10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil

10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Diposting pada

10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang 10 manfaat buah sirsak bagi kesehatan ibu hamil.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Buah sirsak dikonsumsi sebagai makanan penutup biasa. Sirsak juga bisa diolah menjadi jus buah segar. Bagi ibu hamil, manfaat buah asam jawa ini sebenarnya cukup banyak. Bertentangan dengan mitos yang berkembang selama ini, penggunaan buah sirsak saat hamil justru baik untuk kesehatan kehamilan.

Menahan Mual Diawal Kehamilan

Buah sirsak memiliki rasa asam manis yang sangat cocok untuk para ibu yang merasa mual di awal kehamilan. Rasa manis dan asamnya bisa merangsang produksi air liur sehingga rasa mual hilang setelah diminum. Selain itu, rasa manis buah asam dapat menambah nafsu makan. Bagi yang merasa malas makan di awal kehamilan, minumlah jus buah ini secukupnya.

Tingkatkan Ketahanan Badan

Vitamin C dalam buah sirsak yang matang sangat tinggi. Ini mungkin diperlukan untuk mencegah radikal bebas dari asap kendaraan atau sinar matahari. Bagi ibu hamil yang biasanya bekerja di luar kota, sebaiknya mengonsumsi buah sirsak minimal seminggu sekali selama hamil agar makanan penutup tersebut dapat menahan sariawan dan mulas.

Merangsang Produksi ASI

Sama seperti daun katuk, buah sirsak dapat merangsang produksi ASI pada ibu hamil. Jika Anda ingin bayi Anda mendapatkan kolostrum langsung dari ASI pertama yang keluar, makanlah buah ini. Jangan biarkan bayi Anda menunggu ASI keluar selama persalinan. Persiapkan sejak awal dengan mengonsumsi buah sirsak pada trimester terakhir kehamilan saat hamil.

Baca Juga:  Manfaat Seledri: Tanaman penyedap dengan seribu khasiat

Mencegah Berbagai Komplikasi Kehamilan

Selama kehamilan, seorang ibu bisa mengalami komplikasi kehamilan yang bisa berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Kecukupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya komplikasi selama kehamilan. Buah sirsak merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi untuk pencegahan karena kaya akan vitamin dan mineral.

Mengenyangkan untuk Ibu Hamil

Memang tidak bisa menggantikan nasi, tapi sirsak juga tinggi karbohidrat, serat dan gula. 100 g Sirsak mengandung 16,4 g karbohidrat dan 3,3 g serat dan 13,5 g gula. Hal ini membuat sirsak sangat mengenyangkan dan bisa menjadi suplemen sebelum ibu hamil menyantap makanan pokok tersebut. Ingat, makan buah dulu baru makanan pokok.
Mencegah Sembelit

Mengkonsumsi sedikit serat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu yaitu sembelit. Sembelit menyebabkan ibu merasa kenyang dan nyeri saat buang air besar. Mengonsumsi buah sirsak berserat tinggi dapat menghindarkan ibu dari kesusahan akibat sembelit. Selain mencegah sembelit, kandungan sirsak dan buahnya juga bisa membantu pencernaan pada ibu hamil.

Mencukupi Asupan Kalsium

Buah sirsak merupakan makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil. Kandungan kalsium pada sirsak cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan kalsium banyak ibu hamil. Kandungan kalsium mempengaruhi perkembangan tulang janin. Kebutuhan kalsium pada ibu hamil lebih besar dibandingkan pada wanita normal, sehingga asupannya harus dijaga dan harus diperhatikan.

10 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Memperkuat Tulang Janin

Buah sirsak tidak hanya mengandung vitamin C tetapi juga fosfor dan kalsium. Saat buah ini dikonsumsi ibu hamil, tulang janin bisa menguat. Dengan demikian ibu sehat dan janin sehat.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain mengalami mual, ibu hamil tidak hanya menderita mual, tapi juga masalah pencernaan. Buah sirsak kaya akan serat. Makan buah sirsak saat hamil sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga:  Cara Menanam Sawi Hidroponik

Membersihkan Rahim

Bermanfaat untuk membersihkan rahim, buah sirsak juga merupakan jenis obat alami untuk tubuh anda. untuk itu konsumsilah buah sirsak secukupnya.

Nah itulah tadi Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Ibu Hamil dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.