Jenis Sayuran Akar Yang Sehat Dan Juga Manfaatnya Bagi Tubuh

Diposting pada

Jenis Sayuran Akar Yang Sehat Dan Juga Manfaatnya Bagi Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Sayuran Akar Yang Sehat Dan Juga Manfaatnya Bagi Tubuh.

Jenis Sayuran Akar Yang Sehat Dan Juga Manfaatnya Bagi Tubuh

Sama halnya dengan buah-buahan, sayuran juga memiliki banyak jenis. Dan salah satunya yaitu sayuran yang termasuk ke dalam sayuran akar atau umbi.

Sayuran akar ini sejatinya sering kalian temui sehari-hari. Sayuran akar apa saja yang termasuk ke dalam kelompok sayuran akar?

Nah, berikut ini ada beberapa jenis sayuran akar yang paling sehat.

5 Jenis Sayuran Akar Yang Sehat

Bawang Bombay

Bawang bombay ini menjadi salah satu sayuran akar yang sering digunakan untuk bumbu masakan.

Biasanya bawang bombay dimanfaatkan sebagai penambah aroma, dan juga untuk memperkuat cita rasa pada suatu hidangan.

Bawang bombay ini memiliki tinggi serat, antioksidan, dan vitamin C.

Kabarnya atioksidan pada bawang bombay dapat melindungi sel pada kerusakan oksidatif, dan juga dapat membantu mencegah dari berbagai penyakit.

Mnurut studi yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Institutes Health, jika mengonsumsi 3,5 ons bawang bombay merah dalam keadaan mentah per hari, maka secara signifikan dapat mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Dan studi lain menemukan fakta, jika bawang mempunyai sifat antikanker.

Maka sering kali dipercaya sebagai sayuran akar yang dapat mengurangi risiko terjadinya kanker tertentu.

Ubi Jalar

Ubi jalar atau sweet potato ini juga menjadi salah satu jenis sayuran akar yang sering kali diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat, seperti kolak, ubi goring, dan juga biji salak.

Baca Juga:  Cara Menanam Seledri Organik Dari Sisa Batang & Dijamin Panen

Ubi jalar ini kaya akan serat, mangan, vitamin A, vitamin C, dan juga beberapa jenis antioksidan, termasuk asam klorogenat, beta-karoten, dan juga anthocyanin.

Karena ubi jalar ini mengandung vitamin A, lalu beberapa studi menyebutkan bahwa ubi jalar ini dapat meningkatkan fungsi pada kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan mata, sampai melindungi pada kesehatan kulit.

Lobak

Salah satu sayuran akan yang paling sehat selanjutnya yaitu lobak. Lobak ini menjadi sumber vitamin C, mangan, serat, dan kalium.

Menurut dari penelitian yang dipublikasikan di tahun 2006, kandungan vitamin C pada lobak ini dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Dan pada penelitian yang lain menyebutkan bahwa, jika mengonsumsi lebih banyak sayuran, yaitu seperti lobak dapat mengurangi risiko terjadinya kanker perut, paru-paru, hingga payudara.

Bit

Bit merupakan salah satu sayuran akar berwarna merah terang yang kaya akan kadungan gizi. Bit ini dikemas dengan serat, mangan, dan folat.

Tidak hanya itu saja, bit ini juga nitrat yang tinggi atau sejenis senyawa pada tanaman yang bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Studi yang dilakukan oleh J Appl Physiol juga menyebutkan bahwa bit dapat meningkatkan kinerja olahraga, serta aliran darah ke otak.

Wortel


Wortel merupakan salah satu sayuran akar yang paling populer, wortel ini menempati urutan kelima yaitu sebagai sayuran akar yang paling sehat.

Wortel ini dipenuhi vitamin A, vitamin K, dan antioksidan yang penting yaitu beta-karoten.

Studi yang dilakukan oleh Eur J Nutr menyebutkan bahwa wortel ini dapat meningkatkan antioksidan dan juga dapat menurunkan kadar kolestrol.

Dan penelitian lain juga menyebutkan bahwa asupan karotenoid yaitu seperti beta-karoten yang tinggi, dan sering dikaitkan dengan penurunan pada risiko terjadinya kanker tertentu, yaitu seperti kanker payudara, perut, dan juga prostat.

Baca Juga:  Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Terlebih lagi sayuran yang mengandung karotenoid dapat melindungi degenerasi makula yang terkait usia ARMD (age-related macular degeneration), sampai penyebab utama yaitu hiangnya penglihatan.

Nah, itulah tadi Jenis Sayuran Akar Yang Sehat Dan Juga Manfaatnya Bagi Tubuh dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.