Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya

Diposting pada

Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya.

Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya

Memperindah halaman rumah maupun kebun dapat dilakukan dengan bermacam cara, yang salah satunya yaitu dengan menanam bunga-bunga dengan tampilannya yang menarik.

Bunga matahari merupakan salah satu pilihan terbaik buat kalian yang ingin menghadirkan suasana dengan membuat halaman menjadi lebih terkesan ceria.

Untuk menanam bunga matahari ini ternyata tidak sesulit dan serepot yang kalian bayangkan. Nah, langsung saja kalian simak caranya berikut ini.

1. Pemilihan Jenis Bunga

Pertama-tama yang harus kalian lakukan yaitu memilih jenis bunga matahari sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis bunga matahari ini memang dapat tumbuh sampai beberapa meter.

Tetapi terdapat beberapa jenis bunga ini yang tumbuhnya tidak sampai satu meter, yaitu seperti berikut ini:

  1. Teddy Bear
  2. Sunbeam
  3. Autumn Beauty
  4. Mammoth

2. Cara Memilih Kuaci

Kuaci yang baik akan menentukan pertumbuhan bunga mataharinya. Nah, berikut ini ada beberapa cara dalam memilih kuaci yang perlu kalian perhatikan:

  1. Belilah kuaci pada took yang mempunyai ulasan baik.
  2. Kauci yang dapay ditanam berbeda dari kuaci untuk cemilan, dan biasanya kuaci tanam mempunyai ukuran yang lebih kecil.
  3. Dari setiap jenis kuaci bunga matahari mempunyai bentuk dan juga warna yang beda.
Baca Juga:  Cara Membentuk Bonsai Kamboja (Adenium)

Selain itu juga, kalian dapat melakukan uji tanam sebelum kalian benar-benar memilih kuaci yang terbaik. Cara melakukan hal tersebut yaitu dengan merendam kuacinya kedalam air selama 5-10 menit.

Dan kuaci yang tidak layak untuk ditanam dapat dikenali dengan cara melihat kuaci yang terapung.

3. Penyiapan Lahan

Pastikan Air Dapat Mengalir Dengan Baik

Walaupun bunga matahari ini mudah untuk bertahan hidup, kalian harus tetap memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan lahan yang akan digunakan memiliki pembuangan air yang memumpuni, atau kalian juga bisa dengan membangun kotak tanam yang sederhana.
  2. Kotak tanam tersebut dapat dibangun dengan ukuran panjang 2,5 meter dengan bahan dari kayu cemara supaya tidak mudah rusak karena terkena air.

Periksa Ph Tanah

Bunga matahari ini cocok dengan tanah sedikit asam sampai sedikit basah dengan pH 6,0-7,5.

Walaupun bagitu, bunga matahari ini relatif elastis serta mampu untuk tumbuh pada kebanyakan jenis tanah.

Pilihlah Lahan Yang Terpapar Sinar Matahari Secara Penuh Serta Terlindung Dari Angin

Bunga matahari ini dapat tumbuh subur di iklim hangat sampai panas jika terpapar sinar matahari secara penuh. Selain itu juga, kalian harus melindungi bunga tersebut dari angina.

Untuk itu, tanam kuacinya pada sepanjang pagar, di samping rumah, ataupun di belakang pada barisan pohon yang kokoh. Dan jika memungkinkan, kalian menanam kuacinya pada sisi utara, agar dapat mencegah batang bunganya yang besar menghalangi tanaman yang lain pada kebun kalian.

4. Proses Penanaman

  1. Gemburkan tanah menggunakan sekop (jika tanahnya kekurangan nutrisi maupun mempunyai sistem drainase yang buruk, tambahkanlah kompos sebanyak 6 hingga 10 cm.
  2. Selanjutnya galilah lubang dengan kedalaman 2,5 cm dan jarak dari setiap benihnya yaitu 45 cm untuk jenis bunga yang ukurannya besar, dan 30 cm untuk bunga matahari yang ukurannya sedang.
  3. Masukkanlah beberapa benih di setiap lubangnya, lalu tutup kembali menggunakan tanah.
  4. Karena bunga ini mekar sekali dalam setahun, kalian dapat mengatur masa panen benihnya, supaya kalian dapat menikmati dari mekarnya bunga matahari ini untuk waktu lebih lama.
  5. Berikan juga sedikit pupuk organik sesudah bibitnya berhasil ditanam, dan sebarkan di area tanam supaya batang bunga matahari menjadi kuat.
  6. Dan basahi juga tanahnya dengan air, tetapi pastikan supaya benihnya tidak basah kuyup ataupun banjir karena air.
Baca Juga:  Cara Membudidaya Tanaman Bangle Dengan Mudah

5. Perawatan

Penyiraman Tanaman Secara Teratur Setiap Hari

Bunga matahari ini lebih suka jika disiram dengan banyak air, tetapi jarang jarang daripada sedikit air tetapi sering. Sesuaikan juga pemberian airnya, yaitu tergantung dari cuacanya aoakah panas atau berawan.

Tambahkan Lapisan Mulsa Di Permukaaan Tanah

Dilakukannya hal ini supaya dapat mencegah pertumbuhan gulma dan juga menahan kelembaban. Selain itu juga, tambahkan lapisan mulsa jika telah terjadi hujan yang lebat.

Basmi Jamur Dan Hama

Walaupun bunga matahari ini relatif aman dari serangga, ngengat juga dapat bertelur di permukaan bunga. Basmilah hal ini dengan mengambil cacing.

Selain itu juga, pasanglah jaring agar dapat mencegah burung yang menghancurkan bunga. Dan jika bunga matahari kalian terserang jamur maupun penyakit lainnya, kalian bisa menyemprotkan fungisida pada bunga matahari.

Nah, itulah tadi Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.