Manfaat Buah Leci Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Leci Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Manfaat Buah Leci Baik Untuk Kesehatan Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang kandungan manfaat pada buah leci.

Manfaat Buah Leci

Manfaat kesehatan buah leci sangat beragam. Buah leci mungkin lebih terkenal di Indonesia sebagai penyedap rasa beberapa minuman. Buah ini lebih sering dikonsumsi sebagai perasa minuman tertentu, bukan langsung dari buahnya.

Hal ini dikarenakan leci masih sangat langka yang tumbuh di indonesia. Beberapa tahun belakangan ini masyarakat Indonesia sudah mulai mengolahnya dan juga mengkonsumsinya langsung sebagai buah. Anda pasti akan merasakan manfaat buah leci jika dikonsumsi sebagai buah utuh.

Hal ini tentunya sangat baik karena buah leci mengandung berbagai nutrisi dan bahan yang berdampak positif bagi kesehatan tubuh Anda. Buah yang mempunyai warna merah dan bentuknya hampir mirip rambutan ini tidak kalah dengan buah-buahan lainnya sebagai buah yang menyehatkan.

Selain mempunyai rasa yang enak dan segar, buah ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Berikut kandungan buah leci dalam takaran 100 gram yaitu:

  • 66 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 16,5 gram karbohidrat
  • 1,3 gram serat
  • 0,4 gram lemak
  •  66 kkal energi
  • 0.011 mg tiamin
  • 82% mineral
  • 1,5–1,7 grams karbohidrat

Buah leci juga mengandung vitamin, mineral dan komponen penting lainnya, di antaranya:

  • Vitamin C: Merupakan vitamin paling melimpah di buah leci.
  • Vitamin E: Vitamin yang berperan dalam kesehatan tulang, pembekuan darah, dll.
  • Vitamin K: Vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit, mata, sel, dll.
  • Kalium: Mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Tembaga: tak hanya itu Leci juga mengandung banyak tembaga.
  • Antioksidan Polifenol: Antioksidan yang meliputi epikatekin dan rutin.
Baca Juga:  Manfaat Buah Sawo yang Baik Untuk Kesehatan

Lantas manfaaat apa saja yang terkandung pada buah leci? Buah leci memiliki berbagai manfaat diantaranya sebagaiberikut, yaitu:

Mencegah Kanker

Buah leci mengandung flavonoid yang sangat efektif melawan kanker. Selain mengandung flavonoid, buah leci juga memiliki kandungan quercitin dan kaempferol yang dapat membantu mengurangi penyebaran sel kanker.

Menjaga Kesehatan Kantung

Buah leci kaya akan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu kandungan nutrisinya juga membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung sehingga Anda bisa terhindar dari stroke dan penyakit jantung koroner lainnya.

Memperbaiki pencernaan

Leci mengandung zat yang dapat membersihkan pencernaan dari racun dan bakteri penyebab sakit perut. Untuk itu, manfaatkan buah leci untuk masalah pencernaan.

Memperkuat Tulang

Leci adalah sumber fosfor dan magnesium yang membantu menjaga kekuatan tulang. Untuk itu, jika ingin tulang kuat, maka konsumsilah buah leci.

Mencerahkan kulit

Ternyata buah leci juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan nutrisi di dalamnya baik untuk menghilangkan jerawat dan memperlancar peredaran darah ke kulit sehingga membuat kulit tampak lebih muda.

Meningkatkan ImunitasLeci juga

mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C dapat menangkal penyakit infeksi seperti pilek dan flu.

Melancarkan Sistem Metabolisme

Vitamin B yang terkandung dalam buah leci dapat mendukung metabolisme tubuh dalam mencerna karbohidrat, protein dan lemak. Untuk itu, konsumsilah lebih banyak leci.

Manfaat Buah Leci Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Buah leci ternyata berperan penting dalam menurunkan berat badan, karena buah leci memiliki kandungan air yang tinggi dan juga rendah kalori yang berkontribusi pada penurunan berat badan.

Berpotensi Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Selain serat, mineral dan vitamin, leci juga kaya akan antioksidan. Berbagai antioksidan yang terdapat pada buah, kulit, dan kulit leci ini antara lain epicatechin, rutin, dan oligonol. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam leci dapat menawarkan manfaat dalam mencegah penyakit jantung, penyakit hati, kanker, dan diabetes.

Baca Juga:  Pengertian Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Mencegah Penuaan Dini

Dengan mengonsumsi buah leci yang kaya vitamin C dan antioksidan kuat melawan radikal bebas, penuaan dini bisa dicegah. Untuk itulah, Anda bisa menggunakan buah leci untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan flek hitam. Tentunya kulit menua seiring bertambahnya usia, dengan keunggulan leci ini Anda setidaknya bisa terlihat lebih muda dari usia Anda.

Nah itulah tadi Manfaat Buah Leci Baik Untuk Kesehatan Tubuh dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.