Kelebihan Dan Kekurangan Dari Kultur Jaringan

Diposting pada

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Kultur Jaringan – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Kelebihan Dan Kekurangan Dari Kultur Jaringan.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Kultur Jaringan

Sebagian banyak orang menginginkan mempunyai kebun yang bisa menghasilkan banyak sayuran, buah, maupun jenis tumbuhan yang lainnya, mau hasilnya itu nanti untuk dikonsumsi pribadi maupun dijadikannya sebagai ladang penghasilan untuk menjadikan wujud dari kekreativitasan ataupun kemampuan wirausaha yang ada di diri orang tersebut.

Banyak sebenarnya tanaman yang berbuahnya melalui cara buatan, hal tersebut dapat terjadi karena pada tanaman tersebut tidak berbuah walaupun sudah di pupuk.

Apa karena pupuknya yang kurang berkhasiat ataupun memang terdapat hal yang tidak biasa pada tanaman tesebut.

Tetapi jika tanamannya masih tetap tidak berbuah walaupun sudah di pupuk, oleh karena itu kalian bisa mencoba dengan cara buatan dan cara ini juga sudah banyak dilakukan di Indonesia.

Selain bisa menguntungkan karena kalian bisa menghasilkan panen, hal tersebut juga bisa menambah ilmu pengetahuan kalian tentang cara menghasilkan buah dengan cara buatan, seperti mencangkok maupun kultur jaringan.

Untuk melakukan kultur jaringan ini, maka kalian membutuhkan beberapa alat dan juga tahapan yang cukup banyak.

Kultur jaringan merupakan kegiatan menumbuhkan sel yang baru pada tumbuhan, pada kegiatan kultur ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk menambah jumlah panen buahnya, dan melakukan perbaikan terhadap tumbuhan tersebut sampai pelestarian plasma.

Karena pada tahapannya yang cukup banyak, hal tersebut menyebabkan hasil kegiatan kultur jaringannya cenderung lebih lama dan juga dalam pelaksanaannya kalian harus benar-benar mengetahui tentang tata caranya dan juga waktu yang terbaik saat akan melakukan pemanenan dan yang lainnya.

Baca Juga:  Cara Budidaya Terong Ungu Supaya Memiliki Buah Lebat

Terdapat juga beberapa metode dalam melakukan kultur jaringan ini, yaitu secara cair maupun secara padat.

Dan pada artikel kali ini akan membahas kelebihan dan kekurangan kultur jaringan, yaitu sebagai berikut ini:

Kelebihan Kultur Jaringan

1. Tanaman yang dihasilkan mirip seperti induk

Tanaman yang merupakan hasil dari kegiatan kultur jaringan akan mempunyai sifat, ukuran, sampai warnanya  juga sama dengan tanaman induknya.

2. Tanaman yang dihasilkan akan lebih cepat

Tanaman dari hasil kultur jaringan ini ternilai lebih cepat jika dibandingkan dengan yang harus menunggu proses pertumbuhan dengan cara murni (vegetatif).

3. Tanaman yang dihasilkan akan cenderung langka

Hal tersebut bisa diakibatkan karena terdapat beberapa benih yang tidak bisa tumbuh secara murni (vegetatif), namun harus melalui kultur jaringan, jadi inilah yang membuat tanaman dari hasil kultur jaringan akan menjadi langka karena tidak semua orang dapat memilikinya.

4. Kualitas dari hasil tanaman bisa kita tentukan

5. Hal ini bisa menjadi keuntungan yang sangat menguntungkan, karena dengan proses kultur jaringan kalian bisa menentukan hasil yang kalian inginkan.

Kekurangan Kultur Jaringan

1. Tidak terjadi keberagaman

Hal ini mungkin akan sangat disayangkan, mempunyai banyak keunggulan bukan berarti terbebas dari kelemahan.

Walaupun tanaman dari hasil kultur jaringan bisa kalian kendalikan, namun kenyataannya hal ini menyebabkan tidak terjadi keberagaman, dikarenakan tanaman tersebut akan mirip seperti induknya.

2. Tidak dapat menghasilkan varieties baru

Hal ini akan terjadi karena tidak terjadinya proses persilangan dalam kultur jaringan ini, yang membuat kalian tidak bisa menghasilkan variasi yang baru terhadap tanaman ini.

3. Akar pada tumbuhan cenderung lemah

Hal ini mungkin akan terjadi karena pada akar perkembangbiakan dengan cara buatan ini tidak sekuat akar tumbuhan yang berkembangbiaknya secara murni (vegetatif).

Baca Juga:  Cara Menanam Semangka Agar Cepat Berbuah

Nah, itulah tadi Kelebihan Dan Kekurangan Dari Kultur Jaringan dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.