Cara Mudah Merawat Bunga Krisan

Diposting pada

Cara Mudah Merawat Bunga Krisan – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mudah Merawat Bunga Krisan.

Cara Mudah Merawat Bunga Krisan

Untuk merawat bunga yang dari suku Asteraceae ini tidak bisa sembarangan, harus menggunakan cara tertentu.Bunga krisan atau krisantemum ini juga dikenal dengan nama seruni, yang mulai muncul pada zaman kapur.

Bunga ini juga diduga berasal dari Jepang dan Cina. Tanaman bunga krisan ini menyebar ke kawasan Prancis dan Eropa pada tahun 1795.

Dan di Indonesia tanaman ini mulai masuk pada abad ke-17. Sejak tahun 1940 tanaman ini dikembangkan secara komersial.

Untuk bisa mendapatkan tanaman bunga krisan yang indah dan juga mepesona, membutuhkan perawatan yang ekstra. Berikut ini ada beberapa cara supaya bunga krisan dapat tumbuh dengan subur:

Memilih Media Tanam

Untuk krisan kecil, sebaiknya gunakan media tanam pot. Dan tanah yang digunakan untuk mengisi pot adalah tanah yang benar-benar gembur.

Yang aling idealnya adalah berupa campuran tanah gambut, arang sekam, dan juga serat kelapa dengan perbandingan yaitu 1:4:1.

Tetapi jika media tanam seperti kebun, bisa kalian buat petak-petak seperti halnya ketika ingin menanam sayur. Pastikan tanahnya juga gembur supaya dapat memudahkan akar krisan untuk menancap dan juga menjalar ke dalam tanah.

Memilih Lokai Yang Tepat

Untuk dapat menentukan tumbuh suburnya bunga ini harus menentukan lokasi yang tepat. Bunga krisan ini merupakan  jenis bunga yang kurang tahan terhadap sinar matahari walaupun menyukainya. Sehingga untuk merawatnya harus meminimalisir tersentuhnya sinar matahari. Bagusnya jika bunga ini terkena sinar matahari sekitar 3-4 jam. Jika terlalu lama terkena sinar matahari maka bunga ini akan mudah layu.

Baca Juga:  Cara Menanam Pepaya Supaya Cepat Berbuah

Penyiraman Tanaman

Hal yang paling utama dari beragam jenis tanaman hias adalah penyiraman. Apalagi jika pada saat musim kemarau atau berada di daerah yang panas. Hal ini berlaku juga bagi bunga krisan.

Tetapi untuk bunga krisan ada yang perlu disiram yaitu pada bagian batang dan juga tanahnya saja. Karena bunga ini dapat membusuk akibat tumbuhnya jamur dan bakteri. Dan lebih baik jika penyiraman dilakukan pada pagi hari saja.

Teknik Pincing

Pinching merupakan teknik pemotongan atau pembuangan pucuk, yang biasanya akan pada awal penanaman. Teknin ini merupakan salah satu teknin yang sering digunakan oleh para pecinta tanaman hias.

Teknik Disbudding

Teknik ini merupakan salah satu teknik untuk merawat bunga krisan, yaitu dengan cara menyingkirkan bagian-bagian bunga yang tidak diinginkan. Teknik ini bertujuan untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.

Hundari Cahaya Lampu

Supaya bisa menghasilkan bunga yang indah, bunga kristan hanya membutuhkan sinar matahari dalam waktu yang singkat. Dan pada saat di malam hari membutuhkan are yang gelap.

Untuk itu ada baiknya jika menghindarkan bunga ini dari sinar apapun pada saat malam hari, termasuk juga cahaya lampu.

Memotong Bunga Setelah Layu

Mungkin sebagian banyak orang biasanya saat ada bunga yang layu di batangnya lalu dibiarkan begitu saja., Nah, untuk bunga kristan ini, sebaiknya saat ada bunga yang layu langsung saja dipotong pada bagian tangkai bunga yang layu tersebut. Dengan begitu tanaman krisan akan berbunga dengan lebat.

Selalu Membersihkan Hama Dan Gulma

Musuh terbesar pada tanaman, salah satunya bunga krisan yaitu hama dan juga gulma. Untuk itu, harus siap membersihkan bunga krisan ini dari hama dan gulma yang sewaktu-waktu menyerang tanaman ini.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya

Pemupukan Tanaman

Hal lain yang penting dilakukan yaitu melakukan pemupukan pada tanaman. Hal ini dilakukan supaya tetap ramah lingkungan, sebaiknya menggunakan pupuk organic seperti pupuk kompos atau pupuk kandang. Pemupukan ini dilakukan untuk menyuburkan tanaman.

Nah itulah tadi Cara Mudah Merawat Bunga Krisan, meskipun bunga ini asalnya dari daerah yang dingin dan sejuk. Bukan berarti tidak dapat dibudidayakan di daerah yang panas, yaitu dengan mengikuti cara merawatnya seperti yang telah diuraikan diatas.