10 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

10 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan manfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Cermai

Buah Cermai dengan nama latin Phyllanthus Acidos merupakan buah yang termasuk dalam golongan berry. Buah bulat ini berwarna hijau muda dan memiliki rasa asam. Dulu cermai biasanya dijadikan manisan buah, namun sekarang sudah sulit dijumpai buahnya karena sudah jarang dijual. Namun buah cermai mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya simak penjelasan berikut.

Meningkatkan imunitas

Buah cermai memiliki buah berwarna hijau dengan rasa asam jika dikonsumsi langsung. Rasanya yang begitu asam sehingga buah cermai sering dijadikan sebagai penganan manisan yang begitu nikmat. Ternyata buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tubuh tidak cepat terinfeksi. Nutrisi yang terkandung pada buah cermai banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Mengatasi Sembelit

Dalam buah cermai terdapat banyak sekali manfaat yang dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan kandungan seratnya, sehingga buah cermai dapat melancarkan saluran pencernaan. Buah hijau dapat dengan mudah mengatasi buang air besar. Sembelit merupakan gangguan pencernaan akibat kurangnya makanan kaya serat yang dapat menyebabkan pencernaan tidak sehat. Konsumsi cermai secukupnya untuk mencegah sembelit.

Dapat Mengatasi Asma

Buah cermai memiliki rasa asam dan nilai gizi yang terkandung pada buah cermai segar yang dapat menyehatkan tubuh. Buah yang satu ini memiliki biji yang berguna untuk mengobati asma. Dalam pengobatan herbal, biji cermai dapat digunakan untuk memperlancar pernafasan paru-paru, terutama pada penderita asma. Ambil 10 biji cermai dan rebus dalam satu gelas dengan 2 gelas air. Tambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan ini pada pagi dan sore hari hingga asma mereda.

Baca Juga:  Manfaat Seledri: Tanaman penyedap dengan seribu khasiat

Membantu Mencegah Kanker

Buah cermai sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker karena mengandung cukup antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Debu dan asap rokok, serta makanan tidak sehat yang mengandung racun berbahaya. Saat racun ini menumpuk maka akan menyebabkan kanker. Mengkonsumsi buah cermai dapat mencegah terjadinya kanker karena kadar antioksidan dalam buah ini berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Dapat Mengatasi Infeksi

Buah ini sangat baik untuk penderita sariawan karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi bagi buah cermai untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus di dalam tubuh. Kekurangan vitamin C dalam tubuh akan cepat menyebabkan infeksi karena vitamin C merupakan sistem kekebalan yang dapat mencegah penyakit. Buah cermai juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman, mikroba, dan jamur yang menyerang tubuh. Mengkonsumsi buah cermai bisa dimakan langsung atau dibuat manisan, bagi yang punya penyakit maag jangan makan terlalu banyak.

Memperlancar Air Seni

Ternyata buah cermai memiliki khasiat yaitu dapat melancarkan air seni karena buah ini dapat berperan sebagai unsur diuretik yang dapat mendorong tubuh untuk menyerap banyak cairan sehingga menghasilkan lebih banyak seni. endapan pada ginjal bisa menjadi lancar karena fungsi urin dan ginjal. Mengkonsumsi buah cermai ini untuk menghasilkan banyak urine sebaiknya dikonsumsi langsung jika buahnya terlalu asam. Anda bisa menggunakan sedikit gula.

Mencegah Serangan Jantung

Sungguh menakjubkan buah ini mampu mencegah serangan jantung juga karena tinggi protein sehingga bisa memperkuat otot-otot di jantung. Aliran darah ke jantung juga lancar. Kandungan kromium dan vitamin C yang tinggi pada buah cermai sangat baik untuk menghancurkan lemak jahat. Perannya sangat baik dalam mencegah kolesterol muncul dalam darah, mencegah aterosklerosis dan gangguan kesehatan jantung. Makan buah cermai secara langsung atau dengan memasak dengan sedikit gula.

Baca Juga:  Manfaat Buah Strawberry yang Baik Untuk Kesehatan

Mengatasi Penyakit Diabetes

Buah cermai mengandung kromium yang membantu menurunkan gula darah dalam tubuh. Kromium berperan dalam penyerapan glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Kromium merupakan salah satu jenis mineral yang dapat menyerap glukosa dalam darah. Buah cermai merupakan suplemen makanan bagi penderita diabetes yang terkenal sebagai obat herbal di India. Makan buah cermai langsung dari buahnya, bukan diolah.

10 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh

Membantu Mencerna Protein Dengan Baik

Buah cermai ternyata memiliki kinerja enzim yang cukup baik sehingga dapat memperlancar pencernaan terutama dalam menunjang kerja protein. Protein yang telah diolah dengan baik dapat diserap oleh hati dan menjadi komponen asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein yang terkandung buah cermai juga sangat penting sebagai proses regenerasi sel yang baik untuk efisiensi otak dan dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Membantu Menyerap Kalsium

Manfaat lain buah cermai adalah untuk memaksimalkan penyerapan kalsium tubuh. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan vitamin C yang diiringi oleh sejumlah enzim yang berperan dalam penyerapan kalsium. Ditambah dengan kadar kalsium yang juga terdapat di cermin, ternyata buah ini juga baik untuk kesehatan tulang.

Nah itulah tadi 10 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.