Contoh Tanam Stek Batang

Contoh Tanam Stek Batang

Diposting pada

Contoh Tanam Stek Batang – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang contoh tanaman yang bisa tumbuh dengan stek batang.

Berikut Contoh Tanaman Stek Batang

Stek batang merupakan teknik perbanyakan tanaman yang terbaik, paling efisien dan paling banyak digunakan saat ini, metode stek batang ini menerapkan bagian batang tanaman kemudian ditanam pada lahan yang telah disiapkan dalam jangka waktu tertentu, batang ini stek berfokus pada memaksimalkan pembentukan akar baru. lalu hasil stek.

Sebelum dilakukan stek batang, siapkan alat dan bahan penunjang pemotongan batang ini, seperti benda tajam (pisau/cutter), plastik pembungkus, polybag dan juga media tanam. Batang Tanaman induk sebagai media stek ini harus sehat dan bebas dari berbagai penyakit serta tidak bertunas.

Tidak semua jenis tanaman dapat dibudidayakan menggunakan teknik stek ini, hanya beberapa jenis batang lunak dan keras yang dapat dibudidayakan melalui metode stek ini.

1. Tanaman Sukun

Tanaman ini merupakan jenis buah yang menghasilkan karbohidrat berumur panjang, tanaman ini mampu berproduksi sepanjang tahun dan sangat produktif.

Biasanya tanaman ini dibudidayakan melalui stek akar, namun cara ini memiliki banyak kekurangan yaitu pengambilan akar dilakukan secara bertahap, akar tanaman induk tidak rusak, dan biji yang dihasilkan dari stek akar ini sangat terbatas.

Dengan menggunakan teknik stek batang ini, pertumbuhan tanaman sukun ini menjadi pendek dan mendapat banyak biji.

Baca Juga:  Cara Membudidaya Tanaman Vanili Dengan Mudah

2. Tanaman Singkong

Singkong merupakan tanaman penghasil karbohidrat, tanaman ini banyak dimanfaatkan umbi dan daunnya. Umbinya bisa direbus atau dibakar sedangkan daunnya bisa dijadikan sayuran.

Tanaman ini dapat dibudidayakan dengan menggunakan stek batang sehingga dapat tumbuh subur dan memiliki banyak umbi

3. Tanaman Lengkeng

Banyak orang beranggapan bahwa membudidayakan tanaman kelengkeng melalui cara vegetatif itu sulit, hal ini karena kambiumnya tipis dan mudah kering, pendapat tersebut tidak benar jika kita merawatnya dengan baik, seperti media tanam yang tepat, umur tanaman. batang yang diambil, pengaturan suhu dan kelembaban perlu diperhatikan.

Metode stek batang tanaman lengkeng belum banyak dibudidayakan di Indonesia, namun tanaman ini dapat menggunakan metode stek batang yang dapat menghasilkan buah yang cepat, padat dan manis.

4. Tanaman Rosemary

Rosemary adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai bumbu dan digunakan sebagai dekorasi makanan, rosemary memiliki aroma yang harum dan rasa yang lezat.

Budidaya tanaman ini biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu teknik generatif dan vegetatif, tanaman rosemary ini jelas lebih cocok dibudidayakan menggunakan metode vegetatif dengan stek batang.

5. Tanaman Delima

Delima merupakan tanaman yang cocok dibudidayakan dengan metode stek batang karena sangat mudah dan praktis, bahkan tanaman ini dapat tumbuh tanpa stimulan akar.

Kunci terpenting dalam membudidayakan tanaman delima dengan cara stek batang adalah pada pemilihan batang pohon delima yang akan di stek, pemilihan media tanam yang tepat dan juga perawatan yang tepat.

6. Tanaman Cabe

Tanaman cabai merupakan tanaman yang cocok jika dibudidayakan dengan cara stek batang, cara stek batang lebih efektif dibandingkan dengan cara menanam benih.

Dalam metode stek batang cabai ini perlu memperhatikan induk yang akan dijadikan stek batang karena pada dasarnya stek batang ini memiliki kelebihan yaitu memiliki sifat yang sama dengan induknya.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Pot Atau Polybag

7. Tanaman Tomat

Tanaman yang cocok dengan metode stek batang lainnya adalah tanaman tomat karena tanaman tomat ini memiliki pertumbuhan yang cepat.

Selain itu tanaman ini mudah roboh jika terkena angin kencang dan hujan, oleh karena itu metode stek batang juga dilakukan untuk beban pohon tomat.

8. Tanaman Kopi

Indonesia merupakan penghasil buah kopi terbesar, namun tingkat produksinya masih relatif rendah. Salah satu faktornya adalah pemuliaan kopi yang tidak tepat.

Untuk dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi salah satu caranya adalah dengan cara vegetatif yang terdiri dari okulasi, okulasi dan stek, dan cara stek batang merupakan cara yang banyak digunakan saat ini dalam membudidayakan tanaman kopi.

Contoh Tanam Stek Batang

9. Tanaman Kelor

Kelor merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan dengan metode stek batang. Perawatan tanaman kelor sangat mudah.

Banyak orang membudidayakan tanaman kelor menggunakan metode stek batang karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dengan menggunakan metode ini. dan tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Nah itulah tadi Contoh Tanam Stek Batang dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.