Cara Mudah Menanam Seledri Dalam Pot

Diposting pada

Cara Mudah Menanam Seledri Dalam Pot – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mudah Menanam Seledri Dalam Pot.

Cara Mudah Menanam Seledri Dalam Pot

Untuk menanam seledri didalam pot tidaklah begitu sulit. Pastinya kalian yang mempunyai hobi memasak membutuhkan tanaman ini. Tanaman seledri ini sering digunakan untuk bumbu dan juga bahan tamahan untuk masakan.

Walaupun mudah penanamannya, namun diperlukan pengetahuan dan juga pemahaman tentang cara menanamnya, supaya seledri bisa tumbuh subur. Seledri adalah tanaman sayuran yang bisa dibudidayakan di dataran rendah maupun didataran tinggi.

Dengan mempunyai tanaman sayuran ini dirumah, kalian jadi tidak perlu repot-repot untuk membelinya di pasar. Nah, berikut ini ada beberapa cara menanam seledri dalam pot yang mudah untuk dipraktikkan.

3 Cara Menanam Seledri Dalam Pot

1. Mempersiapkan Media Tanam

Sebelum menanam seledri yang harus dilakukan yaitu menyiapkan media tanamnya. Tanaman seledri membutuhkan media tanam yang subur dan juga gembur. Caranya seperti berikut ini.

Gunakanlah media tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Lalu ayak semua media, kemudian ambil bagian yang halus saja, lalu campur media hingga merata. Selanjutnya masukkan media tersebut kedalam pot tanam.

Kalian dapat menggunakan pot plastik yang berdiameter 25-35 centimeter. Lalu lubangi pada bagian dasar pot, isi pot sampai permukaan pot penuh dan juga padat. Kemudian diamkan media tanam tersebut selama 7 hari baru kemudian seledri bisa di tanam.

Baca Juga:  4 Cara Membuat Resep Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri Dengan Mudah

2. Menyiapkan Bibit Tanaman

Cara untuk menanam seledri dalam pot yang selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan bibitnya. Untuk bibitnya kalian bisa mendapatkannya dengan mengunjungi pasar tradisional yang terdekat, kemudian beli 1 ikat seledri, cabut yang masih ada akarnya, dan pilih yang masih segar.

Selanjutnya kalian dapat memisahkan anakan seledri supaya bisa mendapatkan tanaman indukan yang jumlahnya banyak. Bersihkan bonggol tanaman yang kotor. Lalu potonglah batang tanaman yang sudah tua.

Kemudian sisakan tunas mudanya saja dan usahakan tidak merusak akarnya. Selanjutnya tusuk pada bagian bonggol tanaman dengan menggunakan tusuk gigi di empat penjuru bagian.

Setelah itu isilah air kedalam gelas yang sudah kalian siapkan. Lalu masukkan bibit tanamannya kedalam gelas air mineral, jadi akar dan juga sebagian bonggolnya akan terendam, dan pada bagian tunasnya akan berada pada permukaan gelas.

Jangan lupa untuk menambahkan larutan nutrisi maupun pupuk daun kedalam air yang ada pada gelas. Dan setelah tunas mudan yang baru tumbuh 2-3 buah, kalian bisa memindahkannya pada media tanam dalam pot.

3. Penanaman Seledri

Setelah media tanam dan juga bibit tanamannya sudah siap, selanjutnya yaitu melakukan penanaman. Sebaiknya kalian melakukan penanaman seledrinya di pagi hari.

Caranya yaitu dengan membuat lubang untuk tanaman di media tanam pot nya, lalu sesuaikan kedalaman lubang tanamannya yaitu dengan tinggi tanaman dan juga panjang akar tanaman. Lalu lakukanlah penanaman dengan cara memasukkan bibit tanaman kedalam lubang tanaman.

Posisi tanaman harus tegak dan juga kokoh supaya tidak mudah roboh. Selain itu juga usahakan pada permukaan bonggolnya tidak semuanya tertutup media.

Selanjutnya lakukan penyiraman sampai jenuh dan airnya keluar dari lubang pada bagian bawah pot tanaman. Kemudian letakkan pot pada tempat yang teduh di awal masa tanam. Setelah itu kalian bisa mengeluarkan potnya pada tempat yang terkena sinar matahari penuh.

Baca Juga:  Cara Menanam Kangkung Hidroponik Dengan Mudah

Perawatan Tanaman Seledri

Selanjutnya yang harus dilakukan yaitu merawat tanaman seledri dengan baik. Untuk perawatn tanaman ini pun tidak terlalu sulit, lakukanlah penyiraman sesuai kebutuhan tanaman. Jika pada media masih basah dan juga lembab, maka kalian tidak perlu menyiramnya.

Untuk pemeliharaan menggunakan pupuk, cukup menambahkan pupuk kandang ke media ataupun pupuk organic yang lainnya, yang memiliki kandungan kandungan nitrogen tinggi. Dan tanaman seledri ini juga dikenal dengan tanaman yang tahan dari serangan hama dan juga penyakit tanaman.

Hindari juga penyemprotan menggunakan pestisida kimia, akan sangat berbahaya residunya jika tertelan pada saat di konsumsi.

Nah, itulah tadi Cara Mudah Menanam Seledri Dalam Pot. Selamat mencoba, semoga berhasil, semoga bermanfaat dan juga bisa membantu.