10 Manfaat Buah Duwet yang Baik Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Duwet yang Baik Untuk Kesehatan

Diposting pada

10 Manfaat Buah Duwet yang Baik Untuk Kesehatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang manfaat yang terkandung pada buah duwet yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Duwet

Buah duwet atau yang dikenal dalam istilah ilmiah sebagai syzygium cumini mudah dikenali dari warna buahnya yang ungu kehitaman dan bentuknya lonjong mirip buah anggur. Selain itu, duwet ini juga memiliki karakter rasa yang beragam yang dipadukan antara asam, manis dan sepat menjadi satu. Buah duwet dapat tumbuh berkelompok pada cabang atau batang sehingga sangat mudah untuk dipetik.

Buah duwet ini sangat kay akan gizinya karena banyak mengandung serat, protein dan mineral, di antaranya kalsium, zat besi, magnesium, natrium, kalium dan fosfor. Buah duwet juga kaya vitamin C dengan kandungan riboflavin yang tinggi, tiamin, niasin dan vitamin B6. Buah duwet tidak hanya memiliki rasa yang beragam tetapi juga memiliki banyak keunggulan. Berikut ini adalah di antara manfaat kesehatan dari duwet.

Menambah Energi

Buah duwet kaya akan karbohidrat, protein dan lemak baik yang berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Saat tubuh lemas atau kelelahan karena berolahraga, ada baiknya mengonsumsi buah ini untuk memulihkan tenaga.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, buah duwet juga mengandung asam ellagic (ellagitannins), antosianidin dan antosianin yang memiliki efek anti inflamasi. Senyawa ini juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan penumpukan plak penyebab penyakit jantung. Selain itu buah duwet merupakan sumber kalium. Setiap 100 gram duwet mengandung 55 mg potasium, yang dapat mencegah tekanan darah tinggi, yang juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga:  Manfaat Daun Bidara yang Baik Untuk Kesehatan

Baik untuk Gusi dan Gigi

Karena buah duwet banyak mengandung vitamin C maka sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C dikenal bisa menyembuhkan luka seperti gusi berdarah. Selain itu, khasiat antibakteri yang terdapat pada buah ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri yang mungkin masuk melalui mulut.

Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Serat, gula dan bahan aktif dalam duwet meredakan dan menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan dan perut kembung. Cukup siapkan jus duwet atau makan langsung dengan sedikit garam untuk hasil yang efektif.

Mencegah Diabetes

Buah ini memiliki efek antihiperglikemik atau menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Buah duwet tidak hanya rendah gula, namun juga telah dibuktikan bahwa biji dan ekstrak daunnya dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh serta mencegah dan mengobati penyakit diabetes seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian telah meneliti sifat kemoprotektif buah duwet. Menurut sebuah penelitian, ekstrak buah duwet dapat menghambat radiasi yang disebabkan oleh pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Mengobati Anemia

Dalam 100 gram buah duwet mengandung sekitar 1,62 miligram zat besi yang berkontribusi sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi penderita anemia yang kekurangan sel darah merah dan hemoglobin. Zat besi yang terkandung dalam buah duwet juga sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah dengan sel darah merah seperti wanita yang sedang haid.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dan natrium yang tinggi membuat buah duwet sangat baik untuk mengontrol detak jantung dan otot jantung. Kandungan ini juga efektif memperkuat dan menangkal serangan jantung.

Baca Juga:  Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan

Obat Infeksi

Secara tradisional, bagian buah lain (seperti daun, kulit kayu, batang, dan biji) digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.Tanaman duwet menyimpan senyawa seperti asam galat, asam malat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa tersebut berperan sebagai antibakteri, antimalaria dan gastroprotektif.

10 Manfaat Buah Duwet yang Baik Untuk Kesehatan

Mencegah Maag

Buah duwet diperkaya dengan zat anti inflamasi atau anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri akibat peradangan pada saluran pencernaan. Serat yang dikandungnya juga efektif meningkatkan pencernaan yang mencegah masalah sembelit. Selain mengatasi maag dan sembelit, buah duwet juga bersifat dingin di perut sehingga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya seperti mual atau rasa tidak nyaman di perut.

Nah itulah tadi 10 Manfaat Buah Duwet yang Baik Untuk Kesehatan dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.