Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Diposting pada

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang manfaat buah kurma untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi buah saat hamil sangat penting untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim. Buah Kurma merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi saat hamil adalah kurma karena mengandung kalium, magnesium dan mangan. Lantas apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil?

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kurma untuk ibu hamil bisa lebih jarang dirasakan saat induksi selama persalinan. Manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah mengurangi rasa mual, mencegah anemia, dan mengontrol gula darah. Namun, temuan tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sumber Energi

Jika Anda sedang hamil, ibu tentunya akan membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan jika Anda tidak hamil. Jika Anda makan kurma beberapa kali, Anda akan mendapatkan gula yang Anda butuhkan tanpa menambah kalori.

Menghindari Sembelit

Kurma kaya serat yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mencegah wanita hamil menjadi sembelit atau sembelit. Kurma juga akan membuat Anda kenyang, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga berat badan yang stabil dan ideal.

Mencegah Anemia

Kurma mengandung zat besi yang dibutuhkan ibu hamil untuk membantu Anda terhindar dari risiko anemia. Zat besi dalam kurma juga bertanggung jawab untuk menjaga kadar hemoglobin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Baca Juga:  Pengertian Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Kaya Vitamin K

Vitamin K pada kurma dapat mendukung pertumbuhan tulang janin. Dan setelah melahirkan sebaiknya tetap mengkonsumsi kurma karena bermanfaat untuk membantu anda mendapatkan vitamin K saat bayi anda sedang menyusui.

Menjaga Keseimbangan Air dan Garam

Kurma juga mengandung potasium, mineral esensial yang memenuhi nutrisi ibu hamil dengan menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh. Kekurangan potasium bisa membuat Anda berisiko mengalami masalah ginjal.

Mengandung Folat

Kurma merupakan sumber asam folat yang baik. Seperti kita ketahui, asam folat bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf (NTD), gangguan serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Folat juga membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. Konsumsi asam folat yang tepat juga dipercaya dapat menurunkan risiko preeklamsia.

Kaya Protein

Kurma memberikan asupan protein yang dibutuhkan ibu hamil. Protein yang terkampung dalam buah ini membantu menghasilkan asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh.

Mengandung Magnesium

Kurma mengandung banyak mineral termasuk magnesium. Nah, magnesium dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang janin. Magnesium juga mengatur kadar gula darah dan tekanan darah ibu hamil.

Mempercepat Kontraksi

Sebelum melahirkan, ibu hamil juga disarankan makan kurma karena dapat merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh, yang memudahkan proses persalinan. Kadar serotonin, kalsium dan tanin membantu kontraksi otot rahim sehingga kontraksi bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, kandungan asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh pada kurma juga menghasilkan prostaglandin yang dibutuhkan untuk persalinan.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Membantu Pemulihan Usai Persalinan

Kurma tidak hanya berguna selama persalinan untuk membantu Anda pulih setelah melahirkan. Ini karena kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berguna menghentikan darah dan memulihkan fungsi rahim.

Baca Juga:  Cara Menanam Sawi Hidroponik

Membantu Proses Pembukaan

Kelahiran normal hanya terjadi jika semua lubang sudah lengkap. Dalam beberapa kasus, jarak dari bukaan 1 ke bukaan 2 umumnya membutuhkan waktu lama. Satu studi menemukan bahwa manfaat kurma untuk wanita hamil yang lebih tua adalah mendukung pembukaan saat lahir lebih cepat.

Persalinan Normal Lebih Tinggi

Bagi Anda yang ingin melahirkan secara normal, asupan yang bisa Anda konsumsi adalah kurma. Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat kurma bagi ibu hamil mengalami persalinan normal. Sementara itu, mereka yang tidak mengonsumsi kurma secara rutin cenderung kecil kemungkinannya untuk melahirkan secara normal.

Nah itulah tadi Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.