11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang 11 manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah tropis paling populer. Selain itu buah ini juga dikenal manfaatnya bagi manusia, baik dikonsumsi langsung maupun dimanfaatkan dengan cara lain.

Mengatasi Kanker

Alpukat tidak mengandung lemak. Sebagian besar lemak dalam alpukat adalah asam oleat. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun dan dipercaya bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan. Asam oleat telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Menurunkan Kolesterol

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi termasuk 20 vitamin dan mineral. Itu juga dapat menurunkan kolesterol atau natrium dan rendah lemak jenuhnya. Itulah mengapa alpukat menjadi buah favorit.

Sumber Kalium

Kebanyakan orang mendapatkan lebih sedikit nutrisi kalium. Alpukat banyak mengandung kalium. Kandungan kalium pada alpukat adalah 14 persen. Ini lebih tinggi dibanding pisang yang hanya mengandung 10 persen kalium. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah yang merupakan faktor risiko utama serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.
Sumber Serat
Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya akan alpukat. Serat makanan dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah dan merupakan risiko yang sangat rendah untuk banyak penyakit.

Baca Juga:  Buah Kesemek

Kaya akan Antioksidan

Berdasarkan data dari National Nutrition Database USDA, seperlima buah alpukat (setara dengan 40 gram) hanya memiliki 64 kalori. Dengan kalori rendah tersebut, buah ini merupakan sumber vitamin E, C, K dan B-6 yang baik. Keunggulan lain buah alpukat adalah kandungan riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga mengandung lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3. Cukup banyak bukan? Karena adanya berbagai lemak baik dan antioksidan, alpukat juga baik untuk kesehatan mata, melawan jerawat, dan meningkatkan pencernaan.

Menyerap Nutrisi

Satu studi menunjukkan bahwa menambahkan minyak alpukat atau alpukat ke dalam salad dapat meningkatkan asupan antioksidan sebesar 2,6 hingga 15 kali lipat. Karenanya, alpukat dapat meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan. Ini bisa jadi alasan Anda untuk mempertimbangkan sumber lemak sehat saat mengonsumsi sayur.

Mengurangi Stres

Manfaat buah alpukat dapat membantu mencegah kadar homosistein dalam tubuh yang berlebihan. Terlalu banyak homosistein bisa membuat Anda rentan stres.

Melindungi Mata

Studi menunjukkan bahwa orang dengan risiko katarak dapat dikurangi secara drastis dengan mengonsumsi alpukat. Karenanya, mengonsumsi alpukat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.

Menurunkan Berat Badan

Ada bukti bahwa alpukat adalah makanan penurun berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat merasa 23% lebih kenyang dan 28% lebih mungkin makan selama 5 jam berikutnya dibandingkan dengan orang yang tidak makan buah ini.

Jika ini benar dalam jangka panjang, memasukkan alpukat ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Alpukat juga tinggi serat dan sangat rendah karbohidrat. Kedua hal ini pasti bisa turun juga.

Baca Juga:  Jenis Sayuran Akar Yang Sehat Dan Juga Manfaatnya Bagi Tubuh

11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat buah alpukat sebenarnya dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami. Ini akan membantu Anda membuang berbagai racun dalam tubuh Anda. Mengkonsumsi jus alpukat setiap hari pasti akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Membantu Mengatasi Depresi

Apakah kamu sedang bad mood? Apakah Anda stres karena banyak hal? Bagaimana jika Anda makan banyak alpukat? Alpukat dapat mencegah pembentukan homosistein karena mengandung asam folat. Ini adalah zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan distribusi nutrisi di otak. Kelebihan homosistein juga dapat mempengaruhi produksi hormon tertentu seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Hormon-hormon ini erat kaitannya dengan mood, kualitas tidur dan nafsu makan.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah alpukat yang juga belum banyak diketahui orang adalah pencegahan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Alpukat memiliki vitamin K yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan tulang dibandingkan vitamin D dan kalsium. Vitamin K meningkatkan asupan kalsium sehingga kesehatan tulang terjaga secara optimal.

Nah itulah tadi Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan tubuh dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.