taman anda.

Penyiraman tanaman hias juga tidak sembarangan jika tanaman hias terlalu sedikit akan membuat tanaman layu dan mati, sebaliknya jika menyiram tanaman hias terlalu banyak juga tidak baik karena dapat membuat akar tanaman membusuk.

Baca Juga:  Cara Budidaya Pisang Ambon Supaya Berbuah Lebat

Oleh karena itu berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman tanaman hias:

  1. Siram tanaman pada pagi dan sore hari secara rutin, supaya tanaman dapat mempunyai cadangan saat menghapai panasnya terik matahari.
  2. Untuk menyiram tanaman alangkah baiknya dilakukan di beberapa tempat yang lain, jangan berfokus pada satu tempat saja.
  3. Siram tanaman sejukupnyan jangan terlalu basah sampai menggenangi tanaman tersebut sehingga dapat menghambat oksigen dan dapat mendatangkan penyakit.

Penyinaran Matahari

Tanaman hias yang kita tanam membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosensis, baik tanaman hias luar ruangan maupun tanaman hias dalam ruangan membutuhkan kadar sinar matahari, namun hal yang sama juga menyiram tanaman yang mendapat sinar matahari berlebihan juga salah, karena dapat membuat tanaman. hias layu, dibakar dan dikeringkan.

Kita harus mengetahui kebutuhan tanaman hias akan sinar matahari yang ideal agar tanaman hias kita aman dari kekeringan dan layu, umumnya tanaman hias membutuhkan 4 – 5 jam sinar matahari langsung, sedangkan tanaman buah dan sayur membutuhkan sekitar 6 jam sinar matahari langsung setiap harinya.

Berbeda dengan tanaman yang bisa tumbuh dengan sedikit sinar matahari seperti pakis dan tanaman sejenis, tanaman ini hanya membutuhkan sekitar 2 jam sinar matahari langsung.

Pengontrolan Suhu dan Kelembaban

Semua jenis tanaman baik tanaman buah-buahan, tanaman sayuran, tanaman bunga maupun tanaman hias pasti membutuhkan suhu dan kelembaban yang ideal untuk pertumbuhan yang optimal, kita harus rajin mencari tahu suhu dan kelembaban yang tepat untuk tanaman hias kita, agar tanaman hias kita sendiri. Tanaman tidak tumbuh di tempat dan cuaca yang salah, pemilihan tanaman hias juga harus sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di halaman rumah Anda. Misalnya tanaman hias dingan kurang cocok ditanam di iklim tropis.

Baca Juga:  Cara Menanam Buncis

Pemberantasan Hama dan Penyakit

Ada banyak cara merawat tanaman hias dan juga memberantas hama. berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan

Menghindari tanaman hias dari serangan hama dan penyakit memang gampang-gampang susah, terutama untuk hama musiman, sehingga perlu pengendalian secara teratur.

Hindari Pupuk Kimia

Cara merawat tanaman hias yang baik adalah dengan perawatan menggunakan bahan alami, misalnya pemberian pupuk alami dan perawatan bebas bahan kimia berbahaya.

Faktanya, banyak ahli tanaman yang menganjurkan merawat tanaman dengan menggunakan bahan alami seperti pupuk kandang, pupuk daur ulang kompos alami, dan juga unsur hara alami.

Pemakaian pupuk alami membuat tanaman hias kita tumbuh subur secara alami dan tidak mudah layu serta dapat menahan berbagai penyakit.

Pemberian Tambahan Nutrisi Tanaman

Agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik dan optimal maka perlu diperhatikan nutrisi untuk tanaman hias kita ada sekitar 6 unsur hara agar tanaman hias anda dapat tumbuh dengan sempurna yaitu nitrogen, fosfor, kalium. Anda bisa mendapatkan semua nutrisi ini di dalam tanah, kalsium, magnesium, dan belerang, jadi gantilah tanah secara teratur.

Dengan unsur hara tersebut maka tanaman hias yang ditanam dapat tumbuh optimal, subur dan tidak mudah layu serta tahan terhadap berbagai penyakit.

Tips Cara Merawat Tanaman Hias

Menjaga Kebersihan Disekitar Tanaman Hias

Kebersihan adalah hal yang penting untuk mempertumbuhkan tanaman, bersihkan tanaman dari tumpukan sampah plastik dan bahan-bahan yang tidak mudah untuk diuraikan dengan baik.

Jangan lupa untuk membersihkan tanaman hias dari tanaman penggganggu, juga bersihkan tanaman hias yang sudah patah,dan selalu pangkas tanaaman hias agar terlihat rapi.

Nah itulah tadi Tips Cara Merawat Tanaman Hias dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.